Kamis, 25 Februari 2016

MV REVIEW : Taemin - Press Your Number

Sepertinya SM lagi keranjingan bikinin debut solo buat artis-artisnya ya chingu. Keroyokan banget lagi rilisnya. Setelah Taeyeon, Ryeowook, sekarang giliran Taemin yang dibikinin project solo. Buat kamu yang udah ngikutin jejak SHINee sejak mereka debut, mungkin agak kaget ya dengan perubahan Taemin sekarang. Dia berhasi bikin transformasi boy to men yang.. ehem.. cakep juga yak.

Dari jaman rambut panjang sampe sekarang bertransformasi jadi bad boy yang doyan ngerampokin mini market. Kalo gue bilang masih kurang jos ya, kenapa gak sekalian rampok bank aja biar duitnya banyak?
Oh ya, SM juga sepertinya sekarang doyan banget bikin MV yang bener-bener ‘niat’. Jujur dulu gue lebih suka MV racikan JYP ketimbang SM yang selalu anteng dengan boxes MV yang jatuhnya malah bosenin. Tapi itu dulu, sekarang tidak. SM yang sekarang selalu berhasil biking gue terpukau dengan MV buatan mereka. MV ini punya storyline yang super absurd dan butuh keahlian khusus buat mengartikannya. 

Sumpah gue bingung bukan kepalang waktu pertama kali nonton MV ini. Jadilah gue nonton bolak balik biar bisa mudeng sama ceritanya. Dan ini pertama kalinya gue nulis review MV dengan jumlah screenshoot lebih dari tiga puluh, saking ribetnya bok. 

Storyline

MV ini adalah MV produksi SM paling menyesatkan yang pernah gue tonton. SHINee boleh tampil gila di MV mereka ‘View’, tapi ini lebih gila lagi. Gue butuh seenggaknya 4 kali nonton sampe bisa ngerti sama ceritanya. Niat banget gak sih? SM bahkan langsung mengutus seorang Bruno Mars buat menulis lagu ini untuk Taemin. Taemin sendiri kabarnya punya peran menulis lirik di lagu ini.

MV ini terlihat so Americanized banget ya bok, mulai dari latar tempat, cast yang isinya bule semua, kostum, sampe sinematografi yang kalo gue bilang hawa-hawanya sih ke-tumblr-an banget yak. Terlebih Taemin dengan warna kulit agak sedikit gelap, rambut blonde dan mata biru. Udeh lu jadi bule aje sono Min.

Oke kita bahas storyline nya dulu. Harap dibaca dengan sabar dan teliti karena postingan ini akan sangat sangat panjang dengan screenshoot yang amat banyak :p


Digambarkan Taemin lagi megang sekuntum mawar merah biru dengan dua bayangan dirinya di sisi berbeda. Ini menggambarkan ada dua Taemin di MV ini yang sifat atau perannya berlawanan. Set berpindah sekilas ke sebuah adegan mobil yang kayaknya baru aja nabrak pohon.

Cerita di buat mundur sebelum mobil itu nabrak pohon. Mobil itu isinya Taemin dan temen-temen bulenya yang lagi siap-siap mau ngerampok sebuah Alfamart minimarket. Berbekal sebuah pistol, Taemin pun berhasil merampok sang kasir yang tak berdaya dan membawa lari uang itu sama temen-temen bulenya.



Set berpindah lagi ke sebuah rumah, temen-temen Taemin lagi pada pesta di situ dari hasil ngerampok barusan. Awalnya gue pikir Taemin ditinggal pergi temennya pas kecelakaan itu dan mereka lari bawa kabur uang hasil ngerampok Taemin.




Tapi ternyata Taemin masih ada kok di sana. Hanya saja ada setangkai mawar biru yang mampang di situ sebelum diceritakan bahwa Taemin masih ada sama teman-temannya. Nah, ini dia kunci dari semua keabsur-an MV ini, mawar biru. Tiap mawar biru itu muncul, pasti bakal ada kejadian aneh yang bikin Barbie sakit kepala.




Gue jadi keinget sama film ‘Daisy’. Film ini menceritakan seorang pembunuh bayaran yang akan menerima ‘tugas’ dengan isyarat paket bunga warna hitam. Setiap dia menerima paket bunga itu, itu artinya ada ‘tugas baru’ yang harus dia kerjain, yaitu membunuh seseorang. Begitupun dengan Taemin. Taemin ini punya dua kepribadian dalam dirinya, satu baik dan satunya jahat. Tiap kali dia nemuin mawar biru itu, kepribadian jahatnya bakal muncul dan ngalahin sisi lain dirinya yang baik. Untung jahatnya cuma sebates ngerampok minimarket ya, gak sampe bakarin rumah tetangga terus selfie dan di upload di Instagram.


Coba deh urutin alur ceritanya. Taemin kemudian digambarkan menerima telepon dari seseorang, dia kemudian pergi buat menemui seseoraang dan ternyata ada si cewek kasir yang dia rampok barusan, dengan badan terikat dan mulut ditutup lakban.




Tapi Taemin gak mau nolongin cewek itu, dia cuma naro mawar biru di samping si cewek, yang artinya dia udah kehilangan sisi baik dalam dirinya.


Ceritanya kemudian loncat lagi ke lokasi tabrakan tadi. Di sana Taemin disekap dalam bagasi mobil dengan banyak banget mawar biru. Taemin berhasil meloloskan diri tapi gak ada satu orang pun di sana. Lantas, siapakah yang udah ‘menculik’ dan ‘membuang’ Taemin di sana?


Emang gila nih sutradaranya, ceritanya loncat lagi ke adegan Taemin lagi lari-lari cantik sama temen-temen bulenya karena dikejar polisi. Temen-temennya kena tangkap semua tapi Taemin berhasil menyelamatkan diri. Egois banget emang, dia kabur sendirian sementara temen-temennya ditangkap polisi.






Di tengah pelarian, lagi-lagi Taemin menemukan setangkai mawar biru. Awalnya dia pungut itu mawar, tapi akhirnya dia tinggalin. Kalo gue bilang itu maksudnya Taemin udah kapok jadi orang jahat.



Eh tapi Temin belom sepenuhnya tobat, dia ketemu sama seseorang. Mereka kemudian melakukan ‘transaksi’ atas koper itu. Taemin pun pergi bersama kopernya ke antah berantah mengendari mobilnya.



Malamnya, Taemin pun membuka koper itu. Dan apa isinya? Lagi-lagi mawar biru bok! Ajaibnya, mawar itu kemudian tiba-tiba memberikan ‘hidayah’kepada Taemin. Tiba-tiba dia terbayang semua kejadian yang udah dia alami sebagai orang jahat.





Dan semua ‘korban’ termasuk si cewek kasir itu adalah dirinya sendiri, atau lebih tepatnya sisi baik dirinya. Selama ini, sisi baik Taemin seakan ‘terpenjara’ dan Taemin sendiri lah yang berusaha ‘membunuh’ sisi baik dirinya.




Hail itu disimbolkan dengan Taemin yang ditinggal sendiri setelah kecelakaan, itu adalah sisi baiknya Taemin yang berusaha dibunuh oleh sisi jahatnya. Coba deh liat, selanjutnya di situ makin jelas karena ada dua Taemin di sana. Taemin 1 sebagai penculik (sisi jahat) dan Taemin 2 sebagai korbannya (sisi baik).



Taemin pun merasa udah gak sanggup lagi sama dirinya sendiri. Tapi sebelumnya digambarkan dia memutuskan buat membuang sisi jahat dirinya dengan adegan melepas baju terus bajunya dibuang ke tanah. Tapi, akhirnya Taemin lebih milih buat ‘bunuh diri’ dengan membakar mobil dan dirinya sendiri.






Tapi sebelum kejadian, keburu tamat duluan nih MV nya. Mungkin ceritanya bakal bersambung di MV yang lain? 

Duh agak belibet emang, semoga bisa dimengerti ya. Gue sendiri bingung ini MV maksudnya apa hahaha. Ini teori gue sendiri loh ya, kalo kalian punya teori lain bisa tulis di komentar :D
 

Concept, Song & Lyrics

Taeminnya lagi sakit pinggang
Lagunya enak tapi gak ada nuansa-nuansa KPopnya gitu ya? Semuanya taste too Americanized banget mulai dari konsep, MV, sampe kostum. Terus style MV yang dibikin kayak film pendek itu juga bagus sih dan keliatan ‘niat dan modal’ banget. Cuma liriknya aja yang masih berasa Korea hahaha.

dancersnya bule semua
Bagus sih ya KPop sekarang ada perkembangan, tapi bukan berarti harus ‘melupakan’ jati diri sendiri. Gue suka sih sama penampilan Taemin yang serba casual ala-ala American kid dengan rambut blonde dan mata biru. Ditambah jeans sobek-sobek dan kaos oblong. Beda banget sama jaman-jaman dulu waktu mereka hobi pake baju serba bling-bling :p Keren sih,tapi kesannya agak ‘maksa’. Maap map loh. Serius ini keren, tapi mungkin alangkah lebih baik lagi kalo unsur ‘Koreanya’ agak dibanyakin. Mau keren gak usah ngikut-ngikut Amerika kok.

Soal lirik, lagu ini nyeritain kegalauan seorang cowok setelah putus sama pacarnya. dia minta sama pacarnya biar bisa 'press my number' alias ngehubungin dia lagi


Press your number again
Answer me
Even if you left now, it’s only for a moment
That’s how I feel, let me listen again
Whisper in my ear once again


I always thought break ups were easy
But why isn’t it easy with you?
When did this become so deep?
Oh girl there’s something about you

Terus apa hubungannya  sama storyline super absurd ini? Mungkin karena Taemin jadi depresi karena diputusin jadi kelakuannya kayak begitu? Ah simpulkan sendiri lah ya :p

Score 9/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar