Selasa, 26 April 2016

MV REVIEW : TWICE - Cheer Up

Setelah bikin banyak fans SNSD heboh karena teaser mereka dengan konsep cheerleader yang mirip sama konsepnya SNSD 'Oh', TWICE akhirnya ngerilis MV mereka 25 April kemarin. Gue sendiri termasuk excited sama comeback mereka. Jujur gue nggak nemu sama sekali di mana letak kemiripan 'Oh' dan 'Cheer Up'. Netizen kadang emang suka overreact dan lebay banget terlebih soal oplas dan plagiat. 


Lagu ini nyeritain tentang cewek yang lagi pedekatean sama seorang cowok yang super posesif, dan si cewek minta sedikit ruang biar pdkt mereka terasa lebih asik. Nah, pasaran banget kan liriknya, sama sekali nggak cocok sama fans berusia kepala dua kayak gue

Concept


Dibandingkan ‘Like Ooh-Ahh’ gue lebih suka konsep yang ini. MV ini punya storyline yang cukup sederhana, yaitu antara si cowok berkepala kamera dan para member. Si kepala kamera ini ceritanya adalah cowok yang lagi ngedeketin para member gitu. Agak wagu emang, cowoknya satu ceweknya sembilan.

sorry gue lagi sibuk

Awalnya, cewek-cewek ini cuek bebek aja sama kehadiran si cowok. Ngerasa nggak dianggep, si cowok pun kemudian menggunakan lensa kameranya buat ‘mengirim’ mereka ke masa lalu (atau dimensi lain?) dan ngasih mereka ‘pelajaran’. Terlihat dari Nayeon yang awalnya nelpon pake smartphone mendadak berubah jadi pake telepon rumah jaman doeloe.




Lucunya, ke sembilan cewek ini dikirim ke tempat yang berbeda-beda. Nayeon jadi ribet sendiri sama telepon rumahnya sambil lari-lari udah kayak dikejar psikopat gila. Chaeyoung yang tiba-tiba jadi cowgirl di Amerika, Dahyun yang kemudian menjelma jadi selir raja, sampe Momo yang tiba-tiba jadi Lara Croft dengan pistol di tangan.



Tzuyu di sini jadi cewek vintage dengan screen hitam putih. But I have no idea about Jungyeon dia di sini jadi apa, yang jelas dia pake baju kek lingerie gitu sambil keluyuran gabut dalam rumah hahaha. Ini anak mukanya kenapa makin mirip sama Sungjae sih?




Favorit gue adalah scene nya Sana yang tampil ala Sailormoon dengan background super vibrant ala Japanese idol group MV. Dan Mina yang pake seragam sekolah dan background pohon sakura, udah kek iklan Garni*r wkwk. Kalo diliat-liat lagi, cuma Jihyo yang nggak dapet ‘peran’ apa-apa di sini. Dia cuma jadi pemimpin di tim cheerleader. Berasa nggak adil yak karena member lain punya gimik sendiri-sendiri, tapi Jihyo enggak.

Emang sih pemimpin cheerleader juga termasuk peran, tapi semua member nemplok di situ tapi mereka juga punya gimik masing-masing kecuali Jihyo.


Setelah ‘terombang-abing’ di ‘dunia lain’, mereka akhinya menyadari apa yang diinginkan si cowok. Mereka pun berusaha menyemangati si cowok dan ‘kembali’ ke dunia nyata. 



Mereka pun akhirnya kembali, tapi tetap dengan kostum yang mereka pake selama di ‘dunia lain’ tadi, dan kelakuannya juga jadi pada gesrek semua, kecuali Tzuyu yang dateng belakangan. Nayeon jadi paranoid sama telepon, Momo dan Chaeyoung jadi keranjingan main pistol, dan Jihyo yang terus-terusan cheerleading. Si cowok kepala kamera pun cuma bisa garuk-garuk kepala.


Secara konsep gue suka sama MV ini. Dia unik dan bisa dibilang baru. Gaya tansisinya juga keren dan pas banget. Gue suka sama sentuhan Jepang yang dibawa sama Sana dan Mina. FYI mereka berdua emang asal Jepang, plus Momo. Seperti halnya ‘Like Ooh-Ahh’ MV ini berhasil bikin gue happy. Sesuai judul lah ya, ‘Cheer Up’.

Costume


Gue selalu suka dengan konsep JYP yang bikin semua member TWICE pake baju yang beda-beda. Itu bisa bikin karakter mereka sama-sama beda dan kuat. Cuma sekali aja mereka pake baju seragaman yaitu pas lagi cheerleading. Favorit gue bajunya Nayeon, kekinian banget ye baju nampak udel dan celana high waist.


Semua member juga tambah cantik-cantik, kecuali Mina. Bukan apa-apasih tapi kalo gue bilang Mina lebih cocok sama rambut warna gelap ketimbang ginger terang begitu. Just want to say, pendapat orang beda-beda. Salam damai.

Song


Lagunya lumayan enak dan cukup adiktif. Bagus sih pak teknik repetitive tapi sayang jatuhnya malah bikin bosen. Lagunya cenderung flat dan dijamin ngebosenin kalo didengerin terus beulang-ulang. Tbh gue lebih prefer ‘Like Ooh-Ahh’ ketimbang ini.

main pistol-pistolan sama adek yuk bang 
main pistol-pistolan sama adek yuk bang (2)
Artis JYP emang biasanya suka pada heboh di awal-awal debut tapi kesananya jadi biasa aja gitu ya. Sebut aja Wonder Girls, mereka bener-bne meledak dengan ‘Nobody’, tapi makin sini lagunya jadi biasa-biasa aja. Miss A juga, dari semua lagu barunya nggak ada yang bisa ngalahin ‘Good Girl Bad Girl’ dan ‘Goodbye Baby’.

Mungkin masih telalu cepet buat ngenilai kalo lagu TWICE nggak se-hype dulu lagi. Mungkin gara-gara ekspektasi gue dan para fans lain terlalu tinggi.

Lyrics


Seperti gue bilang di awal tadi, liriknya bosenin dan cheesy abis. Gue nggak bakal posting lirik lagunya di sini. Kesannya lirik kayak begitu kayak bukan dari agensi gede gitu ya hahaha. Cuma satu yang mau gue sentil di sini. Kenapa ‘cheer up’ kedengerannya kayak ‘charap’ atau ‘sarap’ gitu ya xD. Mungkin emang mis-pronounce aja sih. Kemarin udah ada ‘open your rice’ nya NCT U, sekarang ada lagi ‘sarap baby’ nya TWICE. Mungkin JYP harus ngelesin mereka Bahasa Inggris biar nggak mis-pronounce lagi.


 Overall, gue puas sama MV nya yang super fun dan unik, tapi biasa aja dengan lagunya dan cukup terhibur dengan ‘sarap baby’ nya yang menggelitik.

Score 8/10

Update : belakangan ada postingan soal makna MV ini yang katanya mereka lagi parodiin film-film lama gitu. Berhubung gue bikin reviewnya fresh from the oven, pas rilis langsung gue tulis, jadi gue nggak masukin bahasan itu di sini. Tulisan ini murni teori gue sendiri, jadi kalo ada yang mau menyanggah, nambahin, or hav anything to say, komen aja ya! Thanks for reading and have a nice day ^^v

11 komentar:

  1. gue malah denger awal2 itu 'chorok baby' :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah loh 'chorok baby' xD emang bener inimah JYP mesti ngelesin anak2 Twice bahasa inggris yaaa xD

      Hapus
  2. konsepnya udah dipake duluan ama AOA di MV Get Out

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi konsepnya bukan PUNYA AOA. :)

      Hapus
  3. utk masalah "ledakan" di awal doank.. kayaknya gak, buktinya 2pm masih berjaya meskipun bisa disebut umur yg "tua" :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga sih, 2pm makin tua makin jadi yak hihi :p

      Hapus
  4. Iya bener gw kira cuma gw yg dengernya sarap beybeh krn gw orang indonesia yg denger lagu AoA good luck aja jadi kolak2,lw gw gak begitu mentingin lagunya girl grup or boy grup lw mrk cakep2 dan cantik2 dan attitudenya baik gw bakalan ngefans 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuuu, muka cakep emang aset penting, ditambah attitude bagus udah deh paket komplit banget idol yang model begini :)

      Hapus
  5. Artis JYPE yang udah "tua" nggak pernah kehilangan popularitas kok. Apalagi 2PM. Emang sih, semenjak skandalnya Nichkhun kemarin dan sempat hiatus lumayan lama, 2PM kehilangan popularitas di Korea. Tapi, kalo kamu Hottest dan ngikutin updateannya mereka, their popularity in Japan is no joke. Sementara 2AM sendiri menurut aku kehilangan popularitasnya karena kayaknya mereka punya preferensi sendiri (Jo Kwon fokus di drama musikal, Seulong kayaknya tertarik banget jadi aktor dan model, Jinwoon lagi seneng-senengnya coba-coba genre musik baru (terutama rock), dan Changmin sibuk banget dengan grup duo Homme-nya). Selain itu, karena mereka diawal dikontrak oleh dua agensi sekaligus (JYPE dan Big Hit), makanya mereka kayaknya agak "kepecah". Wonder Girls mungkin juga bakalan jadi Korean national girl group kalo aja mereka nggak fokus debut di Amerika waktu itu. Sementara Miss A, mereka punya isu soal hubungan antar member, which is really important for them to stand up as a lifelong group.

    Waktu aku pertama kali nonton MV-nya, aku juga mikir, ini Jihyo kenapa nggak ada scenenya sendiri. Tapi, setelah dipikir-pikir, Jihyo tetep dapat lumayan banyak screentime walau pun dia nggak punya skit sendiri kayak member lain, mengingat dia juga dapat part chorus, di mana emang harus ditunjukkin pas mereka semua lagi ngedance.

    Pas kamu bilang popularitas Twice "nggak se-hype dulu", jujur aku agak bingung hehe. Soalnya menurutku justru Twice tambah populer setelah mereka comeback dengan Cheer Up. Harus diakui sih, Twice emang lumayan populer setelah debut, tapi pas kontroversinya Tzuyu kemarin, mereka lumayan terombang-ambing juga dan sering jadi sasaran empuknya haters.

    Masalah pronounce Cheer Up, mereka emang ngikutin pengucapan orang Korea sana, yang nyebut Cheer Up seperti Cheor Up. Jadi, itu bukan murni misspronounce atau gimana. Dan semuanya itu udah dijelasin sama Jihyo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello there! Makasih loh komentarnya panjang banget hihi seneng deh ada yg komen kritis bgini tapi tetep selow dan enak dibacanya😆 nah, apa yg kamu bilang bisa menyanggah apa yg banyak org kurang paham, termasuk aku. Aku sendiri bukan pengamat kpop, hanya sebatas penggemar yg suka curhat😂 Twice sendiri jadi salah satu grup yg aku suka di kpop. Mungkin karena ekspektasiku terlalu tinggi sama mereka, dan pemahaman yg masih kurang makanya banyak yg mengkritik review ini di salah satu fanpage wkwk. Anyway, gomawo udah mammpir dan salam kenal ya!😁

      Hapus
  6. Chorop malah wkwkkww tolil emang

    BalasHapus