Minggu, 31 Januari 2016

Review Film Korea Socialphobia / 소셜포비아 (2015) : Ketika Gadget Lebih Tajam Dari Pedang

Kalo jaman dulu ada pribahasa ‘Mulutmu Harimaumu’, di era digital sekarang ini mungkin ‘Gadgetmu Harimaumu’ kayaknya lebih tepat ya. Kenapa? Karena di era serba socmed kayak sekarang, hanya dengan menggerakkan jari kita bisa bebas memposting apapun pendapat kita di internet, bahkan makian dan kata-kata kasar. Gak sedikit orang yang lupa kalau apapun tulisan mereka bisa dengan bebas juga dilihat oleh orang lain, lalu jadi boomerang buat sang penulis status. Mungkin itulah pesan yang ingin disampaikan oleh ‘Socialphobia’.


Film ini mengangkat isu yang lagi heiiiiittz banget seputar masyarakat yang kecanduan gadget dan internet. Semua orang bebas melakukan apapun dengan akun socmed mereka dan bikin hal yang sebenernya gak penting jadi penting. Bahkan sebuah isu kecil pun bisa bikin nyawa seseorang melayang, hanya karena tulisan di social media. Masih inget kasus yang sempet heboh banget di Path tentang cewek yang ngata-ngatain ibu hamil? *gue lupa namanya* Tuh orang sekarang apa kabar ya?


Sinopsis. Ji Woong (Byun Yo Han) dan Young Min (Lee Joo Sung), adalah siswa sekolah polisi yang hobi banget main twitter dan gak bisa lepas dari gadget mereka. Mereka selalu eksis nanggepin isu apapun yang lagi happening di internet. Suatu hari, bergulir trending topic tentang seorang tentara yang bunuh diri. Forum internet pun ramai dengan komentar tentang kasus itu, mulai dari tanggapan simpati sampe tanggapan sinis. Salah satu akun dengan username @infernosister, tiba-tiba jadi target bullying netizen karena tweet-nya yang dianggap kelewatan tentang kasus itu. Akun ini gak tanggung-tanggung ngeledekin sang tentara yang udah jadi almarhum itu dengan menyuruhnya pergi ke neraka.


Ji Woong, Young Min dan teman-temannya yang tergabung dalam forum Mr. Babble pun gak mau ketinggalan. Mereka rame-rame ngeroyokin akun @infernosister dengan tweet bernada ejekan sampe ancaman. Terungkaplah bahwa akun itu adalah milik seorang cewek bernama Min Ha Young. Min bahkan nantangin forum Mr. Babble buat ngedatengin dia di apartemennya. 

Jadilah Ji Woong dkk ngedatengin tempat Min. Mereka bahkan menyiarkannya secara live streaming lewat sebuah forum video dengan penonton hampir 10.000 orang. Sialnya, di tengah siaran langsung ‘eksklusif’ itu, mereka justru mendapat ‘kejutan’ yang gak terduga dari Min. Min ditemukan udah mati tergantung di apartemennya. Kontan siaran langsung itupun berubah jadi petir di siang bolong buat Ji Woong dan teman-temannya.



Kasus ini langsung meledak dan jadi trending topic di internet. Semua orang yang terlibat di kejadian itu pun jadi sasaran kemarahan netizen, termasuk Ji Woong dan Young Min. Mereka dituding jadi penyebab bunuh dirinya Min Ha Young. Ji Woong dan Young Min bahkan terancam gagal jadi polisi karena ulah iseng mereka yang berbuah petaka itu.

Tapi mereka merasa ada sesuatu yang aneh dengan kematian Min. Mereka berpikir kalo Min sebenernya gak gantung diri, melainkan dibunuh. Terlebih melihat rekam jejak Min selama ini, banyak orang membenci Min yang dikenal sebagai ‘Pendekar Keyboard’ yang selalu kritis terhadap semua isu yang lagi hangat di internet. Petualangan forum Mr. Babble untuk mengungkap kebenaran pun dimulai. Apa yang bakal terjadi selanjutnya?


Review. Film ini mengangkat isu yang lagi kekinian banget soal kecanduan gadget dan cyber bullying. Digambarkan tiap orang gak bisa lepas dari gadgetnya dan terus tenggelam di dunia maya, mau gak mau kita harus mengamini itu. Banyak orang yang tampil garang bak singa kelaperan di internet, tapi di dunia nyata aslinya bagaikan tikus kecemplung oli, lengket dan gak berdaya :p Semua itu ditampilkan secara real di ‘Socialphobia’.


Film ini punya plot yang bisa dibilang ngebut banget. Semuanya tampil dengan spontan uhuy dan lumayan bikin gue geleng-geleng kepala di sepanjang film. Perjuangan menunggu subtitle pun lumayan bikin geleng-geleng juga :p Tapi di tengah film gue agak sedikit dibikin boring dengan konfliknya yang dibikin ruwet. Alurnya terlalu berusaha buat menggiring penonton menebak-nebak apa yang bakal terjadi kemudian, dengan pendalaman karakter yang pas-pasan. Gue sama sekali gak ngerasa kasihan dengan Min Ha Young yang mati konyol karena kata-katanya sendiri, juga dengan Ji Woong dan Young Min yang terjebak adengan situasi yang bisa dibilang gak main-main. Masih agak nanggung kalo mau dibilang sebagai film thriller atau misteri.


Satu pesan yang gue dapet dari film ini adalah ‘Thinking Before Posting’, karena ‘Gadgetmu adalah Harimaumu’, miaw. Oh ya, Byun Yo Han leh uga ya, ganteng miaw :p Ada yang udah nonton? Gimana menurutmu? Score 7/10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar