Sabtu, 02 Januari 2016

Review Drama Korea Mask (2015) : Klise Tapi Nagih

Setelah hiatus beberapa lama dari rutinitas menonton drama Korea, akhirnya gue nonton lagi sebuah drama yang katanya keren banget *kemana aja* judulnya Mask. Drama ini udah rilis di pertengahan tahun 2015 dan mendapat rating yang cukup memuaskan di Korea. Mask mengusung genre melodrama menye menye dengan tema makjang yang pastinya jadi favorit di kalangan emak emak. Kenapa gue nonton? Gue udah cukup kenyang nonton drama-drama anak sekolahan yang belakangan booming, ya sekalian belajar memahami kehidupan yang keras ala drama makjang :p Gue sendiri baru sampe episode 9 nih chingu. So lets begin with the review!


Sinopsis. Mask mengusung cerita tentang dua orang wanita yang terpaksa harus bertukar identitas. Belum jelas apakah mereka itu sodara kembar atau emang punya wajah yang mirip, kayak di cerita Bride of The Century. Udah bisa ditebak dong, yang satu orang kaya dan satunya orang miskin. Klise banget kan? Mirip-mirip cerita School 2015 ya, mungkin bedanya dari segi pemain dan konflik, Mask lebih menyasar segmen penonton ibu ibu. Oke kita lanjutkan.



Diceritakan Byun Ji Sook (Soo Ae) adalah pekerja di department Store dengan keluarga yang terlilit hutang pada rentenir. Eun Ha (Soo Ae) putri chaebol yang bertunangan dengan Choi Min Woo (Joo Ji Hoon). Mereka bertunangan tanpa cinta dan semata hanya demi bisnis keluarga. Walaupun udah terikat dalam pertunangan, Eun Ha ternyata mencintai Min Suk Hoon (Yun Jung Hoon) yang notabene adalah suami orang, yaitu Choi Mi Yoon (Yoo In Young). Mi Yoon adalah adik tiri Min Woo sehingga Suk Hoon adalah adik ipar Min Woo, agak ribet emang, khas drama makjang.

Suk Hoon berperan sebagai tokoh antagonis di sini, dia adalah pria bermuka dua yang selalu berusaha terlihat baik di luar tapi diam-diam selalu berusaha membuat Min Woo gila dengan membuat ilusi-ilusi melalui ahli hipnotis, bahkan memberinya obat yang membuatnya tak bisa mengendalikan diri. Karena hal itu, Min Woo bahkan sering dianggap gila oleh keluarganya.



Konflik dimulai ketika Min Woo sedang makan bersama Eun Ha di tepi kolam renang, Eun Ha tiba-tiba tenggelam di kolam renang dan jatuh koma. Sebelum koma, Eun Ha mengatakan pada  Suk Hoon kalo dia pernah melihat perempuan yang mirip banget sama dia di sebuah department store bernama Ji Sook. Merasa bisnisnya bakal terancam dengan komanya Eun Ha, Suk Hoon mencari Ji Sook dan meminta Ji Sook untuk menyamar sebagai Eun Ha. Suk Hoon bahkan mengancam Ji Sook dan menjanjikannya sejumlah uang. Dengan kondisi keluarganya yang terlilit hutang, Ji Sook pun menerima tawaran Suk Hoon. Ji Sook pun menjadi boneka Suk Hoon untuk memanfaatkan Min Woo. Ji Sook harus bisa membuat Min Woo jatuh cinta, sehingga apapun yang dia katakan akan diikuti oleh Min Woo.

Suk Hoon yang gak mau ketahuan, kemudian membuang tubuh Eun Ha asli yang lagi dalam keadaan koma ke laut. Ketika tubuhnya ditemukan, Eun Ha yang udah jadi mayat dikenali sebagai Ji Sook yang udah lama menghilang. Keluarga Ji Sook pun merasa terpukul dengan kematian orang yang mereka kira Ji Sook itu.



Ji Sook yang kini memakai identitas Eun Ha, diceritakan telah pulih dan akhirnya menikah dengan Min Woo. Pernikahan mereka pun dilakukan hanya demi kepentingan bisnis tanpa adanya rasa cinta. Namun seiring berjalannya waktu, Min Woo merasakan perubahan dalam diri Eun Ha yang dulunya dingin dan angkuh, kini menjadi hangat dan ceria. Min Woo pun diam-diam mulai menyukai Eun Ha tanpa menyadari kalo Eun Ha adalah orang lain. Eun Ha palsu pun berhasil memikat hati Min Woo.



Penyamaran Ji Sook gak selamanya mulus.Walaupun punya wajah yang persis Eun Ha, tapi sifat nya yang berbanding terbalik dengan Eun Ha pun mulai menimbulkan kecurigaan. Ji Sook Pun harus bertahan dengan berbagai tekanan demi membawa perubahan dalam keluarganya. Gimana lanjutan ceritanya? Akankah identitas Ji Sook terungkap?



Drama ini memang mengusung ide cerita yang klise dan lagu lama banget. Bahkan banyak yang menilai kalo ceritanya tuh gak masuk akal. Cerita pertukaran identitas kayak gini udah populer sejak jaman dulu. Gue pernah nonton telenovela jaman SD dulu yang mengusung ide cerita yang sama. Kalo gak salah judulnya Paulina, sama Mariana dan Silvana. Duh jadi kangen nih. Tapi Mask punya daya tariknya sendiri dan bikin penasaran di tiap episode. Konfliknya gak begitu melebar tapi bagusnya gak bikin boring.

Gue gemes sendiri sama karakter Min Woo yang sebenernya sih gak ada bedanya sama karakter chaebol di drama-drama lain, sinis, gak berperasaan, kaku, tapi akhirnya luluh gara-gara seorang cewek. Cuma yang unik tuh, orangnya bersiiiihh banget dan super parno sama hal-hal yang kotor. Gak beda jauh sama karakternya sebagai Lee Shin di Princess Hours. Tapi tetep ya, gantengnya gak berubah :p Soo Ae juga cantik banget di umurnya yang udah 35, dan aktingnya jempolan banget. Kita bisa bedain mana Ji Sook mana Eun Ha hanya dengan melihat ekspresi wajahnya. So far drama ini cukup bagus dan masih bisa dinikmati, dan bakal nambah seru nontonnya kalo sama mama yang suka heboh sendiri kalo nonton drama makjang :p Score 8/10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar