Sabtu, 30 Januari 2016

Review Drama Korea The Village Achiara’s Secret : Perjalanan Mengurai Benang Kusut yang Menyebalkan

Annyeong chingu, ada yang udah nonton The Village Achiara’s Secret belum? Drama yang menggantikan jadwal tayang Yong Pal ini digadang-gadang bakal tampil dengan ide cerita yang benar-benar baru dan pastinya bikin penonton penasaran. Kalo gue sih nonton karena pengen liat berondong gue, Yook Sung Jae :p Di sini peran Sung Jae bener-bener beda dari drama sebelumnya, yaitu School 2015. Kalo sebelumnya Sung Jae tampil loveable sebagai murid SMA badung yang ternyata kesepian, di drama ini Sung Jae menjelma jadi Polisi junior yang sering dapet tugas-tugas kecil dari sunbae-nya.


Sung Jae dipasangkan dengan Moon Geun Young, si cantik dari drama Somsangdong Alice. Tapi gue agak kurang sreg nih kalo Sung Jae dipasangin sama Geun Young yang lebih cocok jadi nuna-nya. Gue sendiri belum tau apakah mereka nantinya bakal dipasangin atau nggak, karena ceritanya lebih ke arah misteri, dan sejauh ini gue tonton belum ada tanda-tanda bakal ada loveline di antara mereka. Mudah-mudahan sih nggak ya :p


Sinopsis.  Han So Yoon (Moon Geun Young), tinggal di Kanada berdua saja dengan neneknya setelah ia mengalami kecelakaan tragis yang membuat kedua orang tua dan kakaknya meninggal. Suatu hari So Yoon harus menerima nasib hidup sebatang kara setelah neneknya meninggal secara misterius dengan jatuh dari gedung bertingkat, entah karena kecelakaan atau bunuh diri. Setelah neneknya meninggal, So Yoon menemukan surat di rumahnya dengan nama ‘Achiara’. Bagaikan pesan rahasia, So Yoon terus menerus menerima pesan seperti isyarat untuk mencari Achiara, yang ternyata adalah sebuah nama desa kecil di Korea.


So Yoon pun memutuskan untuk kembali ke Korea dan mencari Achiara. So Yoon merasa ada sesuatu dengan tempat bernama Achiara yang berhubungan dengan masa lalunya. So Yoon kemudian mendapat pekerjaan sebagai guru Bahasa Inggris di SMP Achiara. So Yoon tinggal di sebuah kamar sewaan yang belakangan di ketahui penghuni sebelumnya menghilang secara misterius dan belum ditemukan.


Di hari pertamanya mengajar, So Yoon secara gak sengaja menemukan mayat perempuan di hutan tepi danau. Mayat itu udah berubah jadi kerangka, dan dipekirakan udah terkubur di sana kurang lebih dua tahunan. Setelah kejadian itu, satu per satu misteri yang tersembunyi di desa itu pun terungkap. Banyak tokoh misterius bermunculan yang bikin  ceritanya makin rumit dan berkaitan satu sama lain. Belakangan terungkap kalo mayat itu adalah kakaknya yang selama ini dia cari. Bersama Park Woo Jae (Yook Sung Jae), polisi muda yang punya intuisi tajam bak detektif Conan, So Yoon pun berusaha mengungkap rahasia yang selama ini terpendam. Berhasilkah So Yoon?


Review. Drama ini berusaha mengangkat banyak isu dalam satu paket, mulai dari misteri, pembunuhan, perselingkuhan yang absurd antara ayah dan anak tiri, pemerkosaan, hubungan incest, sampe penyakit langka. Agak tricky emang, menyatukan banyak konflik dalam satu alur cerita. Salah-salah bukan bikin penasaran, malah bikin capek nontonnya. Itulah yang gue rasain selama nonton drama ini.


Terlalu banyak tokoh yang ‘dipaksa’ punya andil di drama ini. Mungkin maksudnya biar makin misterius dan makin greget, tapi jatuhnya malah ngeselin. Tokoh Yoo Na misalnya, anak kecil yang suka membangkang sama orang tua dan sotoy nya kebangetan. Juga tokoh Ga Young yang ternyata naksir sama saudaranya sendiri, cuma bikin masalah tambah ruwet.



Justru tokoh Woo Jae lah yang harusnya berperan besar. Woo Jae digambarkan cuma bisa mengungkapkan spekulasinya tentang kasus ini, yang bahkan sama sunbae-nya pun dianggap cuma imajinasi tingkat tingginya aja. Sayang banget Sung Jae di sini kayak yang kesilep gitu karakternya, karena terlalu banyak tokoh-tokoh lain yang ‘maksa’ buat dapet perhatian penonton. Dan juga kalo gue bilang, baju-bajunya So Yoon sebagai guru itu agak kurang pantes ya. Masa Ibu Guru pake celana jeans sobek-sobek, celana pendek, sepatu boots? Mau ngedate iya kali :p


Sebenernya usaha SBS buat mengangkat drama to another level ini harus diapresiasi, karena gak banyak drama yang berani tampil anti-mainstream, walaupun sekarang udah cukup banyak sih drama yang punya jualan utama misteri kayak gini. Gimik nakut-nakutin dengan sound effect dan bayangan lari-lari di kegelapan itu kadang malah bkin gue pengen ketawa sendiri. Entahlah, drama ini gagal menghibur gue, yang ada malah bikin keki. Gue bertahan cuma karena ada Sung Jae di sana. Mudah-mudahan endingnya gak mengecewakan. Score 7/10.

3 komentar:

  1. Iya, rada capek nonton drama ini. bukannya bikin refeshing, tapi malah bikin pusing, karena mikir mikir. cuma rasa penasaran aja yang akhirnya bikin nonton drama ini sampe habis haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duuuh niat banget kamu nonton sampe selesai😄 akusih sampe episode 4 udah capek sendiri wkwk😂

      Hapus
  2. Menurut aku sih seru, twist nya menarik juga. Beda sama drama korea kebanyakan yang mengangkat romantisme. Mungkin tantangan buat penulisnya tampil beda. Awalnya emang kompleks, tiap karakter "punya masalah" tapi kelamaan nyambung. Mungkin kamu nontonnya terlalu ngarep tokoh Sungjae muncul . Jadi menyebalkan karena ditayanginnya sedikit2 😄

    BalasHapus