Selasa, 29 November 2016

Review Drama Korea The Legend of Blue Sea (2016) : Lebih dari Sekedar Kisah Putri Duyung

Finallllllllyyyyyyyy Min Ho oppa is back with his new drama wohoooooo! Setelah sukses meranin tokoh anak SMA kaya raya di 'The Heirs', kali ini Lee Min Ho bakal meranin tokoh ‘orang dewasa’ yang sesuai dengan umurnya dia haha, dengan karakter yang sangat berbeda dibanding peran-peran dia di drama sebelumnya. Di sini, doi berperan sebagai seorang pria licik yang berprofesi sebagai penipu profesional. Sebuah karakter yang cukup nakal dan menantang buat Lee Min Ho yang biasanya memainkan karakter protagonis yang sempurna tanpa cela.

 
Bisa dibilang, drama ini adalah drama yang paling dinantikan di akhir tahun 2016. Drama ini jadi most anticipated bukan tanpa alasan ya bok. Katanya, biaya pembuatan per episodenya tuh sampe sekian milyar Rupiah, yang katanya sih dua kali lipatnya budget 'Descendant of The Sun'. Cast nya pun istimewa.  Selain mas ganteng Lee Min Ho, drama ini juga jadi comebacknya mbak Jun Ji Hyun pasca melahirkan anak pertama. Gue ga paham kenapa setelah jadi emak-emak badannya tetep luangsing malah justru makin bagus huhu :( Dunia ini sungguh tak adil. 

 

Mengangkat genre fantasy, romance dan comedy, drama ini punya premis kisah cinta antara manusia dan seorang mermaid.  Klise memang, karena drama ini diangkat dari sebuah cerita rakyat atau legenda putri duyung dari jaman Joseon di Korea yang juga sangat populeeeeerrr dalam bebagai versi di seluruh dunia.

Awalnya gue sempet males karena kenapa pasca hiatus panjang, mas Min Ho dan mbak Ji Hyun memilih drama dengan cerita cheesy macam putri duyung yang jatuh cinta sama manusia. Dan ternyata, gue salah besar haha karena drama ini tuh kece parah ya Tuhan alam semestaaaaa!!!

 


Sinopsis. Drama ini memiliki dua latar waktu berbeda, yaitu di era Joseon dan masa kini. Di era Joseon, keberadaan kaum mermaid masih menjadi mitos yang diragukan keberadaannya. Suatu hari, seorang mermaid bernama Sae Wa (Jun Ji Hyun) ditemukan terdampar di pinggir pantai karena terseret badai. Sialnya, dia ditemukan oleh seorang pejabat licik (gue lupa namanya, diperanin sama bapaknya si Deok Sun 'Reply 1988'). Mermaid itu pun ditangkap dan ditahan untuk menjadi tontonan buat para pejabat.

Kabar mengenai putri duyung tersebut sampai ke telinga seorang walikota tamfan bernama Dam Ryung (Lee Min Ho). Merasa kasihan, Dam Ryung yang memiliki ‘kartu As’ si pejabat nackal pun memerintahkan agar Sae Wa kembali dilepaskan ke laut. Sejak itu, hubungan keduanya menjadi erat dan mematahkan mitos bahwa kaum mermaid itu berbahaya karena bisa menghapus ingatan siapapun yang menyentuh tangannya.  Aw aw kalo beneran iya, gue mau dong salaman sama duyung ganteng biar ingatan busuk tentang sang mantan seketika terlupakan. Apaan si *ditabok pembaca hahaha*


Ratusan tahun kemudian, Dam Ryung sang pejabat tampan yang berhati mulia itu telah bereinkarnasi menjadi sosok Heo Joon Jae (Lee Min Ho). Berbeda dengan kehidupannya terdahulu, Joon Jae adalah seorang penipu ulung yang dijuluki Harry Potter oleh teman-temannya. Sebagai seorang penipu, Joon Jae memiliki jiwa yang apatis, licik, dan gila duit. Dia bisa melakukan apapun buat dapetin apa yang dia mau. Kemudian, dengan entengnya dia bakal kabur ke tempat yang jauh buat bersenang-senang.

 

Suatu hari, setelah menipu seorang wanita pengusaha (lagi-lagi gue lupa namanya hehe, diperanin sama tokoh emaknya Kim Tan di 'The Heirs'), Joon Jae pun melarikan diri ke Spanyol. Dasar anak durhaka nih si Kim Tan. Bisa-bisanya nipu emaknya sendiri wkwk.

 

Di sana, Joon Jae bertemu dengan Shim Chung (Jun Ji Hyun), seorang gadis linglung yang tiba-tiba saja nyasar ke kamar tempatnya menginap. Tanpa diketahui Joon Jae, gadis itu adalah seorang mermaid yang berubah menjadi manusia.

 


Sang mermaid yang polos kebingungan dengan dunia manusia, kemudian terus menempel pada Joon Jae kemanapun Joon Jae pergi. Si duyung apes pun kemudian terlibat dalam pelarian Joon Jae yang dikejar-kejar preman karena peekerjaannya sebagai seorang penipu. 


Review. Gilaaaaaaa ini drama konyol absurd paraaaaah!!! Gue harus mengakui kalo persepsi awal gue tentang drama ini ternyata salah besar. Drama ini memang diangkat dari cerita rakyat yang mungkin sudah sangat membosankan buat kebanyakan orang, termasuk gue. Tapi, dia nggak mengangkat cerita rakyat itu mentah-mentah, tapi dipoles dan dimodifikasi dengan sangat cerdas dan membuatnya jadi sebuah cerita yang bener-bener baru.


Cerita tentang mermaid biasanya selalu menghadirkan sosok pria yang sempurna tanpa cela dengan si duyung yang biasanya polos cenderung bego dan teraniaya. Nah kalo ini duyungnya kekinian banget haha. Walaupun polos, Shim Chung sesungguhnya sangat cerdas dan cepat belajar. Uniknya lagi, dia semacam punya kekuatan super yang bisa bikin preman-preman mental ke udara hanya dengan satu pukulan. Berbeda dengan mermaid-mermaid lain yang identik dengan sifat lemah lembut dan anggun, Shim Chung justru sangat quirky dan konyol abis. Bahkan tanpa berdialog pun, dia bisa bikin perut gue sakit saking lucu dan absurdnya kelakuan dia.

 

Heo Joon Jae juga bukanlah sosok pria tampan impian yang sempurna. Dia bukanlah pangeran kaya dari kerajaan yang berkuda putih. Joon Jae adalah lelaki sendu alias seneng duit dengan sejuta akal bulus yang berbahaya. Di balik sepak terjangnya sebagai penipu ulung, Joon Jae punya masa lalu yang menyakitkan tentang ibunya. Kalo diinget-inget lagi, karakter dua tokoh utamanya mirip di film Cina yang judulnya ‘The Mermaid’. Gue pernah review filmnya di sini.

 

Kisah cinta drama Korea rasanya belum lengkap ya kalo belum ada orang ketiga hehehe. Di sini orang ketiganya adalah Cha Sia (Shin Hye Sun). Cha Sia ini punya hubungan yang sedikit rumit dengan Joon Jae. Dia adalah seorang arkeolog yang nantinya bakal membongkar idenitas Shim Chung sebagai mermaid yang selama ini hanya dipercaya sebagai cerita dongeng.

 


Oh ya,di drama ini banyak banget wajah-wajah yang dijamin familiar banget kalo kamu udah sering nonton drama Korea. Ada bapaknya si Deok Sun dan abangnya si Jung Hwan di 'Reply 1988', emaknya Kim Tan di 'The Heirs', ada juga Jr Got7 yang meranin Dam Ryung muda. Ganteng banget gilaaaaaak tolong dong gue butuh oksigen xD Oh ya, ada Shin Won Ho yang pernah main jadi Kang Kyung Joon bareng Suzy di darama 'Big'. Ada juga Krystal Jung, Hong Jin Kyung dan Cha Tae Hyun yang ambil peran sebagai cameo di sini. 


Selama nonton 4 episode, gue lumayan dibikin amazed sama visual yang disajikan. Mewahhhhhh banget gitu deh kayak lagi makan bakmi heheu, serasa nonton soap opera. View bawah lautnya juga keren dan niat banget bikinnya, bahkan katanya Ji Hyun eonni sampe hipotermia karena terus-terusan syuting di dalam air, salut sama totalitasnya! Transisi dua jamannya juga terasa halus dan rapi, gue suka sama penggambaran di jaman Joseon yang feels so sad yet beautiful.

 

Jadi kesimpulannya, drama ini sangat layak buat ditonton. Terasa ringan tapi berisi, sampe gue heran sendiri pas satu per satu episode nya selesai ditonton. Satu jam episodenya terasa cepet banget karena sama sekali nggak ngebosenin!

Aaaaaah dijamin bakal baper deh haha nyesel sendiri deh kenapa gue milih nonton on-going karena setelah dibikin ketawa sampe sakit perut di dua episode pertama, gue harus rela dibikin nangis bombay di episode ketiga huaaaa :’( *bukan spoiler* Coba bayangkan, Shim Chung harus berenang dari Spanyol ke Korea dalam waktu tiga bulan demi ketemu Joon Jae *inimah spoiler namanya* Daaan, ini adalah drama terakhir Lee Min Ho sebelum dia berangkat wamil selama dua tahun *penonton mana yang nggak histeris* *kamu harus nonton* *mari kita baper berjamaah*

Score 9/10

all pics were taken from Dramabeans


2 komentar:

  1. Hey Khaaalll, mana nih postingannya? Kok nggak nongol-nongol ya? *nungguin review drama dari kamu* hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Omo omo ada yg nungguin review gak jelasnya aku😢 jadi terhura😢😢

      Belum smpet Dwiiiii aku lg sibuk cari nafkah di tempat lain wkwkw. Soon mau review Goblin sama banyak film deh ditunggu ya! *sok penting* 😂

      Hapus