Rabu, 02 Maret 2016

11 MV K-Pop dengan Plot Twist yang Bikin Melongo

K-Pop music video dikenal dengan konsepnya yang unik dan nggak biasa, khususnya MV yang punya storyline/ jalan cerita. Di antara sekian banyak MV dengan storyline yang unik, ada beberapa yang memiliki plot twist mengejutkan yang nggak terduga.


Ternyata selain mampu menyajikan music yang enak buat didegerin, KPop punya potensi lain dalam membuat sebuah ‘mini drama’ yang mampu bikin penontonnya melongo. MV apa aja sih? Berikut ulasannya.

SHINee – Sherlock


Di MV ini para member SHINee berperan sebagai detektif dengan set bernuansa thriller yang misterius. Mereka kemudian menemukan sebuah amplop berisi peta dan foto yang menuntun mereka untuk menemukan perhiasan yang hilang. Di sela-sela pencarian, mereka menemukan seorang wanita cantik—diperankan oleh Jessica—yang tiba-tiba saja menghilang sesaat setelah terlihat.

Setelah mereka menemukan perhiasan yang dicari-cari, mereka menemukan lembaran koran berisi artikel tentang perempuan paling cantik di dunia, yang ternyata terbit tahun 1910. Jadi Jessica yang mereka lihat tadi adalah?

BIGBANG – Lies


MV lamanya BIGBANG emang paling hobi bikin plot twist yang bikin penontonnya melongo. Di MV ini diceritakan G-Dragon yang ditangkap polisi setelah dia menelepon pacarnya. G-Dragon dituduh melakukan pembunuhan.

Alih-alih nolongin, sang pacar malah lari ke apartemennya. Di sana dia terkenang sama mantan pacarnya dulu yang kasar dan suka main tangan. Ternyata eh ternyata, si cewek ini lah yang ngebunuh mantan pacarnya pake pot kembang, dugaan yang saat ini dituduhkan ke GD. Kesimpulannya, GD berusaha nyelamatin si cewek dengan bikin pengakuan kalo dia adalah pembunuh.

VIXX – Error


MV ini berlatar waktu di masa depan. Mengisahkan cinta terlarang antara Hongbin dan Youngji KARA. Sayangnya Youngji udah meninggal, tapi Hongbin berusaha buat ‘menghidupkan kembali’ Youngji dengan membuat sebuah robot yang mirip banget dengan Youngji, lalu memasukkan memori mereka ke dalamnya. Tapi ternyata, rencana Hongbin ketauan sama agen pemerintah. Hongbin memutuskan lari membawa pacar robotnya buat bersembunyi.

Kemudian diceritakan mereka berbaring bersama, dan ternyata, selama ini Hongbin pun adalah seorang robot!

EXID – Ah Yeah


Mungkin sebagian penonton MV ini bakal berpikiran jorok waktu menontonnya buat pertama kali. Gimana nggak, para gadis ini menari dengan gerakan menantang dengan bagian tubuh yang kena sensor. MV terus berlanjut hingga akhirnya sensor itu dihilangkan. Apa yang disembunyikan dibalik sensor? Ternyata eh ternyata hanyalah kartun anak anjing, beruang, dan kucing.

BIGBANG – Haru Haru


MV ini bener-bener punya storyline yang mirip FTV. Gimana nggak, diceritakan G-Dragon harus berantem sama TOP karena salah paham. GD mengira pavcarnya (Park Min Young) selingkuh sama temennya sendiri.

Tapi kemudian Taeyang ngasih tau GD kalo Min Young masuk rumah sakit buat di operasi. Ternyata selama ini Min Young dan Top ‘bersekongkol’ untuk sama-sama ‘menyakiti’ GD, tau aja tiba2 Min Young meninggal, jadi GD gak bakal terlalu sedih nantinya. Dan bener aja, Min Young pun meninggal waktu dioperasi. Yaelah~

Akdong Musician – 200%


Ini bener-bener MV dengan plot twist paling konyol yang pernah gue lihat. Di menit-menit awal diceritakan Suhyun yang lagi ngecengin Nam Joo Hyuk dengan kelakuan anehnya. Mereka pun kemudian deket dan diceritakan seolah mulai pacaran dengan menghabiskan waktu mereka bersama.

Eh tiba-tiba muncul seorang cewek dengan seragam sekolah yang berbeda. Ternyata eh ternyata, selama ini Suhyun cuma ngintilin mereka pacaran ke sana kemari, mulai dari beli es krim bareng sampe jalan jalan di pinggir pantai, bagaikan kambing congek tapi demi cinta yang membara akupun rela! Kesian amat deh Suhyun!!

B.A.P – One Shot


Para member B.A.P diceritakan adalah anggota geng yang hobi foya foya dan buang buang duit. Suatu hari, salah satu member mereka, Youngjae, diculik sama orang yang misterius. Si penculik minta tebusan 10 juta dolar sama geng B.A.P. 

Gak terima anggota mereka diculik, geng B.A.P pun merencanakan sebuah strategi buat mengambil kembali Youngjae. Usaha mereka gagal karena usut punya usut, Youngjae adalah agen rahasia kepolisian yang punya misi buat menangkap mereka semua. Youngjae menyamar jadi anggota geng cuma buat menangkap semua anggota geng dan masukin mereka semua ke penjara. Sungguh sebuah plot twist yang sangat menggelitik.

K.Will – Please Don’t


Bicara MV dengan plot twist terbaik rasanya gak lengkap kalo gak menyebut MV ini. Gue sendiri ketipu abis-abisan waktu liat endingnya. Cerita MV ini seakan-akan Seo In Guk yang lagi galau berat karena cewek yang dia suka, Dasom, bakal menikah sama cowok lain yaitu Ahn Jae Hyun. Tapi di ending, terungkap bahwa orang yang dia harapkan selama ini bukanlah Dasom, melainkan Ahn Jae Hyun. Semacam plot twist yang lumayan bikin merinding.

Winner – I’m Young


Performance solo Taehyun di MV ini nggak cuma bikin fans terkesan dengan vokalnya yang lembut dan aduhai, tapi juga storyline super absurd yang bikin geleng-geleng kepala. Gue pernah nulis reviewnya di sini. Masih belum terpecahkan apa alasan si cewek mutusin Taehyun dan memilih cowok lain, bahkan udah mau punya bayi sama si cowok baru. Apakah benar karena rambut stupid nya Taehyun? Atau dia hanya pura-pura biar Taehyun gak ketahuan lagi ngumpet di lemari dengan berakting seolah lagi hamil? Silahkan membuat keputusan sendiri.

BTS – I Need U, Prologue, Run


Tiga MV ini semacam drama bersambung dengan cerita yang lumayan bikin sakit kepala. MV I Need U seaakan menceritakan bahwa semua member akhirnya mati. Di Prologue, diceritakan hanya Jin satu-satunya yang masih hidup dan member yang lain hanya tinggal kenangan. Lalu di Run, digambarkan bagaimana semua member berusaha buat survive dalam I Need U. Namun plot pun berbalik dengan terungkapnya Jin sebagai matu-satunya member yang mati dalam cerita. Ah sudahlah, silahkan bikin teori sendiri buat ketiga MV absurd ini.

The Ark – The Light


MV ini menceritakan tentang sepasang ibu dan anaknya yang masih SMA. Halla hanya tinggal berdua dengan ibunya. Suatu hari Halla merengek minta dibelikan tas baru, tapi ibunya belum mau beliin karena ngerasa tas Halla yang lama masih bagus.

Suatu hari Halla pergi berdarmawisata dengan teman-teman sekolahnya menaiki sebuah bus. Namun tiba-tiba cerita terhenti waktu mamanya Halla liat tayangan di TV. Cerita pun kemudian berlanjut. Sang mama digambarkan lagi sibuk dengan morning routine-nya mulai dari nyiapin sarapan sampe bersih-bersih. Ia digambarkan lagi mau pergi ke suatu tempat. 

Ternyata eh ternyata, Halla udah meninggal karena kecelakaan waktu dia darmawisata. Dan sekarang mamanya hanya bisa menangis campur sesal karena baru bisa beliin tas yang diinginkan Halla. Dia bahkan ngebawain susu botol favorit Halla buat ‘oleh oleh’. Sungguh sebuah plot twist yang bikin kaget dan sukses bikin gue berurai air mata.

Sebelas MV di atas punya plot twist yang cukup bikin kaget dan geleng-geleng kepala.Mungkin masih banyak MV lain yang punya plot twist gak kalah mencengangkan dari sebelas MV di atas? Ada yang mau nambahin?


4 komentar:

  1. INFINITE, T-ara jg pake konsep story MV nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenenrnya masih banyak yang belum dimasukin nih. Nanti saya tambahin ke daftar deh ^^

      Hapus
  2. FT Island Severely jg endingnya oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, saya belum pernah nonton sih, ntar saya tambahin ya :)

      Hapus