Senin, 11 Juli 2016

MV REVIEW : GFRIEND - Navillera

Get ready Buddy, GFRIEND is already back with a lovely sumer vibes on their video 'Navillera'! Comeback GFRIEND kali ini bisa jadi salah satu dari banyak most anticipated comeback di musim panas tahun ini. Jujur sekarang gue udah nggak begitu ngikutin banget perkembangan K-Pop termasuk banyaknya rookie yang bermunculan tahun ini. Gue cuma fokus sama grup atau artis yang gue suka aja. Anyone can suggest me any promising and cool rookie groups? Tulis di kolom komentar yak :)



Oke, mungkin banyak yang penasaran sama arti dari kata 'Navillera' ini. Setelah gugling sana-sini, Navillera artinya adalah kupu-kupu. Pemilihan judul Navillera sendiri terinspirasi dari sebuah novel best seller asal Perancis berjudul 'Le Papillon Des √Čtoiles', yang berarti kupu-kupu bintang. 



buku yang menginspirasi lagu 'Navillera'
Diceritakan bahwa 'Le Papillon Des Etoiles' atau 'Navillera' adalah kapal ruang angkasa yang yang bertugas mengantarkan manusia pindah ke planet baru setelah bumi mengalami kerusakan. Peran kapal ruang angkasa ini dianggap cocok dengan filosofi hidup kupu-kupu yang bertransformasi dari ulat yang menjadi kupu-kupu. Walau perjuangannya berat, si ulat akhirnya bisa berubah jadi kupu-kupu yang cantik.

Nah loh? Mungkin kamu bakal bertanya-tanya tentang apa hubungannya kapal ruang angkasa dengan MV Navillera ini. Sama, gue juga haha. Daripada penasaran yuk dibaca tulisan rempong di bawah ini.

Concept



Di comebacknya kali ini, GFRIEND masih mengusung konsep cute yang dipadukan dengan nuansa retro. Yang gue lihat sih hawa-hawanya nuansa 70'an gitu *plis koreksi kalo salah, soalnya jaman itu gue belum lahir haha* Para member terlihat menghabiskan waktu bersama dan menikmati summer days mereka dengan riang gembira.



Mereka bermain roller skate, saling bercanda dan lari-larian di bawah matahari. Bisa dilihat, dari setiap scene selalu ada satu member yang ketinggalan dalam ngelakuin sesuatu, mulai dari Eunha yang telat nempatin sepatu rodanya dan Yerin yang jatuh sendiri waktu temen-temennya udah pada bisa berdiri. Roller skate ini menggambarkan tahap baru dalam kehidupan mereka, yang licin penuh tantangan, sedikit menakutkan tapi juga menarik buat dijelajahi. Yuju paling jago ya main sepatu roda, yang udah pegalaman mah emang beda :D




Kemudian digambarkan para member yang lain selalu siap menolong dan masangin plester di luka temennya yang jatuh. Menurut gue, ini menggambarkan masa-masa muda yang diisi dengan persahabatan. Dalam persahabatan itu kita bisa berjuang dan jatuh bangun sama-sama menuju usia dewasa, tanpa harus lupa buat bersenang-senang dan menikmati usia muda. Yang unik, isi tas mereka ternyata boneka semua haha.





Gue seneng di MV ini mereka telihat menampilkan sedikit image rebel dan nggak lagi cute cutean overload kayak di 'Glassbead' era. Mereka main bowling pake piala, ngisengin boneka, sampe ngelemparin tas ke ring basket dengan ekspresi tanpa penyesalan haha.



Di akhir MV, mereka terlihat berlarian sambil bawa tas menuju sebuah loker. Mereka kemudian membawa barang-barang yang ada di loker, mulai dari boneka, snack dan kamera. Ini menggambarkan mereka yang lagi mempersiapkan bekal buat memasuki fase baru dalam kehidupan mereka, yaitu dari remaja menuju wanita dewasa.



Nah ini dia maksud dari kata 'Navillera' atau kupu-kupu tadi. Kupu-kupu menjadi simbol transformasi seseorang menuju dunia yang baru. Mungkin GFRIEND mulai mengubah konsep mereka secara perlahan, dari cute school girl ke konsep wanita dewasa yang baru melek, ibarat kupu-kupu yang baru keluar dari kepompongnya. Ya kalo diambil contoh kehidupan nyata itu semacam mahasiswa yang baru lulus jadi sarjana, yang masih pengen senang-senang tapi dunia baru di depan udah menunggu buat dijelajahi (baca : dunia kerja yang kejam bagai ibu tiri). Gue nggak curhat ya. Begono.



Gue rasa Source Music punya konsep yang cukup kreatif ya. Dari pemilihan judul aja udah bikin fans penasaran tentang arti dan maknanya dari kata Navillera. Tapi GFRIEND sukses menyajikan 'filosofi' yang cukup berat tentang kupu-kupu ini dengan cara yang manis dan ringan. Uuuuh makin cinta deh sama gadis-gadis ini^^

Song



Seperti biasa, lagu-lagu GFRIEND selalu mengingatkan pada lagu-lagu soundtrack anime haha. Gue rasa GFRIEND mulai menemukan signature style mereka, yaitu lagu-lagu dengan vibe JPop dan suara gitar elektriknya yang khas, dan itu makin kentara di lagu Navillera ini. Gue juga seneng akhirnyaaaa Sowon bisa nyanyi lebih dari satu line mwehehe. Pembagian part nyanyinya udah mulai rata.



Gue suka sama lagu ini, part 'na na na Navillera' itu cukup ampuh bikin lagunya duduk manis di kepala begitu denger pertama kali. Enak sih, tapi kok mirip-mirip 'Glassbead' yak iramanya hehe. Makin lama denger gue jadi ngerasa lagu ini semacam gabungan 'Glassbead' dan 'Me Gusta Tu' plus sedikit percikan 'Remember'nya APink haha. Okelah, lagu ini still enjoyable on repeat. Koreografinya juga keren seperti biasanya. Good Job.

Costume


kaos kakinya nggak nahaaaan :3
Naaaah! Gue suka banget sama kostum GFRIEND di MV ini. Warna-warnanya syeger beneeeer. Nuansa summer plus retronya berpadu dengan apik dan pas banget dari awal sampe akhir. Gue juga suka sama warna rambut mereka, warnanya cerah tapi nggak berlebihan. Eunha cantikan ya rambutnya pendek. Cuma satu yang agak ganggu, kenapa mereka pake sendal plus kaos kaki panjang selutut begitu? Lagi musim ya? xD

Lyrics

'Back at the starting point
Let’s speed things up a little
Let me get myself together
And I’ll come forward

Bloom like the flowers Na na na navillera
I’m still just a shy girl
I’m nervous too
Our voices, so full of excitement With all our hearts

Let’s start fresh, you and me
The love I envy, please don’t let me down
I’m going to show you how I’ve been feeling
I won’t wait any longer

I’ve been waiting for this moment
And I’m with you who’ve always kept by my side
I’ll make it come true, like I always do

Wake from the dreams Na na na navillera
Someday, you and I
I hope we can build a future together You’re more than enough for me'



Nah, itulah sedikit review gue tentang makna MV 'Navillera'. Awalnya sih gue agak ragu pas liat teaser pic lagu ini yang mirip sama konsepnya A Pink di lagu apa gitu hehe. Dan lagi nuansana masih mirip dengan konsep sebelumnya 'Me Gustas Tu'. Tapi setelah nonton, MVnya kok beda ya dari teaser pic nya dengan buket buket kembang itu hehe. Overall MV ini bagus kok.

Terima kasih sudah berkunjung! Semoga bisa membantu kamu yang penasaran sama makna di balik lagu dan MV ini. Score 8/10

Mungkin temen-temen ada yang mau nambahin atau mengkoreksi boleh ditulis di kolom komentar ya :) Feel free to share :) Jangan lupa sertakan link and use a good and polite words only. Suka gemes sama yang share artikel dari blog ini tapi kata-katanya sedikit kurang enak hehe. Gomawo and have a nice day! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar