Rabu, 09 Maret 2016

MV REVIEW : Lee Hi - Breathe

Get ready Hiheels! Hayi is already back with her new album, Seoulite. Lee Hi baru aja comeback setelah dua tahun hiatus. Artis-artis YG hiatus nya emang suka lama yak, sebut aja Winner yang juga mesti nunggu satu taun lebih buat rilis album baru, 2NE1 yang masih belum jelas nasibnya gimana, dan AKMU yang malah malah mau ditinggal wamil sama Chanhyuk. Apalagi itu tuh, girl group barunya,  entah kapan mau didebutin. Kalo gak delay, ya ditunda. YG stan mah udah biasa ye.
Oh ya, kali ini YG berada di bawah asuhan Tablo di sub label YG, yaitu HIGHGRND. Lee Hi comeback dengan dua MV berjudul Breathe dan Hold My Hand. Dulu Lee Hi selalu konsisten dengan rambut yang diwarnai, entah itu brown atau blonde. Tapi sekarang Hi tampil dengan rambut hitam panjang yang berkibar-kibar di udara kala tertiup angin. Sesekali rambutnya juga dikepang  dua atau dibikin double bun ala anak-anak tumblr. Siapapun yang bikin kedua MV ini, bisa dipastikan dia anak kekinian banget yang menjunjung tinggi prinsip ke-tumblr-an dalam setiap aspek kehidupan. Mulai dari sinematografi, video tone, semuanya serba kekinian.  Oke, kita bahas MV Breathe dulu ya.

Song


Breathe adalah sebuah lagu ballad dengan tempo yang lambat. Kabarnya lagu ini ditulis sama Jonghyun SHINee. Tumbenan banget kan YG bisa collab sama SM? Mungkin YG pengen ‘memperluas’ jangkauan artis-artisnya dengan bekerja sama dengan SM. Tau sendiri lah ya.

Kalo gue bilang lagu ini bukan Hayi banget. Lagu model begini bakal cocok banget kalo dijadiin soundtrack melodrama. Emang sih, karakter suara Hayi gak begitu keluar kalo dia nyanyi genre lagu begini.  Tapi,lagu ini membuktikan kalo Hayi tuh gak cuma jago kandang alias cuma bagus pas nyanyiin tipe lagu tertentu aja. Hayi bisa mengeksplor lagu ini dengan penuh perasaan dan bikin pendengarnya merasakan isi dari lagu tersebut.


Banyak netizen yang kecewa dengan comeback Lee Hi kali ini. Mereka bilang lagu ini gak cocok jadi title track karena lagunya yang ‘gak Hayi banget’. Gue agak setuju sih karena kalo gue bilang lagu lain di album ini macam ’Fxxk Wit Us’ atau ‘World Tour’ bakal lebih meledak seandainya dijadiin title track. Tapi tenang, karena ini baru half album. Mungkin YG pengen intermezzo sejenak dengan merilis MV Breathe. Sebuah intermezzo yang cukup sakti karena lagu ini berhasil jadi all-kill di banyak chart music.

Concept



MV ini konsepnya mirip drama-drama dokumenter pendek gitu ya. Pemerannya banyak, ditampilkan sekilas tapi masing-masing punya ceritanya sendiri. Mungkin MV ini mau mengangkat kerasnya kehidupan di kota Seoul. 



Seoul juga punya wajah lain yang ternyata nggak segemerlap di film dan drama. Banyak orang yang kesulitan dengan hidup mereka, mulai dari pegawai kantoran, supir taksi, kuli angkut, sampe yang masih pusing nyari kerjaan. Sedikit mengingatkan dengan Mv ‘Home’-nya Roy Kim.



Oh ya, banyak gambar di MV ini yang diambil pake drone. Kayaknya sineas jaman sekarang belum sah hukumnya kalo belum pake drone. Mungkin biar penggambarannya lebih jelas, mana Seoul yang megah dan mana Seoul yang di pinggiran.

'wajah' megah kota Seoul

lalu lintas ibu kota

pemukiman padat 
Gue suka sama sinematografinya yang dibikin suram ala-ala dengan tonal pink dan orange yang cukup kenceng di sepanjang MV. Langitnya aja dibikin jadi pink :p



Editing kayak begini ngingetin jaman SMA dulu pas ngedit foto di warnet pake pixlr-o matic :p Ada yang ngeh gak sih, rasio MV ini yang makin lama makin miring gitu/? Mungkin ingin menggambarkan betapa jomblangnya kehidupan ibu kota? Hayi tambah cantik ya? Sekarang pembawaannya lebih kalem dan lebih dewasa. She’s already growing up.

Lyrics


Lagu ini menceritakan tentang keadaan orang yang lagi lelah atau putus asa karena udah bikin kesalahan. Dan Hayi cuma mau nyemangatin dan ngingetin kamu buat istirahat sejenak. Inhale, exhale, and repeat.

‘It’s okay if your breath gets short
No one is blaming you
You can make mistakes from time to time
Everyone else does too
If I tell you it’s alright
I know that it’s only words

When someone sighs
How can I understand
Such deep breaths your sigh
Even though I won’t be able to understand its depth, that’s okay
I will embrace you’



Breathe bisa jadi lagu penenang yang bisa kamu dengerin waktu lagi capek. Emang sih, comeback kali ini nggak sebombastis yang gue harepin. Tapi okelah. Score 7,5/10.

Baca review 'Hold My Hand' di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar