Selasa, 01 Maret 2016

Ternyata Naruto dan Harry Potter Punya Banyak Kesamaan Lho!

Siapa tak kenal serial anime populer Naruto dan franchise sukses Harry Potter? Kedua karakter ini sukses merebut perhatian publik dan menyedot banyak penggemar fanatik. Nah, walaupun mengusung cerita yang berbeda antara kehidupan penyihir dan ninja, ditambah lagi keduanya berasal dari dua belahan bumi yang berbeda, ternyata banyak yang merasakan ada persamaan di antara Naruto dan Harry Potter.


Kok bisa sih? Mungkinkah Harry dan Naruto adalah dua saudara yang terpisah seperti banyak diceritakan di sinetron? Hhhmmmm…

Premis / Alur Cerita


Baik Naruto maupun Harry Potter menceritakan tentang seorang anak yang harus menjadi yatim piatu dikarenakan suatu kejadian. Mereka sama-sama tumbuh menjadi anak yang kesepian dan kurang kasih sayang, tapi diam-diam memiliki kekuatan istimewa yang gak dimiliki orang lain.

Jika Harry Potter memiliki bakat tak biasa sebagai penyihir dan bisa selamat dari kutukan mematikan Lord Voldemort secara ajaib saat ia masih bayi, Naruto juga gak kalah hebat karena ia adalah seorang Jinchuriki dengan chakra super yang berbeda dari ninja lainnya. Diceritakan juga perjuangan keduanya untuk menjadi yang terhebat dan melawan musuh-musuh mereka.

Tiga Sekawan


Harry dikenal sebagai satu paket tak terpisahkan dari dua sahabatnya, Ron dan Hermione. Begitu pun Naruto, ia berada di satu tim yang beranggotakan tiga orang bersama Sasuke dan Sakura. Hanya saja, Naruto diceritakan mengalami kesulitan waktu mencoba berteman dengan mereka, sedangkan harry dengan popularitasnya sebagai ‘si anak ajaib’ dapat dengan mudah diterima oleh teman-teman barunya.

Persamaan lainnya adalah dengan adana loveline di antara tiga sekawan. Jika di Harry Potter, Hermione akhirnya menikah dengan Ron. Sedangkan di Naruto, Sakura yang udah tergila-gila sama Sasuke sejak kecil akhirnya berjodoh dengan pujaannya itu. Kisah cinta tak terduga juga datang dari kedua tokoh utamanya. Harry akhirnya berjodoh dengan Ginny, dan Naruto menikah dengan Hinata. Sungguh plot yang bisa dibilang cukup mirip, namun dari segi kisah cintanya, Naruto bisa dibilang lebih rumit ketimbang Harry Potter.

Murid yang Berkhianat dan Menjadi Musuh Utama


Kedua musuh utama dalam Naruto dan Harry Potter adalah seorang murid yang berkhianat. Voldemort dan Orochimaru sama-sama murid di sebuah akademi hingga suatu hari mereka berkhianat dan melarikan diri. Mereka sama-sama terobsesi pada kehidupan abadi dan menghalalkan segala cara biar gak bisa mati selamanya.

Uniknya lagi, baik Voldemort dan Orochimaru sama-sama identik dengan sosok ular. Voldemort punya peliharaan ular yang juga sebuah Horcrux yang menyimpan separuh jiwanya bernama Nagini. Orochimaru sendiri dapat berubah wujud menjadi ular dan juga memiliki seekor ular bernama Manda. Dilihat dari segi fisik, Voldemort dan Orochimaru juga bisa dibilang mirip. Mereka sama-sama berkulit putih super pucat ala cat tembok rumah sakit. Selain itu, mereka juga punya hidung yang sama-sama 'minimalis'. Yang membedakan, jika Voldemort harus puas dengan kepala plontos dan licin, Orochimaru menang banyak dengan rambutnya yang hitam, panjang dan lebat bak iklan shampoo televisi.

Tokoh Hate to Love


Harry Potter memiliki seorang tokoh yang terkesan antagonis di sepanjang serinya, yaitu Profesor Snape. Namun di akhir cerita , justru diungkapkan bahwa Snape adalah pahlawan yang telah mengorbankan seluruh hidupnya dan memiliki peran besar bagi kehidupan si tokoh utama. Snape lah yang selama ini diam-diam menjaga keselamatan Harry dari keganasan Voldemort.
Begitu juga Naruto, diceritakan ada seorang tokoh yang dengan tega membunuh seluruh anggota keluarganya kemudian melarikan diri dari desa. Dia lah Uchiha Itachi, yang tak lain dan tak bukan adalah kakaknya Sasuke. Itachi pun menjadi sosok yang dibenci seluruh penduduk desa dan menimbulkan dendam di hati Sasuke. Namun seiring cerita, Itachi justru menjadi pahlawan karena alasannya membunuh seluruh klan Uchiha adalah untuk menyelamatkan penduduk desa. Sungguh plot twist yang cukup menggelitik bukan?

Organisasi Berbahaya


Baik dalam Harry Potter dan Naruto, sama-sama diceritakan ada organisasi berbahaya dan ditakuti. Di Naruto kelompok tersebut bernama Akatstuki yang doyan banget keluyuran ke sana ke mari dan menebar teror dengan seragam awan merahnya. Di Harry Potter ada Organisasi Pelahap Maut atau istilah lebih kerennya Death Eater, istilah ini adalah sebutan bagi pengikut Voldemort.

Cerita yang Panjangnya seperti Ular Naga


Penggemar Naruto pastinya tahu betul bahwa Naruto memiliki banyak sekali episode, belum termasuk filler yang jumlahnya juga nggak sedikit. Saking panjangnya, saat ini Naruto bahkan diceritakan sudah punya dua anak bernama Boruto dan Himawari. Kisah mereka masih akan terus berlanjut karena masih banyak ‘misteri’ yang belum terpecahkan, di tambah lagi Naruto masih bisa dibilang ‘laku’ dan banyak penggemar.

Begitu juga Harry Potter. Walaupun tak sepanjang episode Naruto, namun kisah Harry dan kawan-kawan berlanjut hingga mereka memiliki anak. Harry dikaruniai tiga orang anak. Kisah harry Potter sendiri sebenernya ‘masih belum tamat’ dengan rencana dirilisnya prekuel Harry Potter menjelang akhir tahun 2016.

Itulah beberapa kesamaan yang dimiliki serial Harry Potter dan Naruto. Keduanya sama-sama sebuah mahakarya yang melegenda bukan? Buat kamu yang ngikutin kisah mereka sejak SMP sampai sekarang mungkin udah mulai kerja sih pasti tau banget gimana rasanya. Masih ada kesamaan lain nggak nih? Ada yang mau nambahin?

1 komentar:

  1. kedua orang tua herry potter dan uzumaki naruto meninggal karna melindungi anak mereka(naruto/herry)

    BalasHapus