Kamis, 24 Maret 2016

MV REVIEW : Amber (엠버) - Borders

SM lagi gencar-gencarnya nih mengurus projek STATION mereka. SM juga udah terbukti menepati janjinya buat ngerilis lagu baru setiap minggunya. Kali ini giliran Amber buat rilis lagu barunya di minggu ini yang berjudul Borders. Mungkin ini adalah lagu pertama dari SM yang liriknya full English. Kabarnya lagu ini juga ditulis sama Amber sendiri. Tumbenan kan SM ngasih kesempatan artisnya buat nulis lagu mereka sendiri?


Lagu ini nyeritain tentang semangat hidup yang nggak boleh padam walaupun hidup itu susah dan banyak banget rintangannya. Ada 4 orang model di sini, 5 plus Amber. Lagu ini berirama rap ballad dengan sedikit unsur EDM yang meledak di penghujung lagu. Sedikit mengingatkan sama style nya Eminem, tapi okelah. But seriously, she worth the real solo debut with full album.

Concept


MV ini punya konsep yang cukup minimalis dengan low saturation editing dan bumbu special effect yang elegan. Amber digambarkan sedang duduk di dalam sebuah sangkar kotak. Mungkin kotak ini menyimbolkan ‘borders’ atau ‘batas’ yang diceritain di lagu ini. Ada juga model yang diceritain sebagai ibu dan anak—mungkin ngegambarin Amber waktu kecil—dan dua orang lagi yang ceritanya lagi putus asa sama hidup mereka.





Si cewek, suka ngebandingin diri sendiri sama model-model di majalah. Dia ngerasa nggak puas sama badannya—padahal badannya udah langsing begitu—sampe ngerasa depresi dan mutusin bunuh diri.





Gue agak kurang mudeng dengan si cowok. Dia mutusin loncat dari jembatan setelah nerima beberapa lembar surat. Surat pemecatan kah? Atau tagihan hutang?



Si ibu dan anak tampil dalam set warna putih yang bikin kesan bersih dan luas. Kalo gue bilang ini mungkin maksudnya menggambarkan masa kecil yang optimistis ditambah ada seorang ibu di sana yang selalu siap ngejaga dan nasehatin kita.


Bandingkan dengan set nya Amber yang didominasi warna hitam dengan hanya sedikit lighting dari kotak yang gue bilang tadi. Set yang gelap gulita ini menggambarkan saat kita udah dewasa dan mulai ngerasain kerasnya hidup. Kita seakan terkurung di dalam kotak. Tapi di sisi lain kotak itu juga bisa jadi peluang, dilihat dari cahaya yang dipancarkan si kotak.


Inti dari lagu ini adalah biar kita tetap semangat dalam ngejalanin hidup, karena mama bilang jangan takut buat menembus ‘batas’ dan tetap yakin sama diri kita. Di sini Amber tampil hanya dengan T-Shirt dan celana jeans dalam sebuah kotak. Dia juga pake tato di salah satu tangannya yang bikin dia tambah ganteng.

Song


Gue cukup surprise dengan lagu ini karena lagu model begini kalo gue bilang sih bukan SM banget ya, ditambah ngga ada lirik Koreanya sama sekali. Amber englishnya cas cis cus banget ye, walau masih sedikit ‘ngelogat’. Seperti biasa Amber selalu bisa nunjukin skill rapp dia yang juara. Suaranya pas lagi nyanyi juga keren, malah ada satu part waktu Amber nyanyi dengan nada yang tinggi.

Gue juga suka sama aransemen lagu ini yang simpel tapi ‘nendang’, terlebih waktu di penghujung lagu. Musik yang slow tiba-tiba meledak udah macam makan permen golia isi cabe. Dan Amber berhasil ngebuktiin diri sebagai raja ratu di lagu sendiri.


Oh ya, tapi gue agak gagal paham sama maksudnya SM yang nampilin sub / translet inggris padahal lagunya sendiri udah pake bahasa inggris. Kenapa nggak sekalian aja bahasa Jawa atau Sunda ikut ditempelin di situ? :p

Lyrics



Walaupun bernuansa gelap, lagu ini punya lirik yang sangat-sangat mampu memotivasi kita waktu lagi capek atau putus asa sama hidup. Walaupun hidup ini keras dan banyak jatuh bangunnya, inget pesan mama, kalo jajan harus yang bervitamin jangan takut buat melangkah walaupun itu nggak gampang.

Cause mom said
I’d be crossing borders
Never be afraid even
when you’re cornered
Stand up straight, fight your way
Fight your way, fight your way
Through the borders
Through the borders
Through the borders
Fight your way, fight your way

Oke, secara keseluruhan gue suka sama MV ini dan lagunya, khususnya Amber yang udah nulis lagu ini sendiri. Yok tambahin ke playlist kamu yok! Score 8/10.

2 komentar: