Kamis, 03 Maret 2016

9 Isyarat Tangan Ini Punya Makna Berbeda di Luar Negeri

Suka begini gak sih, waktu lagi telponan tangan suka heboh sendiri dengan gerakan seperti memperagakan, menunjuk, dan gerakan tubuh lainnya yang sebenernya tuh ‘gak ada poinnya’? Ya, banyak dari kita yang nggak sadar sudah melakukan berbagai bahasa tubuh waktu kita lagi bicara via telpon. Padahal kan, orang yang kita telpon nggak bisa melihat isyarat tangan kita.

Inilah yang dinamakan bahasa non verbal atau bahasa tubuh. Kita sering menggunakan bahasa tubuh yang menampakkan isyarat tertentu, bahkan tanpa kita sadari, salah satunya adalah menggunakan tangan. Isyarat melingkarkan jari telunjuk dan jempol umumnya diartikan sebagai ‘ya’ atau ‘oke’. Tapi tahukah kamu, ternyata isyarat itu bisa bikin kamu di cap nggak sopan di Negara-negara Amerika Latin, bahkan kamu bisa masuk penjara kalo menunjukkan isyarat ini di Tunisia. Apa aja sih isyarat tangan yang biasa dipakai di seluruh dunia? Lalu apakah sebuah di Negara kita memiliki arti yang sama di Negara lain?

Isyarat OK


Di Amerika, isyarat untuk “OK” atau “bagus” adalah suatu lingkaran yang dibentuk oleh ibu jari dan telunjuk dengan ketiga jari lainnya berdiri, begitu juga di Jerman. Di Paris, isyarat “OK” ala Amerika ini berarti “kamu tidak berharga” bahkan berarti kutukan di beberapa negara di wilayah Arab. Sedangkan di Jepang, Korea dan Filipina isyarat ini berarti “uang”. Di Brazil, Kolumbia dan Amerika Latin isyarat ini dianggap kurang ajar dan menghina. Dan yang paling ekstrim, di Tunisia isyarat ini berati “will kill you!” Beuh serem juga yah.

Gerakan Tangan yang Heboh


Beberapa negara termasuk pengguna isyarat tangan yang aktif, diantaranya orang-orang Perancis, Italia, Spanyol, Meksiko, India dan Arab. Saat berbicara tangan mereka selalu heboh dan seakan nggak bisa diam. Bisa dilihat dari tayangan telenovela atau film Bollywood, gimana ‘ekspresif’nya tangan orang Meksiko atau India pas lagi ngomong.

Berbeda dengan beberapa suku Indian di Bolivia, karena iklim yang dingin, mereka terbiasa meletakkan tangan mereka dibawah syal atau mantel yang tebal, dan karena itu mereka lebih mengandalkan ekpresi wajah dan mata mereka. Jadi budaya isyarat tangan ternyata juga dipengaruhi oleh kondisi geografis.

Menunjuk Diri Sendiri


Untuk menunjuk diri sendiri (“Saya!” atau “Saya?”) seperti juga orang Kenya dan Korea Selatan, orang Indonesia menunjuk dadanya dengan telapak tangan atau telunjuknya, sedangkan orang Jepang menunjuk hidungnya dengan telunjuk. Kalo kamu suka noton film-film Jepang, mungkin sudah nggak asing dengan ekspresi ala Jepang ini.

Jari Membentuk V 

Tau kan isyarat jari membentuk huruf V? Biasanya sih ini jadi gaya andalan yang bakal dilakuin tiap lagi berfoto. Isyarat V itu sebenernya awalnya digunakan oleh Winston Churchill sebagai tanda kemenangan (Victory) pada masa Perang Dunia II, juga sebagai lawan dari salut ala Nazi Hitler. Saat ini, isyarat V itu cenderung dipake sebagai lambang perdamaian 

Menunjukkan Arah Menggunakan Jempol


Isyarat dengan menggunakan jari telunjuk buat menunjukkan arah atau sesuatu dianggap nggak sopan di Indonesia. Orang Indonesia, atau khususnya orang Sunda dan Jawa biasa menggunakan jempolnya untuk menunjukkan sesuatu. Tapi ada pengecualian buat orang Batak, yang biasa menunjuk dengan telunjuk, tanpa ada maksud kasar pada orang yang dihadapinya. Begitu juga orang Betawi, yang nggak jarang menunjuk dengan kata-kata seperti “ke sono nooo!”.

Di Amerika, isyarat jempol ini dipakai sebagai simbol untuk meminta tumpangan alias  nebeng gratis sama kendaraan yang lewat (hitchiking). Namun jangan coba pake isyarat ini di Italia dan Yunani, karena disana isyarat ini dianggap sebagai cabul.

Gerakan Melambaikan Tangan


Isyarat melambaikan tangan yang artinya memanggil, dipakai di Indonesia, Ghana, Pakistan dan beberapa negara di Timur Tengah dan Mediterania. Tapi kalo di Amerika isyarat ini diartikan sebagai salam perpisahan. Jadi jangan heran kalo kalian orang Indonesia, memanggil teman kalian yang orang Amerika dengan melambaikan tangan, dia malah pergi.

Isyarat Jari Tengah

Siapa tak tau isyarat tangan buat melambangkan “f**k you” ini? Isyarat ini di Amerika dipakai sebagai tanda kesal atau marah, atau buat menyinggung perasaan orang lain. Isyarat ini juga dianggap nggak sopan bahkan kurang ajar di Australia. Di Inggris, isyarat yang setara dengan acungan jari tengah di Amerika adalah tanda “V” yang dibalik. Di Indonesia, menempelkan telunjuk dikening dengan posisi miring menunjukkan ejekan seperti “Gila lu!” Sedangkan di Australia, Amerika, Kanada dan Malaysia isyarat yang setara dengan ini adalah dengan memutar-mutarkan telunjuk di samping kepala sebelah kanan,dipelipis atau ditelinga.
  
Thumbs Up


Thumbs up atau acungan jempol adalah simbol tangan yang paling populer. Biasanya simbol ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang bagus atau baik. Mungkin banyak yang belum tahu jika simbol ini awalnya digunakan saat acara pertunjukan gladiator (Roma - Italia) di mana para penonton diberi kewenangan oleh kaisar apakah pejuang gladiator berhak untuk hidup atau mati. Simbol jempol ke atas (Thumb Up) menandakan pejuang boleh hidup (menang). Simbol jempol ke bawah (Thumb Down) menandakan pejuang harus mati (kalah). Ternyata ada kisah yang cukup menyeramkan ya di balik isyarat populer ini.

Tepuk Tangan


Tepuk tangan ternyata bukan isyarat mutlak buat memberi aplaus lho. Di Lhasa, Tibet, orang bertepuk tangan buat mengusir roh jahat (kayak di film Seven Years in Tibet, pas orang-orang Lhasa bertepuk tangan buat ngusir Heinrich Harrer -dibintangi Brad Pitt- orang asing yang dianggap membawa roh jahat).

Ketika jenazah Paus Yohannes Paulus II diusung melewati lapangan Santo Petrus, Vatikan taun 2005 lalu, hadirin justru bertepuk tangan buat menghormati pimpinan Gereja Katolik sedunia tersebut. Kalo menurut kita justru aneh ya, masa orang meninggal dikasih tepuk tangan.

Kebingungan atau kesalahpahaman bisa aja terjadi kalo kita gak menyadari makna kultural yang melekat pada isyarat-isyarat tersebut. Jadi nggak ada salahnya kan jika kita mengetahui perbedaan arti isyarat tangan di beberapa Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar