Selasa, 28 Juni 2016

MV REVIEW : Taeyeon - Why

Sesuai tebakan gue kemarin, storyline yang ngegantung di MV 'Starlight' bener-bener terjawab di MV 'Why'. Di MV ini, Taeyeon tampil dengan rambut panjang dikepang dua. Kalo tebakan gue sih, MV 'Why' ini nyeritain alur mundur, yaitu di waktu Taeyeon belum ketemu sama Dean. Setelah nonton 'Starlight' dan 'Why', gue ngerasa SM cukup kreatif karena bisa bikin fans berpikir keras, menulis teori dan pendapat mereka masing-masing di forum, yang akhirnya bikin lagu ini makin naik dan banyak dibicarain dan ujungnya ya bikin lagunya makin terkenal dong hahaha. 



Oke, jadi setelah dibikin pusing buat 'menggali' makna dari kedua MV ini, gue bisa ambil sedikit kesimpulan tentang jalan ceritanya. Jujur gue agak sedikit underestimate karena konsepnya yang seems too similar dengan beberapa MV yang belakangan dirilis, kayak Red Velvet 'Ice Cream Cake', Taemin 'Press Your Number', Jessica 'Fly', bahkan Tiffany 'I Just Wanna Dance', yang sama-sama berlatar di nuansa tropisnya padang pasir. Gue cuma penasaran, apakah ini kebetulan, semacam konspirasi atau karena latar padang pasir emang MV-able banget sehingga bikin artis SM keroyokan syuting MV mereka di sana haha.


Oh ya, buat yang belum baca review 'Starlight' bisa kamu baca di sini :)

Di MV 'Why' ini Taeyeon digambarkan sebagai wanita bebas yang suka berkelana sendirian. Taeng pergi dari satu tempat ke tempat lain dan terlihat menikmati perjalanannya tersebut. Kunci dari MV ini ada di semacam 'tabung' gue gak paham itu benda apaan yang berisi banyak huruf yang bisa dipilih buat menyusun kata. Kalo tebakan gue sih, itu semacam kapsul waktu yang bisa menjawab pertanyaan. Dan Taeng pun menuliskan kata 'Why'.





Banyak banget benda yang nunjukin kalo Taeyeon sedang 'mencari' sesuatu, sebut aja kompas dan teropong. Mungkin maksudnya dia lagi meneropong datangnya jodoh hilal mengingat bentar lagi lebaran, ketika lo bakal dipusingkan dengan banyaknya pertanyaan 'sendirian aja, calonnya mana?' #dasarjomblo #abaikan




Oh ya, pendant birunya Taeyeon masih ada dan dia bawa kemana-mana di MV ini. Jelas dong ya kenapa gue bilang MV ini nyeritain masa-masa pencarian Taeyeon sebelum dia ketemu Dean. Taeyeon juga terlihat bikin semacam 'to do list' pake kata-kata 'simbolis' macam fish, bubble, dog, slide, dan wind di sebuah tembok dan selalu mencoret salah satu kata ketika dia udah ngelakuin sesuatu. Kalo diurutin mungkin artinya begini :




Fish : waktu Taeyeon selesai berenang, yang melambangkan awal pencarian cintanya Taeyeon. 

Dog : waktu Taeyeon ketemu Dean, dog atau anjing bisa berarti 'partner' kan? Jahat banget emang Dean disamain sama anjing hahaha.

Slide : waktu Taeyeon nikmatin masa-masa bersama Dean dan akhirnya ninggalin Dean bersama dengan pendant birunya.



Bubble : waktu Taeyeon main kolam busa, bisa jadi artinya dia mau 'mencuci' atau melepas kenangannya bersama Dean.



Wind : time to letting go, dilihat dari banyaknya kincir angin dan momen waktu Taeyeon ngelepas Dean dan naruh foto-foto mereka di sebuah karangan bunga atau makam/? dan mainin smokebomb warna-warni. Pertanyaannya, apakah Dean meninggal?




Taeng juga berfoto waktu selesai nyoret salah satu list. Foto-foto itulah yang dia taruh di karangan bunga di akhir MV. Secara keseluruhan gue menangkap MV ini sebagai proses pencarian cinta, pertemuan, hingga perpisahan dan berakhir pada proses move on.



Jadi ceritanya, kenapa di MV 'Starlight' Taeyeon seakan ngalamin deja vu dengan ngeliat bayangan-bayangan aneh, itu karena dia udah tau hal yang bakal terjadi waktu dia ketemu Dean. Ekspresi Taeyeon juga berubah waktu Dean nunjukin kata 'Miss Me'. Taeyeon sebenernya udah tau dia bakal berpisah dengan Dean waktu dia nemu kertas bertuliskan 'Miss Me' dalam kapsul waktu yang gue bilang tadi.



Gue juga gatel banget sama apa maksud Taeyeon nyemprotin mustard dan saos tomat ke abang-abang jualan di MV 'Starlight'. Kalo dilihat-lihat lagi, Taeyeon makan lolipop warna kuning waktu ninggalin foto-foto Dean di karangan bunga itu. Di salah satu fotonya juga terlihat Taeyeon berfoto dengan botol mustard. Lolipop kuning itu sama dengan mustard, dan merahnya saos tomat mungkin maksudnya adalah Dean. Taeyeon bingung memilih antara merah atau kuning.





Dan walaupun dia udah tau akhirnya bakal berpisah dengan si merah (Dean), dia tetep nyari Dean dan bersenang-senang bersama karena mereka terikat oleh takdir, yang dilambangkan dengan pendant birunya Taeyeon dan pendant hijaunya Dean. Dan setelah mereka berpisah, Taeyeon akhirnya memutuskan buat memilih si kuning. Pertanyaannya, siapakah si kuning ini? Apakah orang lain? Atau simbol dari kebebasan? Silahkan jawab sendiri haha.


Soal lagu, lagunya enak dan langsung nemplok di kuping pas denger pertama kali. Masih senada dengan lagu-lagu SM sebelumnya yang mengusung musik EDM yang emang lagi heits banget di muka bumi ini. Entahlah, tapi gue sudah agak sedikit lelah dengan musik EDM di tahun ini. Oh ya, lagunya terasa agak akrab di telinga, part 'why why why' nya di kuping gue mirip sama part 'yeah yeah yeah' di lagunya One Direction 'Kiss You'. Ya nggak sih? 

Nah itulah teori atau makna dari MV 'Starlight' dan 'Why' versi gue. Agak belibet memang, salut sama siapapun yang bikin kedua MV ini. Nyambung nggak sih ceritanya? Nyambung lah ya, nyambung deh #maksa.

Overall gue puas dan akan selalu puas dengan setiap projeknya Mbak Taeyeon. Jadi, gimana menurut kamu? 

Score 8/10

12 komentar:

  1. ternyata bubble itu punya makna tersendiri ya, gue kira taeyeon iseng doang. dan kayaknya SM memang lagi jatuh cinta dengan musik EDM sih tapi bagian why why why emang enak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi gue sok tau aja sih sebenernya nulis makna tulisan di tembok itu :p emang enak sih why why nya cuman dari pertama denger udah mirip banget sama Kiss You nya 1D, atau hanya perasaanku saja, ah sepertinya memang begitu :(

      Hapus
  2. Nice review. Kalo gue sih mikirnya jadi ya Taeyeon itu alien dari planet M74 (Pisces) yang dateng ke bumi dan takdirnya ketemu Dean (btw kalung-cincin biru-ijo jadi clue haha). Di Bumi dia ngerasain hal2 Sweet yang mungkin di planetnya (MV Why) ga akan bisa dia dapatkan karena kesepian (kesepian tanpa Dean /masi ada bekyun kok/ /eh udah putus lupak/). Dan mungkin yang scene di Why yang sama kayak Starlight itu memori dia, pas ketemu Dean di bumi :'v terus gue masih gatau itu Dean kenapa meninggal tapi plis Starlight tuh sweet banget :")) sekian gue ngomennya nanti kepanjangan di keroyok satpol pp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang banyak banget sih teori fans tentang MV ini. siapa suruh bikin MV kerennya gak ketulungan xD ya ya bisa jadi sih Taeyeon itu alien, cantiknya gak manusiawi banget huhu :((( btw thanks for commenting, salam kenal dirimu yang disanaaa ;)

      Hapus
  3. Liat kata perdant gue langsung keinget getrich-_- *salpo* btw min thanks akhirnya gue ngerti apa maksud mv taeyeon ini๐Ÿ˜‚ sueer kerennn taeyeon sarangek๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha pecinta getrich banget nih kayanya :D terima kasih sudah mampir ya :)))

      Hapus
  4. Hmm kalau menurut gue malah gak ada hubungannya sama sekali dengan alien-alienan. Gini, ini kan musim panas juga, orang-orang pada sibuk merayakan musim panas dengan rilis lagu, liat aja Calvin Harris sama Rihanna udah duet duluan sebelum musim semi selesai wkwkwk dan itu lagu utk musim panas ceritanya. Vibe-vibe video dan sensasi melankolis musim panas mungkin adalah tujuan video ini. Makanya syutingnya di padang pasir. For note, editor di SM sana jago-jago edit pake Premier, masa langitnya sebiru itu kowakwoakowak... Karena ini vibe-vibe musim panas, Taeyeon di sini mempersembahkan sesuatu beda yaitu lagu melankolis tapi genrenya House. Terus dia ceritanya wanita bebas dan berkelana gitu dan dia bener-bener menikmati hidupnya. Photoable lah pokoknya, anak hitz

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha namanya juga banyak fans nya jadi wajar kalo mereka tertarik dan bikin teori sendiri2. kebetulan momennya juga pas dan bisa dikait2in gitu jadilah teori bahwa Taeyeon adalah alien lol. nah youve got the point, kebetulan ajasih belakangan bnyk yg syuting MV di gurun hehe

      Hapus
  5. min ada satu hal yg bikin saya bingung juga nih,,, di scene taeyeon main ayunan *lupa menit keberapa, ada part yg ngeliatin ayunan yg di dudukin taeyeon kaya nggak ada org yg lagi mainin di atasnya, tapi goyang2 sendiri,,, rada horor sih wkwkw, tapi aye penasaran kira2 maksudnye apa? tapi emang lagunya langsung nempel di kepala, terngiang 2 gitu,,, bagus sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kayaknya nggak ada maksud apa2 deh soalnya kan ayunannya goyang karena bekas dinaikin hehe. makasih ya udah mampir :))

      Hapus
  6. Baru baca review ini dah OMG~ arti lagunya kek gitu? yg pertama gue tangkep pas baca trans lagunya mah tentang move on, gak sampe mendetail kek yg lu tulis xD pencerahan bgt buat gue artikel lu^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muehehe itu analisa abal gue aja sih tapi lumayan relatable kalo dipikir2๐Ÿ˜† btw thanks ya suda mampir di sini๐Ÿ˜

      Hapus