Senin, 16 Mei 2016

MV REVIEW : Jessica - Fly

Holaaa chingu!! Udah pada nonton MV barunya Neng Sica - 'Fly' belum? Gue barusan aja nonton MV nya di Yutup dan ngga nahan pengen cepet-cepet nulis reviewnya. Entah sebuah kebetulan atau emang takdir Tuhan berkata demikian, Tiffany dan Jessica ngerilis MV mereka di waktu berdekatan, sama-sama ngambil setting di California, dan sama-sama pake back-up dancer orang bule semua.



Sebenernya gue nggak pengen bahas MV siapa yang paling bagus, karena keduanya punya konsep dan genre yang beda. Tapi, kalo kalian tanya gue lebih suka yang mana, jujur gue lebih suka MV nya Jessica.

Secara konsep, sebenernya baik Tiffany atau Jessica sama-sama Americanized banget di lagu mereka. Kenapa gue bilang begitu? Mungkin ini salah satu upaya K-Pop buat lebih menggaet lagi pasar Amerika. But so far gue lihat-lihat emang makin banyak grup atau solois yang debut atau comeback dengan konsep ala kebarat-baratan. Oke yuk lanjut ke reviewnya!

Concept

Pertama liat teasernya, gue langsung teringat dengan MV nya Red Velvet 'Ice Cream Cake'. Mungkin karena sama-sama ngambil setting di padang pasir, atau emang tempatnya sama? Gue juga keinget MV nya Jun.K 'What Is Love'. Tapi, setelah gue nonton full MV nya, nampaknya gue salah besar.



 MV ini punya makna yang cukup dalam tentang 'perjuangan' seseorang yang berusaha survive di lingkungan yang keras seperti padang pasir. Oke, ini teori yang gue bikin sendiri, mari disimak bersama hahaha.




Entah kenapa gue ngerasa konsep dan lirik lagu ini mencerminkan posisi Jessica yang udah lepas dari SNSD. Padang pasir itu ngegambarin SM, tempat dia bernaung dulu. Selama di gurun pasir (SM), Sica mau nggak mau harus menyesuaikan dengan cuaca (sistem) di sana. Sica bahkan berusaha menikmatinya dengan tiduran manja di bath tub di tengah gurun pasir, ajaib kan? Setelah merasakan berbagai suasana di padang pasir, Sica punya impian merasakan nuansa di tempat lain, yang dia lihat di sebuah postcard bertuliskan 'Snow Wonderland'.



Sica pun kemudian berusaha buat 'mengejar' mimpinya itu dengan membeli berbagai perlengkapan musim dingin, mulai dari sarung tangan, syal dan sweater. Coba deh bayangin, siapa sih yang bisa terlihat sesenang itu pake baju hangat berlapis-lapis di tengah gurun pasir? Gue sih lebih baik nyemplung ke kolam renang sambil pake kacamata hitam dan jus jeruk di tangan haha.





Tapi, jalan yang mesti dia tempuh buat pergi ke Snow Wonderland itu nggak gampang. Saking ngebetnya, Sica bahkan bikin kereta salju sendiri lengkap dengan boneka penguin dan rusa jadi-jadian.




Dia juga bikin manusia salju dari tanah, sampe naburin es ke udara. Kalo gue bilang, adegan ini cocok banget sama konflik yang dia alamin sebelum akhirnya keluar dari SNSD.





Uniknya lagi, MV ini ngambil set di Savation Montain yang terkenal dengan berbagai tulisan pengakuan dosa pada Tuhan. Mungkin di sini Sica mau bilang, 'ya udah gue yang salah, gue cabut aja deh dari gurun pasir ini, bye'.




Setelah itu, dia masukin bola kaca salju ke dalam kotak pos yang terhubung dengan 'dirinya yang lain'. Inilah Jessica yang baru, yang kini bebas ngelakuin apa yang dia mau, mulai dari memimpikan turunnya salju di padang pasir hingga terbang dengan sayapnya sendiri.




Ditambah lagi view Colorado Desert dan Savation Mountain yang diambil dari berbagai sudut, sampe pake drone segala macem. Liat gurun pasir tapi dengan penyajian kayak gini rasanya malah jadi adem. Scene favorit gue adalah waktu adegan gurun pasir yang perlahan berubah jadi penuh salju, lengkap dengan pohon-pohon yang tinggi. Juga adegan waktu Sica makan marshmallow sambil ngeliatin aurora hijau di atas langit. 





Nah, itulah sedikit teori yang terlintas di kepala gue setelah nonton MV ini. Gue bener-bener salut dengan siapapun yang bikin MV ini. Walaupun sederhana, dia punya makna yang dalam dan entah kebetulan atau nggak, itu pas banget. No offense but i prefer this one than... you know lah ya.

Costume

Gue suka banget sama baju-baju yang dipake Jessica di MV ini. Konsepnya western hippie banget yak, agak mengingatkan dengan 'I' nya Taeyeon. Jessica terlihat sangat menikmati perannya sebagai penyanyi solo di MV ini.



Menang banyak nggak sih? Biasanya dapet jatah on screen beberapa detik doang, sekarang bisa berjaya di sepanjang MV itu rasanya bagai terbang-terbang manja di udara. Sesuai judul emang.

Song

This song is absolutely my type of song. Lagu-lagu chill jam kayak begini ternyata cocok buat suara Jessica yang sengau-sengau manja. Tadinya gue pikir Sica mau debut dengan lagu electro pop yang menghentak, but this song is definitely the perfect choice for her.



Somehow banyak yang bandingin lagu ini sama 'I Just Wanna Dance' nya Tiffany. Mau nggak mau dong ya, soalnya mereka debutnya hampir barengan. tapi kalo gue bilang, karena mereka bawain genre yang beda rasanya nggak adil buat menilai lagu siapa yang lebih baik. Buat orang yang lebih suka genre dance, mereka bakal bilang lagunya Fany lebih enak. Tapi buat orang yang lebih suka lagu slow chill jam kayak Jessica, mereka bakal bilang kalo lagunya Jessica yang lebih bagus. Jadi, gimana menurut kamu?

Lyrics

Ampun Jess, kau berhasil meluluhkan hatiku dengan lirik lagu ini yang begitu aduhai. Sekilasan aja, gue cuma bisa nangkep part 'You're a hero, you can fly'. Pada dasarnya, lagu ini memotivasi siapapun buat percaya sama diri mereka sendiri, dan berdiri di atas kaki sendiri nggak peduli apa yang orang omongin tentang kamu. Liriknya emang pas banget sama kondisi Jessica sekarang. Part rappnya juga gue suka, cuma sekilas tapi 'masuk' ke dalam lagunya dengan porsi yang pas. Coba diresapi kata-kata yang diucapkan Fabolous di lagu ini, nyess!




'Yeah let’s go Jess
You should’ve never doubted yourself
Matter of fact, you should be proud of yourself
Cause you had to find a way, go about it yourself
Nobody gave you direction, had to route it yourself
And you never got lost, losing’s not an option
No time for L’s, no time to fail
Winning like Steph Curry and them, we warriors
Haters wanna see me in a crown, Victoria
But I’m in a Benz, AC on 70
Won’t lose my cool, gotta move cleverly
Chess not checkers, playing it with strategy
Me and Jessica, that’s a win automatically'

Overall gue syukak sekali dengan MV ini. Cukup menginspirasi dan menambah semangat. Gimana menurut kamu?

Score 8,5/10

4 komentar:

  1. Setuju, lirik lagunya inspiratif dan MV super keren
    Ijin share kaka

    BalasHapus
  2. Iya waktu pertama kali denger liriknya aku langsung kepikiran sama jessica yang keluar SNSD wahhh kita sepemikiran yakkk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaah akhirnya ada yg sepemikiran hihi jangan jangan kita jo.... nes😝 salam kenal ya!

      Hapus