Senin, 08 Februari 2016

10 Alur Cerita Ngeselin Yang Sering Muncul di Drama Korea

Buat kamu pecinta drama Korea pastinya udah gak asing dengan beberapa adegan yang sering banget nongol di drama Korea. Mulai dari adegan kalo ngambek main jitak kepala sampe adegan mabok-mabokan sehingga bocorlah segala rahasia kehidupan hingga terpampang nyata.


Ada juga alur cerita yang bisa dibilang masih itu-itu aja di tiap drama, yang bedain mungkin cuma latar belakang cerita dan pemainnya aja, tapi selalu berhasil bikin penonton gemes di tiap episodenya. Apa aja sih alur cerita nyebelin yang sering banget dipake di drama Korea tapi selalu berhasil bikin penontonnya termehe-mehek itu? Berikut ulasannya.

Tokoh yang Dibikin Jelek Abis-Abisan


Coba hitung sudah berapa drama yang berhasil bikin para aktor dan aktris yang aslinya cakep-cakep jadi tampak jelek? Biasanya para tokoh yang dibikin jelek bakal melalui banyak rintangan dalam hidupnya sebelum bertransformasi dan memenangkan hati pemeran utama lainnya.


 Ada Kim Soo Hyun yang berubah jadi anak kampung yang awut-awutan, Song Sam Dong, di drama Dream High, Lee Jong Suk dengan rambut bob super abstraknya di drama "Pinocchio", Shin Min Ah dan IU yang mendadak gendut di drama "Oh My Venus" dan "Dream High",  dan Hwang Jung Eum di drama "She Was Pretty".

Cewek yang Nyamar Jadi Cowok (Ganteng Pula)

Kamu pasti merasa dunia ini begitu tidak adil waktu melihat para cewek yang udah jelas-jelas cantik, juga bisa tampil setampan visual boyband waktu mereka harus meranin seorang cowok di sebuah drama.


Ada banyak drama yang mengangkat cerita seorang cewek yang harus menyamar menjadi cowok, sebut aja “To The Beautiful You,” “Coffee Prince,” “Nail Shop Paris”, “You’re Beautiful”, “Sungkyunkwan Scandal” dan “Scholar Who Walks The Night”.

 Trauma Masa Kecil yang Kebawa Gede


Ketika para cewek berusaha tampil macho sebagai cowok,para pemeran cowok justru sering banget menampilkan sisi lemah mereka di sebuah drama. Ya namanya juga drama. Coba inget-inget lagi, ada buanyak banget drama yang tokoh utama prianya diceritakan memiliki trauma masa kecil yang kebawa gede. Biasanya alur cerita dengan topic beginian agak lambat sampe akhirnya dua tokoh utamanya saling jatuh cinta. Mungkin para sutradara meyakini bahwa tokoh utama pria dengan trauma di masa lalu tuh punya pesonanya tersendiri, dan semua drama dengan alur cerita beginian juga rata-rata sukses di pasaran.Sebut aja Hyun Bin di “Secret Garden,” Jo In Sung di “It’s Okay, That’s Love,” Joo Won in “Tomorrow Cantabile”, dan Joo Ji Hoon di Mask.

Pesona Tokoh Utama Kedua


Drama Korea dengan kisah cinta segi tiga biasanya selalu menghadirkan kisah cinta yang rumit antara si cewek dan tokoh utama pria pertama. Dan waktu si cewek lagi tersakiti sama si tokoh utama pria pertama, akan selalu datang sang ksatria penyelamat yang berwujud tokoh utama pria kedua.


Banyak fan girl yang terhipnotis oleh pesona para second-lead, sebut aja Choi Jin Hyuk in “Fated to Love You” and Choi Siwon in “She Was Pretty”, Yook Sungjae di "School 2015" dan Kim Hyun Joong di ‘Boys Before Flowers’.

Cowok Kaya dan Cewek Miskin


Drama Korea identik dengan kisah cinta antara cowok mahakaya dan cewek miskin yang gue bilang sih mustahil banget itu bisa terjadi di dunia nyata. Kalaupun mungkin, bisa jadi cowok model begini adalah spesies langka yang harusnya dilindungi oleh undang-undang Negara.
Diceritakan para pewaris kaya alias chaebol, selalu terpesona dengan tokoh utama wanita yang awalnya ngeselin, tapi lama-lama bikin terpesona karena karisma dan kepribadian si cewek. Si cewek kalo gak banyak hutang udah pasti anak orang miskin dan punya kerjaan paruh waktu. Gak jarang cewek ini bakal diperebutin sama dua orang chaebol sekaligus.


Satu yang bikin gue heran, semiskin apapun cewek itu, gadget yang dia punya pasti selaluuuuuu keluaran terbaru. Mungkin inilah yang dinamakan kuasa sang sutradara. Sebut aja “Boys Before Flowers”. Heirs,” “Flower Boy Ramyun Shop” dan “Secret Garden.”
  
Tokoh Chaebol yang Super Jahat


Dimana ada kisah cinta antara seorang chaebol dan cewek miskin, di sana ada para mama yang super galak dan setannya kebangetan. Walau pun mungkin gak semua drama chaebol tokoh antagonisnya selalu dipegang oleh sang mama, tapi karakter chaebol antagonis sudah pasti berhasil bikil penontonnya gemes dan pengen ngulek mereka jadi perkedel. Sebut aja “Boys Over Flowers” dan “Secret Garden” dengan sang mama yang menilai segalanya dengan uang, “Hyde Jekyll, Me” dengan sepupu yang super evil, dan “Fated to Love You” dengan tentenya yang ngezelin. Gue kadang gak habis pikir dengan kekayaan para chaebol di drama-drama yang berlimpah kayak sampah yang bikin banjir pas musim hujan. Sungguh menakjubkan.

Tokoh Cewek yang Jahatnya Lebih Menyengsarakan dari Tanggal Tua


Selalu ada cerita dengan tokoh utama wanita yang baiknya kebangetan dan tokoh utama wanita kedua yang jahatnya gak kira-kira.


Si cewek jahat bakal berusaha mati-matian buat ngancurin tokoh utama pertama. Sebut aja Wang Ji Hye di “Birth of a Beauty”, Kim Seo Hyung di “Cruel Temptation”, dan Jo Soo Hyang di drama “School 2015”.

Cerita Tukeran Posisi Antara Si Kaya dan Si Miskin


Entah itu karena mereka kembar, hanya sekedar mirip, ada banyak drama dengan cerita tuker-tukeran posisi antara si kaya dan si miskin. Biasanya mereka bertukar posisi atau gak sengaja tertukar untuk mengungkap sesuatu atau sebuah rahasia besar. Yang gue salut, aktris yang bisa meranin dua karakter sekaligus biasanya aktingnya kece-kece banget. Kita bisa bedain mana si A dan mana si B hanya dengan melihat ekspresi wajahnya. Sebut aja “School 2015”, “Mask”dan “Bride of The Century”.

Cerita Tuker-Tukeran Badan


Kalo cerita tukeran posisi dirasa belum cukup, maka tuker-tukeran badan adalah jawabannya. Yap, drama korea sepertinya gak pernah kehabisan ide buat biki alur cerita yang ajaib, dan biasanya ketika satu drama sudah sukses, banyak drama lain yang ngikutin ide cerita itu dan bisa dibilang gak kalah sukses.

Cerita tuker-tukeran badan biasanya terjadi karena sebuah kecelakaan atau ramuan tertentu yang bisa bikin jiwa mereka saling berpindah ke tubuh yang lain. Sebut aja “Big”, “Secret Garden”, “Comeback Soon Ae”,

Kamu siapa? Aku dimana? Sepertinya Aku Anemia. Eh, Amnesia


Satu yang bikin gue heran kenapa orang-orang di drama gampang banget kena amnesia, entah karena kepalanya kejedot tembok, keserempet mobil, atau kebanyakan minum sampe kepalanya  jadi geser sedikit.



Buanyak banget drama yang tokoh utamanya tiba-tiba amnesia setelah semua kenangan yang kita lalui selama ini. Kamu jahat mas! Mungkin itulah kira-kira ucapan sang tokoh utama cewek ketika tokoh utama pria tiba-tiba amnesia dan melupakan segalanya. Sebut aja “Boys Before Flowers”, “Master’s Sun”, “Nice Guy”, “I Hear your Voice”, “Trot Lovers”, dan yang paling lawas, “Stairway to Heaven”.

Itulah beberapaplot /alur cerita ngeselin yang sering banget muncul di drama Korea. Walaupun ngeselin, gue tetep cinta sama drama Korea dan gak pernah mau ketinggalan tiap kali ada drama yang baru. Gimana menurut kamu? Ada yang mau nambahin nggak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar