Rabu, 03 Februari 2016

MV REVIEW : Taeyeon (태연) - Rain

Get ready Sone, Taeyeon is back with her new MV, ‘Rain’. Oke, mungkin ini bukan comeback ‘aslinya’ Taeyeon. Lagu ini adalah project pertama dari sistem perilisan barunya SM yaitu ‘Station’.
 SM bakal rutin ngerilis lagu baru tiap minggunya, dan lagu ini adalah lagu pertama yang dirilis oleh Station. Selain ‘Rain’, Taeyeon juga hadir dengan single berjudul Secret’. So lets go on with ‘Rain’ review first!

Concept


Jangan kaget kalo genre lagu ini agak sedikit melipir dari MV sebelumnya ‘I’, karena seperti gue bilang, ini bukan comeback ‘aslinya’ Taeyeon. Jika ‘I’ hadir dengan musik acoustic-EDM dan konsep hippie dan countryside life di New Zealand sana, di MV ini Taeyeon tampil dengan genre-jazzy-soul bertempo sedang. Jujur pas pertama denger yang bisa gue tangkep cuma line ‘in the rain’ nya aja.  But seriously, I prefer this one than ‘I’. Suara Taeyeon terdengar lebih megah di lagu ini. Konsep ini gue bilang lebih cocok buat Taeyeon ketimbang ‘I’ yang mendadak EDM, yang kalo gue bilang sih cuma ngikut-ngikutin arus doang.


Sebenernya konsep gadis-gadis galau lagi merenung sendirian di sebuah rumah kosong bisa dibilang udah banyak banget dipake sama penyanyi lain, sebut aja Juniel, Baek Yerin, Luna dan Jiyeon. Tapi dekorasi rumah yang unik *mirip rumah-rumah peramal atau penyihir  kayak di tivi tivi :p* bikin MV ini tetep enjoyable to watch on repeat.


Taeyeon tampil dengan rambut pendek berwarna dark silver. Taeyeon ceritanya lagi mengenang sang mantan yang dia harap bisa jadi milik dia lagi. Taeyeon mondar-mandir dari satu spot ke spot lain dengan kelakuan gabut khas video klip galau, mulai mainin fish ball aquarium, terus ditaburin semacam glitter gitu ke aquariumnya, mainin pot taneman, dan kelakuan gabut lainnya yang kalo gue bilang kurang kerjaan banget :p Lah orang cantik mah bebas ya, mau ngapain juga tetep cantik.




Bisa dilihat ada sebuah buku kayak buku diary gitu di dalam aquarium. Bukunya direndem pake air biar apa eonni? Taeyeon kemudia menaburkan glitter ke dalamnya, yang bikin bukunya ikut terendam. Kalo gue bilang ini menggambarkan berbagai kenangan Taeyeon dalam diary itu yang walaupun selalu bikin dia nangis (dianalogikan dengan air), namun kenangan itulah yang bikin hidupnya jadi berwarna (dianalogikan dengan taburan glitter). 


Set berpindah ke sebuah hall dengan standing mic buat Taeyeon nyanyi. Di sana ada semacam water splash gitu menari-nari di udara. Duh hujan aja dibikin cantik nih. Screen dibikin hitam putih, mungkin menggambarkan kekosongan hati Taeyeon pasca berpisah dengan sang kekasih.
Rumah itupun banjir dengan air. Kegalauan Taeyeon memuncak saat scene yang tadinya berwarna berubah menjadi hitam putih. Mungkin menganalogikan kehampaan hatinya karena sekarang kisah cintanya hanya tinggal kenangan/? Kemudian Taeyeon menjatuhkan diarynya (yang tadi udah dia rendemin dalem aquarium) ke dalam air, dan voila! Scene perlahan berubah menjadi kembali berwarna.
Menurut gue ini maksudnya, walaupun banyak kenangan menyakitkan bersama sang mantan (yang tertulis dalam diary itu), tapi kenangan itu tetap membuat hidupnya lebih berwarna, bahkan di saat ia menangis mengenang sang mantan yang saat ini udah gak jelas dimana populasinya :p Air banjir yang tadinya berwarna pun berubah jadi cantik bertaburkan glitter. Emang ajaib air banjir aja dibikin cantik.
Dan cantiknya Taeyeon, rumah banjir pun masih bisa duduk manja di sofa sambil rendeman kaki. Kesimpulannya, MV ini adalah tutorial gimana caranya kalo mau galau tapi tetep cantik. Oke, mungkin bisa kalian praktekkan di rumah.
iki maksude opo yo?
Feeling blue, I opened the glass window
Rain drops fall onto my hands
The longing starts to well up and flow in my heart
Tears rise up
Inside my rising heart
I look at you that starts pouring out
Then I freeze in the times that are so clear, as I am wet with the memories
Then I draw out the beautiful you in the rain”



Set kemudian berpindah lagi ke rumah penyihir  yang tadi gue bilang. Tiba-tiba perabotan perlahan berubah jadi kayak air dan melayang-layang di udara dan perlahan mulai membasahi lantai. Tuh apa gue bilang, itu rumah emang rumah penyihir :p












Song


Lagunya sumpah nagih banget. Taeyeon gak perlu high notes dan apalah itu buat menampilkan suara angelic nya. Gue suka sama suara-suara air di lagu ini, ngeblend banget sama suara Taeyeon yang jernih, sejernih minyak goreng yang bisa diminum :p Gak heran MV ini nyaris menyentuh angka satu juta viewers cuma dalam waktu 19 jam pasca rilis. Good job Taeyeon. Can’t wait for her live performance on stage!

Lyrics

Konsep MV ini bener-bener mewakili lirik lagunya. Tapi kalo gue bilang MV ini lebih sukses ngebentuk image dia sebagai penyanyi solo ketimbang ‘I’ yang cenderung hanya menampilkan sisi cantiknya Taeyeon.  Emang sih, gak ada yang baru dengan lirik lagu kayak gini, galau saat hujan dan tetiba ingat mantan. Tapi penampilan Taeyeon di lagu ini bener-bener spesial.

“The empty gray streets, it’s so empty
I miss you for some reason tonight
When it rains, the memories fall down and the pain spreads
Overall gue sukaaak banget sama MV ini. Concept, costume, song, editing, semuanya spesial pake telor. Paket double combo deh, memanjakan mata dan telinga. Score 9/10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar