Minggu, 21 Agustus 2016

Yuk, Mengenal Bumbu Masakan Khas Korea

Siapa K-Popers di sini yang nggak kepo sama makanan khas Korea? Mungkin nggak semuanya, tapi sebagian besar K-Popers atau pecinta drama Korea pasti udah nggak asing dengan berbagai makanan khas Korea seperti tteokbokki, kimbap, bibimbap, jiggae, dan pastinya kimchi. Makanan-makanan itu selalu wara-wiri di ampir setiap film dan drama, dan dijamin pasti bikin penonton ngiler sekaligus penasaran sama gimana rasa makanan tersebut.

Hidangan khas Korea didominasi oleh rasa pedas, manis dan asam. Rasa pedas bisa kita temukan di makanan seperti kimchi dan tteokbokki. Rasa asam dan sedikit kecut rupanya juga jadi favorit buat masyarakat Korea. Terbukti dari cita rasa kimchi yang jadi semacam makanan wajib yang harus selalu ada di setiap rumah.


Sebagai penggemar makanan khas Korea yang hidup jauh dari negeri oppa-oppa ganteng tersebut, yang bisa gue lakukan hanya pergi ke kafe dan restoran Korean food. Buat sekedar memesan tteokbokki atau jjajangmyun, gue harus menghabiskan dana sekitar 30-50 ribuan per porsinya. Harga yang cukup mahal bukan?

Nah, buat kalian yang senasib dengan eikeu, mungkin pernah browsing mengenai resep masakan Korea yang biasa kalian pesan di restoran. Kalian juga pasti bingung dengan bumbu-bumbunya dan dimana bisa beli bumbu-bumbu tersebut. Selain harganya cukup mahal, carinya pun lumayan susah terlebih di kota-kota kecil. Daripada bingung, yuk baca bahasan di bawah sebelum capcus ke swalayan atau order di sis olshop :)

Gochujang (pasta cabai)


Nah! inilah bumbu ajaib yang bikin citarasa makanan pedas khas Korea. Gochujang biasa dipakai buat mengolah kimchi, campuran bibimbap ataupun bulgogi. Gochujang dibuat dari cabai yang dikeringkan, garam, tepung beras, dicampur kedelai yang difermentasikan. Inilah yang bikin warnanya lebih gelap dari pasta cabai yang biasa kita lihat di Indonesia.

Ada beberapa brand gochujang yang populer di Korea dan beberapa udah ada yang jual di Indonesia. Kamu bisa cari pasta ini di swalayan besar ataupun swalayan khusus makanan Korea seperti K-Mart. Belakangan, di Instagram juga muncul olshop-olshop yang khusus menjual bumbu masakan Korea. Harganya variatif tergantung beratnya, mulai dari 40 ribuan sampe ratusan ribu.

Doenjang (pasta kedelai yang difermentasi)


Masih seputar pasta, ada lagi pasta yang dibuat untuk campuran masakan. Doenjang dibuat dari kedelai yang difermentasi. Rasanya asin dan manis, miri-mirip bumbu miso atau tauco kalo di Indonesia. Bumbu satu ini mungkin nggak sepopuler gochujang di Indonesia. Tapi perannya nggak kalah penting. Doenjang memberikan rasa khas pada saus ssamjang dan beberapa hidangan sup di Korea.

Gochugaru (bubuk cabai kering)


Bumbu satu ini bisa dibilang sangat familiar dengan orang Indonesia. Siapa yang gak kenal cimol dengan taburan cabai kering yang enak banget dikunyah? Di Korea juga ada nih bubuk cabai kering. Biasanya, gochugaru digunakan sebagai bahan pembuat kimci bersama dengan gochujang. Buat kamu yang pengen bikin kimchi tapi nggak punya gochugaru, bisa pake bubuk cabai yang ada kok. Malah rasanya lebih enak karena nggak begitu pahit seperti gochugaru dari Korea.

Ssamjang (sambal Korea)


Ssamjang adalah semacam sambal yang sangat populer di Korea. Orang Korea biasa makan ssamjang sebagai pelengkap makan bibimbap atau saat BBQ-an. Ssamjang dibuat dari campuran doenjang, gochujang, bawang putih, minyak wijen, cabai hijau dan gula. Warnanya merah menyala dengan tekstur kental khas sambal. rasanya? Dijamin pedes. Tapi kalo gue bilang masih lebih pedes rata-rata sambel di Indonesia sih :)

Kanjang (kecap Korea)


Yang ini persis kecap asin kalo di Indonesia! Kanjang atau ganjang ini biasa digunakan sebagai bumbu untuk menguatkan rasa. Ada beberapa jenis kanjang, ada yang digunakan khusus sebagai bumbu masak, ada yang khusus buat cocolan, ada juga yang khusus untuk menghilangkan bau amis pada seafood. 

Nah itulah beberapa bumbu khas masakan Korea yang bisa kamu coba. Nggak ada salahnya bikin masakan Korea di rumah.Rasanya nggak kalah dibanding yang kamu beli di restoran. Selain lebih hemat, pastinya lebih puas karena bisa bikin sebanyak yang kamu mau :) 

Gue sendiri paling sering bikin kimchi di rumah. Paling enak buat teman makan mi atau nasi goreng, dan rasanya lebih cocok di lidah ketimbang kimchi yang biasa dihidangkan di restoran haha! Nanti kapan-kapan gue posting di sini deh step by step nya.

Selamat mencoba ya :)

4 komentar:

  1. bumbu masakan korea ada sambal juga ya, thanks infonya..

    BalasHapus
  2. saat lihat gambar Ssamjang, kok gue langsung ke inget sama sambal tomat Indonesia ya? apalagi kalo pake trasi
    jadi ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahin nasi sama ayam goreng kenyang deh ya😂 jangan lupa kerupuk😆

      Hapus