Senin, 21 Maret 2016

7 Jingle Iklan Ini Pasti Pernah Bikin Kamu Ikutan Nyanyi

Iklan adalah sebuah promosi yang bisa digunakan oleh semua produsen barang atau pun jasa. Dengan membuat iklan, sebuah produk dapat lebih dikenal dan menarik minat masyarakat untuk membelinya. Banyak jenis iklan yang sering kita jumpai di berbagai media massa, mulai dari iklan cetak, iklan di media online, dan yang paling akrab dalam kehidupan sehari-hari, iklan televisi.


Saat ini banyak sekali iklan televisi yang unik dan kreatif. Beberapa iklan bahkan menghadirkan sebuah jingle yang asyik di dengar telinga. Jingle iklan biasanya memiliki lirik yang unik namun mudah diingat. Selain itu melodinya juga sederhana sehingga biasanya dapat dinyanyikan oleh semua orang. Di antara banyak jingle iklan televisi, 7 jingle iklan di bawah pasti pernah membuat kamu ikut bernyanyi saat melihatnya. Iklan apa aja sih?

Mastin (Versi Kabar Gembira)


Iklan suplemen satu ini sempat membuat heboh di tahun 2014 lalu. Liriknya yang atraktif seputar kabar gembira tentang kulit manggis, ditambah model iklannya yang super cantik kontan menarik perhatian pemirsa televisi. Selain menjadi hits dan banyak membuat pemirsanya ikut bernyanyi, iklan Mastin bahkan ramai dijadikan meme di berbagai jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram. Lelucon yang paling sering digunakan dari iklan ini ya lirik ‘kabar gembiranya’  itu. 

Good Day (Versi Bunga-Bunga Cinta Bermekaran)


Produk kopi satu ini memang sudah eksis sejak lama di Indonesia. Tapi iklannya baru-baru ini sukses menjadi hits dan fenomena di kalangan pemirsa televisi. Yang menarik adalah lagu yang dijadikan jingle di iklan itu. Lirik ‘bunga-bunga cinta bermekaran…. Cie, yang terus-terusan kepikiran’ nya itu pun menjadi viral dan dijadikan bahan meme oleh pengguna internet. Selain jingle nya yang unik dan nyentrik, hadirnya rising star Chelsea Islan di iklan ini sudah pasti jadi daya tarik yang tak kalah menggigit.

Oreo (Versi Hiu dan Vampire)


Produk cemilan satu ini adalah produk yang sangat populer dan banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tidak hanya dimakan langsung, Oreo bahkan eksis menghiasi toping berbagai dessert di menu restoran, taburan es krim dan milkshake, serta hiasan di atas kue tart. Kesuksesan Oreo nggak lantas membuat produsennya membuat iklan yang super megah. Iklan Oreo versi ‘Hiu dan Vampire’ ini sangat sederhana, menghadirkan kartun 2 dimensi dengan pesan ‘keindahan berbagi pada sesama’. Yang menarik adalah jingle-nya itu lho. Mengusung melodi sederhana dengan lirik yang ‘agak ngawur’, iklan ini justru berhasil membuat pemirsa hapal dan ikut bernyanyi saat iklan tersebut ditayangkan. Ayo, siapa yang suka tiba-tiba nyanyiin lagu iklan ini tanpa sadar?

Beng Beng (Versi Dingin atau Makan Langsung)


Iklan satu ini langsung jadi trending topic setelah mulai rutin tayang di televisi. Menceritakan pasangan kekasih yang harus berpisah hanya karena beda cara saat menikmati Beng Beng. Jingle iklannya sendiri adalah hasil modifikasi dari lagunya Marcel ‘Peri Cintaku’. Bisa dibilang lagu versi Beng Beng ini lebih terkenal dibandinkan versi aslinya. Ngaku aja deh, kamu pasti sering geli sendiri sambil ikut nyanyi begitu lihat iklat ini.

Mc Donalds (Versi Mana Lagi Selain di McD)


Iklan terbaru McD ini dirilis saat momen perayaan ulang tahun McD di Indonesia yang ke 25. Iklannya sendiri menceritakan tentang nyanyian seorang pelayan McD yang menyebar ke seluruh penjuru Indonesia saat kemasan McD itu dibuka. Liriknya simpel, hanya ‘Mana lagi, mana lagi selain di McD’, tapi lumayan bikin lagu itu terngiang-ngiang di telinga. Iya kan? Begitu lirik ‘mana lagi’ disebut, kita pasti otomatis meneruskannya dengan ‘mana lagi selain di McD’. Jingle ini sebenarnya juga pernah dirilis dan booming di tahun 1990-an. Sungguh jenius orang yang bikin jingle lagu ini, efeknya masih saja awet bahkan setelah lebih dari 20 tahun dirilis.

Em Kapsul (Versi Juwita Bahar)


Datang bulan adalah acara wajib bagi setiap perempuan.Tapi, terkadang si bulan suka bikin kesal karena kedatangannya yang nggak lancar. Produk tradisional pelancar datang bulan ini ternyata punya iklan yang nggak kalah ngehits dibandingkan produk kekinian lainnya. Iklan versi Juwita Bahar ini punya jingle yang lumaya ‘ear catching’ dan sangat ‘relatable’ di kalangan kaum perempuan. ‘Datang bulan nggak lancar, cape deh’ dilanjut ‘Ayo minum Em Kapsul, datang bulan teratur. Hari-hariku jadi ceria’. Pembawaan Juwita yang agak centil itulah yang bikin jingle iklan ini menarik.

Kopiko (Versi Ambil Saja Kopiko)


Siapa tak kenal iklan lawas satu ini? Dari dulu sampai sekarang Kopiko tetap setia sama jingle ini dan hanya melakukan sedikit modifikasi yang mengikuti perkembangan jaman. Coba perhatikan lirik di bawah. Selain berhasil menjadi salah satu produk permen legendaris, jingle lagunya pun tak lekang oleh waktu.
Bila mata ngantuk tapi anda sibuk
Tak sempat ngopi, ambil saja kopiko
Kopi permen kopiko, ambil saja kopiko
Kopi permen kopiko

Hayo, siapa yang baca lirik di atas sambil nyanyi?

Itulah 7 jingle iklan fenomenal yang pasti pernah bikin kamu ikutan nyanyi. Lirik yang unik dan sederhana dengan melodi yang gampang diingat tentu menjadi formula yang ampuh sehingga iklan-ikln tersebut menjadi hits di kalangan pemirsa. Ada yang mau nambahin?

1 komentar: