Sabtu, 25 Maret 2017

Pengalaman Seleksi Rekrutmen Frontliner Bank BRI 2017

Sebulan belakangan ini, gue baru aja mengalami kejadian persis kayak FTV hits jaman dulu 'Jungkir Balik Dunia Sissy' *kalo lo tau FTV ini, selamat, officially lo udah tuwir sekarang*. Jadi gimana ceritanya dunia gue jadi jungkir balik kayak Sissy? 

Sejak 1 Maret 2017 kemarin, gue resmi menjadi karyawan kontrak Bank BRI sebagai frontliner. Rutinitas gue selama setahun belakangan yang sudah sangat membuat gue nyaman pun dengan berat hati harus gue tinggalkan demi menjalani rutinitas baru sebagai seorang karyawan.



Jujur, gue sama sekali nggak menyangka bakal diterima di perusahaan sebesar Bank BRI. Perjalanan gue untuk menembus perusahaan ini pun cukup panjang dan dramatis. Wkwk gue orangnya emang drama abis. Kalo kalian penasaran, apa aja proses yang harus gue lewatin demi menduduki kursi panas frontliner di Bank BRI? Ini dia ceritanya. Semoga kalian sanggup baca sampe selesai yha :')


Desember 2015

Perjalanan panjang ini dimulai sejak akhir tahun 2015 tepatnya tanggal 19 Desember, ketika gue lulus sebagai sarjana ilmu komunikasi. Berbekal ijazah dan semangat berapi-api, gue pun mengirim puluhan surat lamaran ke banyak perusahaan, termasuk Bank BRI.

Satu per satu surat lamaran mulai membuahkan hasil. Gue pun mendatangi panggilan tes dan wawancara di berbagai tempat, mulai dari televisi nasional, jasa finansial, asuransi sampe perbankan dan salah satunya ya di Bank BRI. Tapi sayangnya, belum ada panggilan yang bisa mengantarkan gue sampe menjadi seorang karyawan :(

Maret 2016 

Pertama-tama, gue dan ratusan peserta lain diukur tinggi badannya dilanjut wawancara singkat. Kemudian, kita disuruh nunggu dan nggak berapa lama pengumuman kelulusan tahap awalnya ditempel di dinding. Alhamdulillah, ada nama gue tertera di daftar itu :) Hampir setengah dari total peserta gugur di tahap ini.

Proses seleksi dilanjutkan dengan rangkaian psikotes umum seperti tes gambar orang, tes melengkapi gambar, pengetahuan umum, tes kepribadian, tes koran, dan tes apalah itu namanya, gue lupa hahaha.

Setelah mengikuti proses psikotes yang luama bener dah dan lumayan bikin senewen, gue berhasil lolos sampe tahap wawancara HRD di kantor cabang BRI Garut. Tadinya gue kira gue gak lulus karena sempet keteteran pas ngerjain tes koran. Tapi alhamdulillah, gue dapet panggilan tes selanjutnya yaitu wawancara. Dengan percaya diri, gue menjawab setiap pertanyaan dari bapak pewawancara *gue lupa namanya* *padahal bapaknya baik banget* *maapinsayapak*

Dari hasil wawancara itu, gue cukup pede bakal bisa ngelanjutin ke tahap berikutnya. Tapi, bulan demi bulan berlalu hingga berganti menjadi tahun 2017, gak ada lagi tuh telepon atau sms dari BRI yang menyatakan gue lolos ataupun gugur😂

Ya sudahlah, mungkin bukan rejekinya. Gue pun menjalani hari -hari gue sebagai publisher Adsense yang menyenangkan dan mengenyangkan selama satu tahun masa pencarian kerja yang melelahkan itu. Gimana gak kenyang, cuma modal kuota bulanan dan tekad membara untuk rajin menulis setiap hari, gue bisa menikmati gaji 2 hingga 4 juta rupiah di setiap bulannya.


Nah, apa pulak itu publisher Adsense?

Jadi begini bro. Pas kelar skripsi di bulan September 2015, sambil menunggu wisuda resmilah gue menjadi seorang pengangguran. Demi mengisi waktu luang, gue mulai cari-cari info kerja part time. Ya lumayan lah, bisa buat jajan, beli kuota dan beli maskara.

Dari temen-temen jurusan sebelah, gue mengenal apa itu Adsense. Selama kuliah, gue emang gak begitu deket dengan temen-temen dari jurusan jurnalistik. Tapi selama ngerjain skripsi, gue mulai sering ngobrol dan kumpul bareng mereka dalam rangka menunggu dosen saat mau bimbingan.

Nah, gue penasaran kenapa mereka sering banget kumpul di pojokan sambil mantengin laptop dengan tampang serius. Ternyata, mereka gak sekedar kongkow buang waktu sambil mencari wifi gratis buat donlot pelem. Ternyata selama ini mereka anteng nyari duit di internet dengan cara blogging dan pemasangan iklan dari sebuah advertiser milik Google, yang bernama Google Adsense. 


'Kok bisa?'

Itulah reaksi pertama gue saat mereka cerita apa itu Adsense dan dan gimana caranya dapet duit dari situ. Antara percaya dan nggak percaya, gue pun iseng mendaftarkan blog nista ini ke program Adsense. Dan tak dinyana, perbuatan iseng ini membuahkan hasil saudara-saudara! Blog kakaeynotes yang hanya berisi curhatan gak mutu ini disetujui oleh simbah untuk dipasangi iklan. Emang dasar mata duitan hahaha!

Tak ingin membuang kesempatan emas ini, gue pun membuat sebuah blog baru yang isinya lebih profesional dan terarah serta menguntungkan untuk pemasangan iklan. Gue mulai mendalami teknik menulis, teknik seo dan berbagai perintilan lainnya yang dibutuhkan seorang blogger/publisher profesional.

Praktis, sejak lulus kuliah gue gak pernah nganggur cuy. Selain mencoba melamar berbagai pekerjaan, gue juga rajin membangun blog gue hingga akhirnya rutin menghasilkan gaji setiap bulannya.

Nah, inilah yang gue bilang jungkir baliknya dunia gue. Selama setahun itu, gue pun berhasil membuat zona nyaman gue sebagai publisher Adsense. Gue bisa bekerja dari rumah sambil piyamaan doang dan mostly gak pake mandi dulu haha.

Habis subuh gue biasanya tidur lagi. Bangun jam 9 pagi, ngopi bentaran lanjut buka laptop dan ngetik sampe sore. Seringnya sih ngetiknya males-malesan, karena susah cari ide mau nulis apaan. Malem-malem biasanya gue nonton drakor sampe jam 12. Gitu aja terus tiap hari sampe upin ipin lulus sarjana!


Tiap tanggal 22 gue nerima gaji dari Adsense. Gaji nan manis itu gue rasain kurang lebih selama satu tahun, sampai malapetaka itu terjadi😭

14 Februari 2017

Tepatnya di hari kasih sayang, gue dipecat dari program Adsense. ROMANTIS gak tuh?😢 Di hari itu, gue dapet email notifikasi yang bilang kalo akun Adsense gue dinonaktifkan karena adanya pelanggaran atau rincinya sih karena invalid activity.

Jujur gue gak paham kenapa akun gue bisa kena babat simbah. Padahal seminggu lagi gue gajian😭😭😭 Dan ternyata, banyak publisher lain di grup FB yang juga senasib kena razia simbah. Syukurlah, gue ada temen sependeritaan😂 Gue punya prinsip, setiap keadaan itu mau senang atau susah harus tetap disyukuri. Kalo ini sih bersyukurnya rada julid yah. Mensyukuri penderitaan orang hahaha. 

Yang bikin tambah syedih, gak cukup akun gue aja yang hilang, saldo 4 juta di dalamnya pun ikutan melayang😭 gimana gak stres aku mas😭 rencana piknik ke Belitung yang direncanakan sejak lama pun urung sudah :( Lalu, resmilah aku menjadi seorang pengangguran😂😂

21 Februari 2017

Di tengah kegalauan gue habis diputusin Adsense, tiba-tiba hp gue bunyi guys. Ada telepon dari nomor gak dikenal dengan id Bandung/Cimahi. Dan coba tebak? Gue dikabarin kalo gue lulus wawancara di Kanca BRI tahun lalu, dan sekarang gue dapet panggilan buat lanjut wawancara di Kanwil Bandung!

Omo?! Jjinja?! How it can be? It's been a year since the latest test. Ampun dah alaynya keluar.

Dengan hati senang gembira, gue pun mengiyakan untuk menghadiri tahap terakhir ini. Sambil terus berdoa, gue berharap semoga ini adalah jalan yang ditunjukkan Allah untul menggantikan apa yang baru saja diambil dari hidup gue :')

23 Februari 2017

Gue sampe di Kanwil BRI Bandung jam setengah 8 pagi diantar oleh mama tercintahhh. Untuk sampai di kantor sepagi itu, gue harus berangkat dari Garut jam 3 pagi naik angkutan umum. Ngantuk, deg degan dan laper jadi satu. Mulut rasanya pahit, dengkul lemes dan mata sepet banget. Rasanya gak karuan guys. Padahal, gue dan peserta lainnya udah dikasih snack box sama petugas di situ. Tapi entah kenapa rasanya mau buka mulut buat makan itu rasanya nggak sanggup :'

Setelah mengisi absen dan harap-harap cemas menunggu antrian, tibalah giliran gue masuk ke ruang wawancara. Di dalam sana ada dua orang pewawancara. Dan lagi-lagi gue lupa namanya siapa😂 yang jelas beliau-beliau sangat ramah dan baikkk banget. Gue jadi lebih rileks menjawab setiap pertanyaan dengan percaya diri.

Pertanyaan yang diajukan gak beda jauh dengan wawancara di Kanca Garut dulu, yaitu perkenalan singkat, pengetahuan umum seputar perbankan dan produk Bank BRI, motivasi masuk ke Bank Bri dan rutinitas sehari-hari.

Ketika masuk ke pertanyaan rutinitas sehari-hari, gue sedikit dibikin baper karena gue harus menceritakan kisah perceraian gue sama Adsense yang masih anget wakakak!

Demi mengangkat harkat derajat gue sebagai pengangguran elit, gue pun menceritakan gimana kisah perjuangan gue sebagai publisher sekaligus job seeker selama setahun belakangan. Gue juga ditanya pengalaman menjadi publisher bahkan berapa jumlah yang pernah gue dapet dari Adsense. Ya udah gue jawab jujur semampu dan sebisanya.

Salah satu pewawancara bahkan niat banget nyari blog gue di hapenya dia😂 gila malu banget, tulisan amburadul gue di blog ini dibacain satu-satu sama beliau😂

Wawancara pun selesai! Dengan penuh harap gue salamin kedua pewawancara sambil mohon pamit. Kata petugas disitu, pengumuman lolos nggaknya ditunggu nanti sore ya mbak mas. Kalo lolos, besok langsung tes kesehatan di BRIMEDIKA.

Dengan perasaan campur aduk menunggu kabar kelulusan, gue pun pulang ke Garut naik bis umum sama mama. Di tengah perjalanan, hape gue bergetar sodara sodara! Ya! Gue dinyatakan lulus! Dan besok mesti ke Bandung lagi buat tes kesehatan! Alhamdulillah!!!!!

24 Februari 2017

Gue kembali melangkahkan kaki ke kota Bandung tepat jam 3 pagi. Jujur gue deg degan sendiri karena sama sekali nggak ada persiapan buat menghadapi medical check up ini. Apalagi kondisi badan lagi nggak fit dan kurang tidur dua hari berturut-turut.

Tepat pukul 7:30 pagi, gue sampe di kantor PKSS Bandung. Buat yang belum tau, PT PKSS ini adalah vendor resminya BRI buat melakukan proses rekrutmen karyawan BRI. Disana gue ketemu 13 orang lainnya yang dinyatakan luuls wawancara kemarin.

Setelah saling berkenalan, kita digiring *emangnya domba digiring?* ke sebuah ruangan dan diberikan pengarahan. Setelah menandatangani beberapa surat, kita diantar menuju klinik BRIMEDIKA buat melakukan medical check up.

Di sini, setiap calon karyawan harus menjalani rangkaian tes mulai dari pengukuran tinggi dan berat badan, tes tensi darah, tes darah, tes urin, rontgen, tes mata, dan pemeriksaan oleh dokter umum.

Awalnya gue sempet gak pede karena banyak banget minus di badan gue yang diungkapkan oleh sang dokter. Mulai dari berat badan yang jauh di bawah standar (tinggi gue 163cm, berat badan cuma 44kg😂 meleng dikit terbang ketiup angin dah😂), mata bolor, dua gigi bolong dan yang paling bikin jiper, kondisi gue yang hipotiroid!

Yha, gue emang punya riwayat tumor ganas di kelenjar tiroid 3 tahun yang lamu, tapi alhamdulillah tumor tiroidnya udah dioperasi guys. Imbas dari operasi itu, gue pun menjadi hipo karena tubuh gak mampu lagi menghasilkan hormon tiroksin. Alhasil, gue harus minum obat pengganti hormon di sisa umur gue sampe gue mati nanti, biar metabolisme tubuh gue tetap stabil dan bisa hidup normal kayak orang lain yang tiroidnya sehat.

Dokternya bilang, dia nggak berani jamin gue bakal lolos tes ini karena riwayat penyakit gue. Jujur, rasanya pengen nangis guling-guling. Perjalanan panjang gue harus gugur gara-gara hipotiroid? Andwaeeee jaebal😭

Dengan hati galau nggak karuan, gue dan mamita pulang naik bis ke Garut. Gue udah berusaha membesarkan hati gue seandainya nanti nggak lulus. Its okay lah. Yang penting gue udah berusaha. Tugas gue selanjutnya adalah berdoa dan menyerahkan semuanya pada Sang Penguasa Alam.

27 Februari 2017



Setelah dibikin galau menunggu, alhamdulillah gue dikabarin lulus!!!!! Alhamdulillah... Allah langsung mengganti kesedihan gue dengab kegembiraan. Setahun pasca lulus sarjana, gue pun akhirnya 'resmi' menjadi seorang karyawan. Melihat ekspresi bangga di wajah kedua orang tua saat mendengar kelulusan gue, rasanya semua perjuangan mereka sudah sedikit terbayarkan. Mah, pak, anakmu jadi karyawan! Anakmu pakai seragam!

Sederhana sih, tapi rasa-rasanya setiap orang tua pasti bangga dengan pencapaian anak-anaknya yang berhasil lolos seleksi kerja. Alhamdulillah, nggak perlu waktu lama buat gue terpuruk dalam kegagalan. Allah mengganti kesedihan gue dengan cepat dan dengan caranya yang tak terduga.

28 Februari 2017

Gue dan 13 teman lainnya yang dinyatakan lulus, berkumpul di Kanca Garut untuk tanda tangan kontrak. Para orang tua diwajibkan hadir buat menyaksikan proses tanda tangan tersebut.

Rasanya masih nggak percaya, setelah setahun menunggu dan bahkan sudah sedikit terlupakan, gue berhasil lulus menjadi karyawan di Bank BRI😁

1 Maret 2017

Jungkir balik dunia gue baru saja dimulai!!! Ini adalah hari pertama gue kerja sebagai Customer Service di Unit Bank BRI salah satu kecamatan di kabupaten Garut. Satu kata yang gue rasain di hari ini : PANIK! Gimana nggak panik, gue yang masih mentah ini tiba-tiba harus terjun ke dunia kerja yang belum gue kuasain sama sekali.

Yha, gue dan temen-temen seangkatan belum menjalani pendidikan sama sekali sebagai seorang CS. Pihak BRI memutuskan untuk langsung menugaskan kita sebelum menjalani masa pendidikan. Kata pihak BRI, kita nggak perlu takut karena nanti pasti akan mendapat surat panggilan untuk menjalani pendidikan di BRI Corporate University.

Walaupun panik dan hectic, gue berusaha menyesuaikan diri dan belajar dari para CS senior di kantor. Alhamdulillah, seniornya baik-baik banget dan mau ngajarin gue cara untuk melayani nasabah berikut sistem komputernya. Berbekal catatan sakti, gue pun mulai terbiasa melayani nasabah, walu terkadang masih canggung dan sering salah salah ehehe.

Nggak ada lagi cerita habis subuh tidur lagi sampe siang. Nggak ada lagi acara males malesan tiap pagi sambil nongkrong di depan laptop. Hidup gue yang serba zantei kini berubah menjadi serba hectic di setiap weekday. Walau susah, gue harus bisa menyesuaikan diri secepat mungkin. Karena seperti kata senior di kantor, kerja di BRI itu nggak boleh lembek. Kerjaannya segambreng dan tanggung jawabnya gede.

24 Maret 2017

Alhamdulillah, walau belum genap sebulan bekerja, gue sudah menerima gaji pertama dengan jumlah yang full alias nggak ada potongan sama sekali😄 Jumlahnya nggak beda jauh dengan jumlah yang biasa gue terima setiap bulan dari Adsense. Nikmat mana lagi yang mau gue dustakan. Kebangetan banget kalo gue nggak mensyukuri semua ini :') Minta doanya ya guys, semoga gue bisa betah kerja di sini dan bisa memberikan kinerja yang terbaik. Dan semoga gue cepet-cepet dipanggil buat pendidikan yha, biar lebih mantap kerjanya😄

Oke sekian kisah perjalanan gue selama menjalani seleksi frontliner di BRI. Semoga bermanfaat buat kamu yang mau ikut seleksi. Dan semoga temen-temen yang belum bekerja bisa secepatnya dapet pekerjaan😀😊 see you :)

103 komentar:

  1. Uuuuh, keren deh Khaaal~

    Chukkae, eonni! Semoga betah di sana yaaaa. Aku sih udah nyerah duluan kalo di bank. Dulu pkl sempet dapet di bank dan stress selama 3 bulan. Di bank mah hectic abis hahaha.

    Btw kamu ditempatin di cabang mana Khal? Bisa kali nanti kongkow2 gitu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gomawo chingudeul😙 amin mudah2an betah dan panjang rejeki for both of us

      Wkwk. Hectic sih udh pasti. Stres juga iya😂 belum pendidikan tiba2 harus ngehandel sistem yg buanyak bgt😢

      Aku di unit karpaw Dwi. Lumayan deket rumah😆 sini main😄

      Hapus
  2. Aku kemaren udh tes kesehatan
    Kira2 brp lama ya nunggu ke tahap ttd kontrak?

    BalasHapus
  3. Aku kemaren udh tes kesehatan, kira2 brp % ya lolosnya. Aku dr kanca jember.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kondisi badannya lagi fit dan gak mengidap penyakit tertentu pasti lolos kok😊 kalo aku dari proses wawancara akhir sampai ttd kontrak waktunya cuma seminggu

      Hapus
  4. Klo tinggi badan 165cm, berat badan 40kg bisa gk ya diterima kerja di bri sebagai frontliner ? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu aku kurang tau ya hehe. Tapi kalo ada kesempatan ikut seleksi dicoba aja, rejeki gak akan kemana😁

      Hapus
  5. siss tanya dong hehe kalau os di BRI langsung TTD kontrak untuk beberapa tahun ke depan atau pertahun diperbaharui ya ? Ada peraturan larangan menikah untuk beberapa waktu ga ? hehe info yahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahuku, kontrak pertama berlaku satu tahun dan diperbarui tiap tahun sesuai kinerja kita. Ada jenjang karirnya juga kok buat jadi karyawan tetap.

      Tahun pertama kontrak belum boleh menikah, tapi ada info yg bilang boleh menikah pasca 6 bulan kontrak dgn syarat menunda hamil untuk perempuan. Semoga membantu ya:)

      Hapus
  6. wawancara dan test psikotest tdk bersamaan satu hari ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak tentu sih. Ada orang yg bisa satu hari ada yg beda hari. Btw gue bukan abang abang😂

      Hapus
  7. mbak..kalau berkenan boleh acc request friend di facebook?? id saya androx
    saya mau tanya lbh ttg frontliner bri, rada jantungan krn msh nunggu hasil mcu dan wanser

    BalasHapus
  8. Hi Mba mau nanya dong, aku habis tes psikotes. Tapi pas tes paulinya super hancur... Ada harapan ngga sih ya... Jadi udah hopeless duluan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo rejeki ga kemana kok mbak ;) mudah2an lolos ke tahap selanjutnya ya semangaaat!

      Hapus
  9. Hi kak, blognya bagus ^^ salut juuga, Nunggu satu tahun lamanya baru resmi jadi keluarga BRI. emang rata-rata lama gitu ya kak? tolong pencerahannya nih, Aku baru lulus kuliah dan rencana mau nglamar BRI, tapi kalau kelamaan aku bs jd pngangguran O.O oiya sekalian do'akan lolos dan lancar ya kak hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih ya😀 ya kurang lebih sih begitu, kebanyakan sih lebih dr setahun. Semoga lancar ya dalam mencari pekerjaan semangaat💪

      Hapus
  10. halo mbk, cerita anda seperti perjalanan saya ini yang aku alami baru setengah perjalanan, dari mulai wawancara biasa,panggilan untuk ikut psikotes, dan sampe kemaren saya ditelfon dapat panggilan wawancara user dibank bri besok tanggal 3 juli 2017 habis lebaran, kira2 apa yang saya persiapkan untuk saya hadapi wawancara user besok tanggal 3 juli 2017 ya mbk? dan kira2 itu pertanyaannya apa saja, terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk wawancara user itu pertanyaannya gak beda jauh kok sama wawancara hrd. Mulai dr kegiatan kita sehari2, pengalaman selama kuliah dan ada sedikit pertanyaan seputar produk bank bri. Sukses ya utk wawancaranya semangaaat✊

      Hapus
  11. Hai kak, seru banget ceritanya.. kak aku mau tany, keamrin kakak ada disuruh urus npwp dan rekening BRI gak kak? Kalo ada, apakah itu sudah 100% diterima? Hehe.. mohon bimbingannya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sepertinya sudah lulus nih. Aku juga sama disuruh urus npwp dan buka rekening. Besokannya langsung ttd kontrak😀

      Hapus
  12. Kak dulu kuliahnys jurusan apa? Itu soalnya kalo salah ga ada nilai minus kan? Saya besok setelah lulus kuliah ingin jadi karyawan BRI kak hehe sekarang baru mau masuk kuliah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaai aduh maaf baru sempet balas komen :( Aku jurusan public relations. Siiiip deh semangat ya kuliahnya semoga dapat pekerjaan yang diinginkan.Good luck!👍

      Hapus
  13. Kak.. Kalau aku baru mau ajuin lamaran ke salah satu Bank. Tp lagi2 bnyk prtimbangan krna emg blm lulus msh dismster ahir.

    Yg jd pertanyaan aku.
    Kira2 semua proses dr ngelamar sampe beneran dites buat wawanca selama itu ga *setahub kata kaka* soalnya kalau mmng jaraknya selama itu aku mau ajuin aja hehe

    BalasHapus
  14. Kak. Kalau aku bru mau ajuin lamaran ke salah satu bank tp msh ragu karna blm lulus alias msh dismster ahir.

    Yg jd prtanyaan aku.
    Kira2 semua panggilan dr nglamar sampe dipanggil buat tes selesksi apa sllu selama itu *satu tahub kata kaka* soalnya kalau mmbg jarak waktunya selama itu aku mau ajuin lamaran ka.

    BalasHapus
  15. Kak.. Kalau aku baru mau ajuin lamaran ke salah satu Bank. Tp lagi2 bnyk prtimbangan krna emg blm lulus msh dismster ahir.

    Yg jd pertanyaan aku.
    Kira2 semua proses dr ngelamar sampe beneran dites buat wawanca selama itu ga *setahub kata kaka* soalnya kalau mmng jaraknya selama itu aku mau ajuin aja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dafiqa namanya bagus ih😁 maaf baru sempat balas.

      Aku kurang tau yah lamanya yg pasti itu berapa lama. Denger pengalamanan orang ada yang cepet ada juga yang lama kayak aku.

      Lancar2 ya kuliahnya. Semoga cepat lulus dan dapet kerja sesuai keinginan👍🙋

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Imam sorry for the late reply. Baru sempat buka blog ehehe. Aku coba jawab ya👌

      1. Aku kurang tau lolos atau nggaknya. Tapi setau aku, pkks kadang suka menyalurkan pelamar dgn nilai tertentu ke posisi lain yg mungkin dianggap lebih sesuai. mungkin Imam dianggap lebih cocok buat posisi tsb.

      2. Aku kurang tau kalo buat posisi itu. Tapi mudah2an dapet hasil yg terbaik👍

      Btw makasih udh mampir dan baca2. Good luck ya!

      Hapus
  17. Mbak mau tnya, shbis naroh lamaran kerja, trus panggilan untuk interview biasanya brp lama di bank bri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hali mas Hidra. Aku kurang tau ya standarnya brp lama. Pengalamanku dlu jaraknya 4 bulanan baru ada panggilan. Tapi pernah denger juga pengalaman orang yang satu minggu udh dapat panggilan. Semoga jawabannya bisa membantu ya😁

      Hapus
  18. kak waktu tes bri kemarin ada ga yang barengan tesnya dengan kakak jd waiting list bri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm kayaknya ada deh soalnya dulu pesertanya gabungan gitu ada yg dari vendor langsung ada yg dari kanca

      Hapus
  19. Halo ka :)
    mau tanya, pemberitahuan lolos dari tes kesehatan via telpon atau sms ya? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Meta aku dulu dikabarin via grup chat soalnya pas tes kita inisiatif bikin grup gitu

      Hapus
  20. Hai mbk mau tanya nih. Saya kan dinyatakan lulus sbg PA KUR via vendor, namun dari pihak vendor bilang mcu nya di pending oleh kanwil. Sedangkan peserta lain dari kota lain posisi pa kur sudah mcu bahkan sudah kerja. Padahal interview akhir kita sama2 dan 1 kanwil jg namun beda kota domisi, kira itu knp bisa pending ya mbk? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm mungkin sedang menunggu slot yg kosong buat penempatan mas. Mudah2an cepet dapat kabar ya!

      Hapus
  21. Hallo Kak.... Asli bikin ngakak sekaligus motivasi buat bangkit lagi dri kegalaun joobseeker. Saya dua minggu yang lalu interview user BRI buat Frontliner di BRI warung buncit, tapi sampe sekarang belum juga ada telpon/sms buat MCU. Rata-rata dri interview user ke mcu lama juga gak yah pemberitahuannya? Soalnya kalau saya test dri awal hingga ke user cepet banget dalam jangka waktu 1 minggu. Dan galaunya sekarang nunggu MCU sudah 2 minggu belum d kabari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat teruuuuus semoga nyangkut di BRI yaaah!

      Wah saya kurang tau soalnya saya justru ngebut banget. Hari ini lulus wawancara besoknya mcu

      Hapus
  22. Hallo Kak, bikin ngakak sekaligus motivasi buat bangkit lagi dri kegalaun joobseeker. Saya juga ikut test di BRI jakarta warung buncit buat Frontliner, tapi sudah dua minggu setelah interview user belum di kabarin lagi buat MCU, kira kira jaraknya dari user ke mcu pada lama juga gak yah? Soalnya kalau saya test dri awal hingga ke user cepet banget dalam jangka waktu 1 minggu. Dan galaunya sekarang nunggu MCU.

    BalasHapus
  23. ka kalo sudah tahap interview user kemungkinan berapa persen diterimanya dari peserta 20 orang ? apkah ada yg di leiminasi lagi saat mau ke medical chek up ?

    BalasHapus
  24. Lama juga ya mbak setaun nunggunya :')
    Mau nanya nih mbak, kemarin pas ttd kontrak, itu dikontrak langsung sama bri ato sama pkssnya ya mbak?
    Boleh tau nominal gajinya brp mbak?
    Trimakasih :))

    BalasHapus
  25. Lama juga ya mbak setaun nunggunya :')
    Mau nanya nih mbak, kemarin pas ttd kontrak, itu dikontrak langsung sama bri ato sama pkssnya ya mbak?
    Boleh tau nominal gajinya brp mbak?
    Trimakasih :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikontrak langsung sama bri mbak. Nominalnya ya hehehe. Diatas 3 kok mbak tapi gak sampe 4✌

      Hapus
    2. Ada di kasih target juga ga mbak?
      Soalnya denger2 frontliner di bank lain ada yg pake target (kyk marketing)

      Hapus
    3. So far kerja di bri sih kayaknya belum ada target2an semacam marketing tuh di frontliner ehehe

      Hapus
  26. hai linda... bagus blognya, kebetulan sy lamar sebagai frontliner utk bank bri di vendor prismas, sepertinya psikotes nya lolos, bsk mau interview user di bri kc majalaya.. untuk interview nya mengenai apa aja mba share dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diatas udh dibahas kok mas😅 ditanya seputar produk bri, keseharian kita, alasan ingin masuk bri dll. Lancar2 interviewnya semoga lulus ya mas

      Hapus
  27. ka kalo sudah tahap tes interview user biasanya ada pengurangan kandidat lagi tau enggak ka ? biasanya dri 20 di ambil berapa orang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kurang tau sih kalo itu tapi pas wawancara dulu emang gak lulus semuanya

      Hapus
  28. pas itu kuota yg di terima dari berapa pas inteview user ka ?hhe

    BalasHapus
  29. Hai kak.
    Saya sudah dinyatakan lulus semua tes sebagai frontliner dan sudah disuruh siapin npwp dan tabungan bri.
    Awalnya disuruh datang saptu tgl 12 agustus 2017, trus dia bilang jumat tgl 11 agustus 2017. Lalu terakhir dia bilang nanti saya kabari lagi.
    Saya tunggu2 mulai rabu sampai kamis kabar tidak ada, jadi saya inisiatifkan untuk datang jumat nya, sesampainya di bank bri, saya jumpa satpam dan nanya keperluan saya. Lalu saya jawab ingin tanda tngan kontrak.
    Satpamnya masuk dan bicara sama SDM bri, setelah itu satpamnya menghampiri saya dan mengatakan tunggu informasi selanjutnya.

    Saya jadi bimbang kak, saya datang lgi saptu 12 agustus 2017 atau saya tunggu aja informasinya selanjutnya.
    Karena pertama Saptu dijanjikan, tapi seperti belum pasti gitu.

    Menurut kakak gimana? Apa yang terjadi kira2 kenapa jadwal tanda tangan kontraknya berubah2 alias tidak pasti?

    Saya bingung sekali ini kak.

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm coba tanya sama teman2 yg ikutan tes bareng kamu. Kalo saya kemarin sih ttd kontraknya barengan seangkatan gitu. Mudah2an cepet ada kejelasan ya apalagi klo udh disuruh siapin butab dan npwp. Good luck👍

      Hapus
    2. Pada saat itu cuma aku sendirian kak yg dinyatakan lulus.
      Awalnya kami 8 orng. 3 orng uda deluan kerja.
      Ni terakhir aku yg diterima setelah beberapa bulan yg 3 orng itu diterima.

      Kira2 itu kenapa ya kak belum dipastikan jadwal ttd kontraknya?

      Hapus
    3. gan itu tes yg di cabang mana kalo boleh tau

      Hapus
  30. Halo kak,,
    Aku mau nanya, Alhamdulillah bsok kan aku mau tes kesehatan ni kak.
    Apakah klau kita ad masalah dengan karang gigi itu mempengaruhi penilaian gak ya untk hsil tes kesehatan nya??
    Sama aku mau nanya juga nih kak, klau udah d thap tes ksehatan apakah ad kemungkinan persentase kelulusan nya kita udah 100% ya kak??
    Terima ksih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karang gigi ga begitu ngaruh kayaknya. Soalnya gigiku bolong 2 dan alhamdulillah lolos hehehe

      Maaf baru sempat balas, gimana nih lolos gak?

      Hapus
    2. Kalo berkacamata gmn kak? Apa jd penghambat?

      Hapus
  31. Sangat suka ceritanya kak. Kak klo kontrak kan setahun. Setelahnya kan perpanjang kontrak. Apakah ada kemungkinan kita bisa putus kontrak ditengah2 kontrak itu?
    Dan kalo misalnya ditengah2 kontrak kita ingin resign apakah boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo resign sebelum kontrak selesai biasanya ada penalti yg harus dibayar dan itu tercantum di kontraknya

      Hapus
  32. Hai ka kebetulan saya orang garut jg nih, mau tanya dulu masukin lamarannya kemana yah ? ke kantor cabang garut kah atau k kanwil yg d bandung??

    BalasHapus
  33. Hallo kak mau tanya kalau dari psikotes ke wawancara akhir berapa lama kak ? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  34. Halo kaak, mau tanya dong untuk masuk bank bri itu minimal tinggi untuk cewe berapa yah ka? Soalnya senin aku mau interview di vendornya bri pt kpsg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk perempuan 155 cm buat laki2 160 cm. Gimana nih interviewnya udh lolos?

      Hapus
  35. Terharu baca ini sampe nangis :') mudah2an aku jg bisa lolos kaya kakak biar ortu bangga. makasih sudah menginspirasi. Sukses terus ya kaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi mkasih ya udh dibaca😁 sukses juga buat kamuuuu😊

      Hapus
  36. Mbak Khalid kerjanya di kecamatan mana yah, saya juga orang Garut...Hehehe mau nanya kalau tinggi badan nya minimal berapa yah?

    BalasHapus
  37. hi kak seneng bacanya ih :)
    oiya kebetulan aku org garut jg nih kak, mau tanya kalo dulu kakak masukin lamarannya ke kancab garut atau ke kanwil bandung ? pertanyaannya sama kek ica hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku entry lamaran ke kanca garut yah. Tapi tahap selanjutnya ttep dihandel sama vendor

      Hapus
  38. ka kalo sudah tahap tes kesehatan kemungkinan di terima nya berapa persen ?

    BalasHapus
  39. Hai kak sy mau tanya, setelah setahun berlalu dan kakak di telp utk ke tahap selanjutnya apakah masih dgn teman2 yg sama sewaktu kakak interview di Kanca Garut dulu? Dua minggu yg lalu sy udah sampe tahap interview di Kanca tp belum ada panggilan lg utk ke Tes Kesehatan, sementara kenalan saya udah dipanggil ke Tes Kesehatan. Apakah artinya sy gak lulus ya?? :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku lupa😂 gimana nih tesnya? Sukses?

      Hapus
  40. Hai kak sy mau tanya, setelah setahun berlalu dan kakak ditelp utk ke tahap selanjutnya apakah masih dgn teman2 yg sama sewaktu kakak interview di Kanca Garut dulu? Saya udah sampe tahap interview di Kanca tapi belum ada panggilan lg utk ke Tes Kesehatan, sementara kenalan saya udah dipanggil ke Tes Kesehatan. Apakah artinya sy gak lulus ya?? :'(

    BalasHapus
  41. Ak tertarik jd publisher adsense nih kak. Hahahh. Bisa bagi tipsnya kak. Blog kakak yg baru yg lbih profesional yg kakak maksut ygmana kak? Mau mampirr. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udh gak main adsense. Blognya udh dijual😆

      Hapus
  42. kak mau tanya klo besaran pinalty dari pkss klo kita resign berapa ya kak?sama biasanya jam kerja teller seringnya sampe jam berapa?

    BalasHapus
  43. Kak sya mau tanya, sya sudah sampai pada tahap MCU dan ijazah saya sudah ditahan pkss trus kalo sya ternyata lebih dlu diterima kerja tmpt lain saya boleh ambil lagi ga ya ijazahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kurang tau tapi klo kamu udh ttd kontrak kayaknya gak boleh tuh diambil lg sebelum kontraknya habis

      Hapus
  44. Mbak, aku sudah test fl udah sampe medical check up tapi sudah 5bulan blm dpt kbar diterima ato ga.. Kira2 diterima ga yaaa...hhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temen2 yg barengan tes mcu sama mbak udah ada kabar belum? Aku kurang tau jarak waktu yg benar buat seleksi bri itu seperti apa. Krn pengalaman aku sama karyawan lain pun beda2

      Hapus
  45. Hai kak, aku kmrin juga ikut test fl bank bri.. Udah sampe mcu juga tapi sudah 5bulan blm ada kbar diterima ato tdk.. Kira2 lolos ga ya mbak?

    BalasHapus
  46. Hai kak, aq baru aja ujian psikotes dan interview sbg frontliner di BRI, tp aq kurang pede sm hasil psikotes dan tinggi badanku yg hnya 152, mnrt kk ada gk yh frontliner BRI setinggi aq ? teri akasih, semoga segera di balas yh kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pede aja kalo rejeki gak kemana kok good luck ya👍

      Hapus
  47. Hai ka, saya tes di pkss bri hari itu interview dan lgsung keluar hasilnya dan allhamdulillah saya lolos dan langsung ke tahap psikotes, tetapi sudah seminggu belum ada panggilan, mau nanya ka biasanya jarak diinfokan setelah tes psikotes berapa lama ya? Apa emang berminggu" atau emang saya belum lolos ke tahap psikotes? Mohon di balas ka terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kurang tau jarak waktu yg benar buat seleksi bri itu seperti apa. Krn pengalaman aku sama karyawan lain pun beda2. Good luck ya semoga lolos✊

      Hapus
  48. Hai ka, saya sudah tes di pkss sudah interview dan hari itu juga langsung keluar hasilnya allhamdulillah saya lolos ke tahap tes psikotes, dan lgsg melaksanakan tes psikotes, tetapi sudah seminggu belum ada kabar, mau nanya ka biasanya jarak jangka waktunya emang lama atau emang saya yang belum lolos pada tes psikotes ya? Mohon di jawab ka trima kasih

    BalasHapus
  49. Ka aku masi kuliah semester 3. Tapi aku coba-coba ngelamar di bank bagian frontliner, nah tapi pendidikannya minimal D3. Jadi menurut kaka masi ada peluang gak sih buat saya ? Terimakasi. Btw blognya keren kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba aja,ada kok yg keterima sebelum lulus kuliah. kalo rejeki gak bakal kemana😁

      Hapus
  50. Kak, saya masi kuliah semester 3. Dan saya coba-coba buat ngelamar di bank bagian frontliner. Tetapi pendidikan terakhir untuk posisi tersebut adalah D3, jadi menurut kaka masi ada peluang gak sih buat saya ? Terimakasih. Btw ceritanya menginspirasi nih kak

    BalasHapus
  51. Balasan
    1. Integritas, profesionalisme, keteladanan, kepuasan nasabah, penghargaan kepada sdm😂✌

      Hapus
  52. Siang mbk. Mau tanya nih untuk jam kerjanya gmna ya ?

    BalasHapus
  53. Kak waktu masukin lamaran, daftar berkas berkasnya apa aja yang kaka kirimkan?

    BalasHapus
  54. Mba mau nanya, petugas layanan job deskripsi nya apa ya mba? Saya bsok ada interview akhir di kanwil batam mba. Terimakasih mba.

    BalasHapus
  55. Unnie yaaaa,btw kisahnya inspiratif sekali lho hehe bikin ga nyerah wlwpun blm ada panggilan buat ttd kontrak😁aku mau tanya, kl sudah mcu itu udah pasti keterima ya kak? Ohya aku mau tanya jg, kk kan ga lewat vendor ya so pasti dpt seragam gitukan? Kl tmn kk yg dr vendor, apa jg dikasih seragam sm brinya? Hehe dan apakah kita pasti yg sudah ttd kontrak nantinya disuruh mengikuti pelatihan di bri corporate university ya kak? Hehe maaf ya kak panjang dan semoga berkenan bls komenkuuu hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ga ada masalah sama kesehatannya insya Allah lolos kok. Seragam dikasih kok. Pendidikan juga walau harus nunggu agak lama. Sambil kerja sambil belajar aja

      Hapus
  56. Halo kak, salam kenal!

    Jadi ceritanya pas aku lagi nglamar di BRI aku baca blog ini dulu, dan entah kenapa jalan ceritanya semacam aku nyontek punya kakak, hahahaha, samaa, kecuali aku ngga adsense freelencer, tapi ini juga tepat 1 tahun aku lulus kuliah.

    Alhamdullilah tadi barusan dapet kabar buat ttd kontrak, dan besok senin (3 hari dari pengumuman lolos) udah mulai kerjaa!!

    Panik karena aku juga belom tau apa apa, heuheu kakak akhirnya pendidikannya kapan nih kak ?
    Asli aku masih bingung besok senin mau ngapain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi ya ampun kita senasib ya😂✌ btw selamat ya semoga betah di bri. Selamat menikmati weekend terakhir sebelum bekerja😄 penempatan dimana nih? Unit atau cabang?

      Aku udh pendidikan tapi langsung enhancement gak development dulu heran sih tapi gapapalah. Gausah panik santai aja pasti dibantu kok sama seniornya semangat ya✊

      Hapus