Sabtu, 20 Februari 2016

Review Film Grandma (2015) : Petualangan Gila Nenek Gaul dan Cucunya

Pepatah tua-tua keladi makin tua makin jadi nampaknya bukan hanya sekedar mitos. Banyak banget kakek nenek gaul bermunculan dan bikin heboh netizen, mulai nenek-nenekyang jadi selebgram sampe kakek-kakek yang jadi supermodel. Karakter orang tua yang nyentrik dan gaul abis itu diangkat dalam sebuah film berjudul ‘Grandma’. Sang nenek yang jadi tokoh utama di film ini jauh dari image orang tua kebanyakan yang rata-rata konservatif, hanya diam di rumah, dan sesekali main sama cucu. Nenek garang bernama Elle (Lily Tomlin) ini hobi banget maki-maki orang dengan kata-katanya yang setajam silet, pake baju ala anak kekinian dan bahkan punya pacar. Yang bikin ceritanya tambah absurd, ternyata pacarnya adalah perempuan juga.


Sinopsis. Suatu hari Elle dikagetkan dengan kehadiran cucunya, Sage (Julia Garner)—yang tumben banget—datang menemuinya, dalam keadaan hamil pula. Sage mengadu karena telah dihamili pacarnya yang sekarang nggak jelas di mana populasinya. Sage berencana buat menggugurkan bayinya tapi gak punya cukup uang. Ibu Sage sendiri sebenernya cukup mapan dan sanggup memberi uang pada Sage. Tapi keaadan waktu itu gak memungkinkan Sage minta uang pada ibunya.


Elle sendiri saat itu hanya punya sedikit uang, ditambah lagi galau berat karena lagi cekcok sama pacarnya, Olivia (Judy Greer). Usut punya usut, Elle masih belum bisa move on dari pacarnya yang udah meninggal—yap betul, mantannya yang dulu cewek juga—Elle pun mengajak Sage buat nyari pinjeman buat biaya menggugurkan si jabang bayi dengan mencari sang  pacar dan memerasnya. Mengendarai mobil yang gak kalah udzur dari Elle, mereka pun larut dalam petualangan gila dan absurd dalam upaya mencari tempat aborsi yang murah dan aman.


Film ini berhasil membuat gue melongo di sepanjang film karena  kelakuan gila si nenek nyentrik ini. Dia dengan entengnya mengucapkan segala kata-kata kasar yang pernah tercatat  dalam sejarah tanpa tedeng aling-aling. Dia bahkan berhasil bikin huru-hara di sebuah kedai kopi sampe berantem sama pemiliknya. Tapi dibalik tingkahnya yang kasar dan urakan, Elle punya hati yang tulus dan peduli. Dia berani maju tak gentar buat memperjuangkan nasib sang cucu. Itulah yang mungkin jadi alasan Sage lebih bisa mengandalkan neneknya ketimbang sang ibu.


Banyaknya tokoh yang terlibat dengan segala misterinya, mengalir dengan rapi tanpa bikin penonton capek dengan hanya menebak-nebak gimana lanjutan ceritanya. Banyak clue tersebar disana sini, tapi gak lantas bikin twist nya jadi murahan. Banyak adegan yang berhasil bikin gue ketawa, terutama sih waktu si nenek marah-marah gak karuan, bikin pengen nimpuk dia pakek sandal jepit gak sih? Tokoh Elle berhasil bikin gue gemes sekaligus simpati sama kisah hidupnya. Di balik penampilannya yang keras dan sangar, Elle ternyata memiliki hati yang lembut dan kadang merasakan kesepian. Sosok seorang nenek sebenernya selalu sama, peduli dan sayang sama cucunya.


'Grandma' adalah drama dengan humor dosis tinggi yang uniknya gak bikin overdosis. Semuanya dikemas secara pas dengan makian dan umpatan si nenek gaul super badass yang bikin gemes. Recommended. Score 8,5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar