Kamis, 18 Februari 2016

Deretan Grup Gagal yang Didebutkan SM, YG dan JYP

Dunia hiburan Korea terkenal dengan persaingannya yang sengit. Setiap bulan ada saja rookie group yang memulai debutnya, terlebih saat ini banyak rookie group dengan member yang rata-rata masih sangat muda. Hal itu tentu saja menjadi ancaman tak terbantahkan bagi group-group senior yang telah lebih dulu populer.

Bicara mengenai dunia K-Pop, pasti tidak lepas dari banyaknya agensi hiburan yang menaungi para artis yang kita kenal saat ini. Saat ini dikenal ada tiga agensi raksasa di Korea, yaitu YG, SM dan JYP. Setiap agensi memiliki karakter yang membedakan satu samalain, baik kelebihan maupun kekurangannya.

Namun tahukah kamu, sebelum menjadi besar dan sukses seperti saat ini, ketiga agensi tersebut memulai segalanya dari nol, bahkan sempat mengalami kegagalan termasuk perihal artis-artis asuhan mereka. Walaupun group-group tersebut  sangat berbakat, mungkin saat itu peruntungan agensi mereka masih belum secemerlang saat ini. Berikut adalah daftar group gagal yang pernah didebutkan oleh tiga agensi raksasa, YG, SM dan JYP.

SWI.T


Ini adalah salah satu bentuk kegagalan YG Ent yang langka. Terdiri dari Lee Eun Ju, Ahn Nai Young dan Sung Mi Hyun, mereka menjadi girlband pertama YG Ent bernama Swi. T (Songs Will Tell). Meskipun mereka tak meraih popularitas, Eun Ju menjadi pembicaraan 5 tahun pasca mereka bubar lantaran dirinya berkencan dengan CEO YG Ent, Yang Hyun Suk selama 9 tahun dan menikah pada 2010.

BLACK BEAT


Black Beat adalah salah satu kasus yang sangat menarik karena boyband dengan 5 member ini sangat berbakat namun mereka justru tak pernah meraih kesuksesan. Mayoritas member mereka  masih tetap aktif berkiprah hingga saat ini, baik di industri entertainment Korea maupun di agensi mereka, SM Entertainment. Sebut saja Jang Jin Young yang menjadi pelatih vokal dan Shim Jae Won yang menjadi salah satu koreografer dance populer Hallyu.

CSJH / THE GRACE


Mungkin girlband ini bisa diberi nama The Grace saja, namun semua tak berarti lantaran CSJH The Grace menjadi salah satu bukti kesia-siaan lain yang dilakukan SM Ent. Member Dana (debut sebagai penyanyi solo pada 2001), Stephanie, Lina (mantan member dari girlband gagal SM Ent lainnya, Isak N' Jiyeon) dan Sunday memiliki potensi besar untuk kembali sukses pada 2007 dengan One More Time. Namun sedihnya, SM Ent justru seakan membuang girlband ini dan membiarkannya tak tahu hilang entah ke mana.

KEEP SIX


Sebelum agensi YG Entertainment dibentuk dan resmi diberi nama, mantan member Seo Taiji and Boys yang sekaligus CEO YG Ent, Yang Hyun Suk sudah mencoba menjadi produser dan membentuk boyband yang sayangnya gagal total, Keep Six. Keep Six adalah boyband yang beranggotakan Park Dong Ho, Shim Young Ho, dan Lee Sae Young yang debut pada 1996 dengan single bergenre pop/R&B, Forgive Me. Gagalnya Keep Six membuat Hyun Suk mengalami bangkrut namun kembali berdiri dan membentuk YG Ent yang sampai saat ini menjadi salah satu dari 3 agensi raksasa di Korea.

M.I.L.K


M.I.L.K (Made in Lovely Kin) memulai debut pada tahun 2001 dengan single Come to Me dan menjadi girlband khas agensi SM Entertainment -gadis cantik dan lagu cute-. Terdiri dari Hyun Jin, Yumi, Bomi dan Hee Bon. Malangnya M.I..L.K gagal meraih kesuksesan dan bubar pada 2003. M.I.L.K memang tak memiliki konsep asli dan SM Ent hanya mencoba membuatnya mirip dengan S.E.S. Namun uniknya, konsep itu justru sukses dengan Girls' Generation 6 tahun kemudian.

SHINVI


Mungkin kamu mengaku sebagai penggemar SM Entertainment, namun jujurlah apakah kamu pernah mendengar girlband Shinvi? Melihat konsep yang disuguhkan, tak salah jika kamu berpikir kalau girlband ini gagal. Karena Shinvi menyuguhkan konsep imut sampai musik yang terlalu kekanak-kanakan meskipun mereka memang berbakat.

TRAX


Dalam pendapat banyak orang, TRAX mungkin menjadi kesia-siaan paling besar selama sejarah SM Ent dan tentunya grup dengan nama terburuk, Typhoon of the Rose Attack on X-mas (Serangan topan mawar saat Natal). Bagaimana mungkin SM Ent bisa membuat nama grup sekonyol itu? Mengusung konsep punk ala musik rock Jepang, di sinilah letak kebodohan SM Ent karena mereka sudah memiliki salah satu gitaris terbaik musik Korea, Kim Jung Mo (dikenal dengan inisial X-Mas) namun harus disia-siakan bahkan sampai saat ini.

RYANGHYUN RYANGHA


Siapa yang bisa melupakan saudara kembar yang debut di bawah naungan agensi JYP Entertainment pada 2000 saat berusia 14 tahun? Tak ada yang tahu di mana JYP Ent menemukan RyangHyun RyangHa, namun mereka berdua memiliki bakat yang sayangnya tak berjalan baik. Pada 2012 silam, RyangHyun RyangHa memposting sebuah foto yang menampilkan bahwa mereka kini sudah dewasa.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar