Sabtu, 06 Agustus 2016

Berapa Biaya yang Dibutuhkan Untuk Mendebutkan Satu Idol Grup?

Setiap tahunnya, selalu ada grup-grup baru bermunculan di industri hiburan K-Pop. Mulai agensi kecil, menengah, hingga agensi besar biasanya rutin mendebutkan idol grup baru setiap 1-2 tahun sekali. Menurut kabar-kabari yang beredar di internet, setiap tahunnya ada sekitar 300 idol grup baru yang debut di Korea sana, dan di antara 300 grup itu, hanya beberapa saja yang bisa survive dan eksis sampe jadi besar dan dikenal.



Sejauh pengamatan gue sih, grup-grup dari agensi besar macam SM, YG dan JYP biasanya punya peluang lebih besar buat survive dan berhasil. Walaupun beberapa tahun ini grup dari agensi kecil kayak GFRIEND dan BTS bisa ngebuktiin bahwa nggak harus datang dari agensi besar buat jadi sukses. Semuanya tergantung 'aset' yang mereka punya, ditambah sedikit luck.


Ada beberapa strategi yang dipake sama agensi kecil-menengah biar grup bentukan mereka sukses di pasaran. Sebut aja ajang-ajang survival macam Produce 101 yang melibatkan banyak trainee dari agensi kecil buat mengangkat nama agensi mereka. Ajang survival ini juga punya tujuan lain buat menekan biaya produksi karena adanya sistem kerja sama atau kongsi, dan semisal mereka rugi pun, ya nggak rugi-rugi amat lah :p



Pertanyaannya, kira-kira berapa sih modal yang dibutuhkan sebuah agensi buat mendebutkan grup baru?

Rata-rata sebuah grup baru membutuhkan dana 100 juta Won atau sekitar 1,2 milyar Rupiah mulai dari biaya pelatihan, makan, perumusan konsep, recording sampe tampil di televisi. Belum lagi biaya lainnya seperti promosi. Terus, gimana prosedur yang harus dilewati sampe mereka tampil di acara TV?

Setiap agensi yang memiliki grup baru bakal mengirim sampel lagu mereka ke produser-produser music show di televisi. Sampel-sampel tersebut bakal dipilih dan disaring, mana yang dianggap layak tampil di TV dan mana yang dianggap belum layak.


Karena yang mengirim sampel ini nggak cuma satu atau dua agensi aja, tapi puluhan agensi, dan setiap agensi rata-rata memiliki grup atau artis lebih dari dua, bisa dibayangkan berapa jumlah sampel yang harus didengarkan dan disaring buat tampil di TV. Proses ini jadi makin sulit buat grup-grup dari agensi kecil, karena biasanya produser hanya akan memilih sampel dari agensi berpengaruh atau agensi yang sudah dikenal dan terbukti kualitasnya lewat artis-artis mereka terdahulu.

Itulah mengapa industri hiburan K-Pop sangat keras. Dibutuhkan modal besar dan kerja keras buat bisa bertahan sebagai artis di sana, khususnya buat artis yang datang dari agensi kecil. Tapi semua perjuangan itu dijamin bakal terbayar ketika grup yang diorbitkan berhasil sukses dan memikat banyak penggemar. Bisa dibilang, mendebutkan idol grup adalah investasi besar yang menjanjikan, namun harus dipikirkan secara matang.

Nah, apakah kamu berminat buat mengadu nasib sebagai idol di Korea?

baca juga : 9 Tahap yang Harus Dilalui Untuk Menjadi Idol K-Pop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar