Sabtu, 20 Agustus 2016

MV REVIEW : EXO - Lotto

Bertepatan dengan hari kemerdekaan kemarin, EXO tiba-tiba aja nongol di Youtube dengan MV terbaru mereka, 'Lotto'. Jujur gue sama sekali nggak ngeh dengan comeback mereka kali ini karena udah gak begitu sering mantengin socmed belakangan ini. Pertama tau judulnya, gue langsung mengira kalo EXO lagi di-endorse sama salah satu brand sepatu dong hahaha. 



Jadi, sepertinya EXO emang lagi keranjingan dengan konsep bad boy ya. Banyak juga yang mengaitkan lagu ini dengan dua lagu sebelumnya yaitu 'Monster' dan 'Lucky One'. Kalo diinget-inget lagi, EXO udah nyoba beberapa konsep di sepanjang karir mereka. Mulai dari futuristik, school boy, dreamy, sampe bad boy thingy belakangan ini.




Setelah denger lagu ini, entah kenapa di kuping rasanya ada bunyi 'ngueng...nguengg..' gitu hahaha. Gue gak habis pikir kenapa seluruh lagu ini isinya autotune semua! I mean, they can sing. They don't need some help like autotune or something yang justru bikin suara asli mereka nggak kedengeran lagi. Mungkin SM lagi pengen bereksperimen, 'mau kita apain lagi nih ya anak-anak EXO?' Mungkin begitulah kira-kira :) Oke ini dia review rempong dari gue tentang MV ini.

Concept



Seperti gue bilang sebelumnya, MV ini masih punya benang merah yang senada dengan dua lagu sebelumnya, yaitu bad boy thingy dengan segala macam pemberontakan dan kenistaan yang bikin mereka dikejar-kejar polisi. Gimana nggak jadi buronan, kerjaannya nontonin sabung ayam, maain judi, sampe bakar-bakar duit. Bang $uho nih ya, mentang-mentang tajir, duit dibakarin udah kayak lagi bakar surat cinta dari mantan. 




Dua hal yg menarik di sini adalah solo dance nya Sehun dan seorang cewek misterius yang berperan sebagai 'umpan' buat menangkap para biang onar ini. Harta dan tahta udah gak mempan, yang mempan cuma wanita hahaha! Kai nggak lagi jadi spotlight utama, Baekhyun dan Chanyeol bisa dibilang menang banyak kali ini.

Gue nggak bakal bahas apa makna di balik MV 'Lotto' ini, karena jujur gue nggak menemukan 'cerita' apapun di MV ini wkwkwk xD Gue hanya mau menikmati gimik mereka di sini tanpa harus dipusingkan dengan pertanyaan mengenai makna yang tersirat, especially waktu Suho bakar-bakar duit dengan entengnya. Eh bang Suho, kapan ya hidup lo bisa kayak gue? :p



Jujur, gue nggak nemu sesuatu yang begitu spesial dengan MV ini. Entah kenapa belakangan gue ngerasa konsepnya EXO makin hari makin monoton. Boleh sih konsep bad boy dan pemberontakan ini sukses di lagu 'Monster' kemarin, tapi nggak harus diulang-ulang juga :( Maap kalo sotoy. Mungkin ada penggemar lain di luar sana yang sepemikiran/?

Song

Lagu ini terasa sangat kental dengan nuansa hiphop Amerika tahun 2000-an. Banyak yang menyayangkan autotune yang lebay banget di lagu ini, termasuk gue. Lagunya enak sih, tapi nggak begitu spesial di kuping dan bisa jadi sebatas angin lalu kalo nggak didengerin terus menerus. Agak kuciwa, tapi gue takut dibully EXO-L haha :( Hanya menyampaikan pendapat, salam damai :)v

Koreografi



Nggak seperti biasanya, kali ini EXO menyajikan koreo yang lebih ringan dan minimalis dibanding lagu-lagu mereka sebelumnya. Siapa yang nggak sabar mau nonton versi dance buat lagu ini?

Nah, itu dia sedikit cuap cuap gue tentang MV ini. Overall gue nggak begitu puas tapi cukup menikmati comeback kali ini. Gimana menurut kamu?

Score 7/10

4 komentar:

  1. lagu ini sebetulnya bagus... tapi nggak "singable" *apapulaitu*
    nggak enak dibikin karaokean di bawah shower, yah.. salah satu faktornya karena autotune-nya itu. intinya enak buat didengerin doang tapi nggak enak dinyanyiin.
    Aku nggak setuju dengan maksudnya konsep bad boy yang diulang, menurutku ini lebih ke bad man *sebelasduabelasbego!!* di Monster. EXO terlihat seperti remaja remaja nakal yang kelakuannya tidak bisa dimengerti masyarakat, meresahkan sehingga satpol pp harus menertibkan anak - anak ini. sementara di Lotto, mereka lebih seperti pria dewasa yang gila judi, itu saja. itulah bagaimana kukatakan bad boy dan bad man.
    Mungkin yang bikin jengah itu karena dua mv ini sama - sama melibatkan satpol pp. exo tuh salah apa sih sampai sering banget dikejar satpol pp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm, bad boy dan bad man. Sama2 bad lah ya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ mereka jadi buronan satpol karena terus2an mencuri hati fangirl sih *apasih* *iyainaja*

      Hapus
  2. Khal, aku baru baca postinganmu ini dong setelah jadi EXO-L dari akhir tahun kemaren hahaha. Sial, si Kai bisa aja mancing-mancing aku buat jadi EXOL nih:))

    Awalnya pas aku liat thumbnail muka D.O di yutub, ini apaan sih kok serem amat. Sumpah, aku bereaksi gitu bangetsi, asal ngejudge doang:))

    Setuju sama kamu. Lagu ini kental banget sama autotune-nya. Dan aku baru tau ternyata efek nguing-nguing itu autotune ya, namanya. HAHAHA. Tapi entah kenapa meskipun rada ganggu, aku suka banget loh. Soalnya suara Kai jadi makin kedengeran seksiiiiii *istighfar Wik, istighfar*

    Aku juga kurang ngerti sih sama makna MV ini. Tapi yang paling aku ngerti di sini adalah waktu Suho bakar duit segunung dengan mudahnya. Ya, as we known lah, Suho kelewat tajir sampe duit segunung dibakarin gitu. Toh duit segitu mah berasa recehan seratus peraknya kita:)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun dwi aku baru nemu komentarmu๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Si kai emg ga zantei. Dr awal kenal exo aku juga langsung suka sama si kayu๐Ÿ˜›

      Yuk kita bakar bakar duit lah dwi๐Ÿ˜Ž

      Hapus