Kamis, 31 Desember 2015

Sinopsis dan Review Film Single (2015) Raditya Dika

 Hola buddies udah pada nonton film terbarunya Raditya Dika belum? Judulnya Single. Di antara kalian pasti ada yang ngikutin banget jejaknya Raditya Dika sebagai pionir produsen kisah-kisah jomblo ngenes di Indonesia, mulai dari buku-bukunya yang nyeritain kisah hidupnya dengan gaya bahasa yang super absurd, kiprahnya di dunia stand up comedy sampai seri Malam Minggu Miko dan beberapa film layar lebar


Kalo gue bilang Raditya pinter banget menangkap isu-isu sosial yang lagi hits khususnya di kalangan anak muda, mengemasnya sedemikian rupa dan menjadikannya ‘barang jualan’ yang bisa dibilang laku keras di pasaran. Nah salah satu yang terbaru adalah film bertajuk ‘Single’. Menurut gue Raditya Dika udah ngambil langkah berani ngerilis film ini di waktu yang berdekatan sama film luar yang di tunggu-tunggu banget macam Star Wars. Tapi gue jamin film ini gak kalah recommended kok buat ditonton. So lets go on with the review!

pic. from Google
Film ini menceritakan seorang jomblo ngenes di penghujung usia 20 bernama Ebi (Raditya Dika). Gue masih gak paham kenapa Raditya Dika demen banget sama nama-nama hewan, selain di buku-bukunya yang selalu diiringi dengan nama hewan, perannya sebagai Miko yang banyak orang bilang mirip nama gukguk, nah sekarang Ebi, yang kalo gak salah udang kering yang kecil-kecil itu kan? Oke kita lanjutkan. Selain eksis sebagai jomblo ngenes Ebi juga masih sukses jadi pengangguran di umurnya yang sekarang. Ebi masih suka minta uang sama mamanya. Berbanding terbalik dengan Ebi, sang adik Alva (Frederik Alexander), adalah pria tampan dan mapan idaman para wanita.
Suatu hari kostan Ebi kedatangan seorang penghuni baru bernama Angel (Annisa Rawles). Angel adalah seorang mahasiswi kedokteran yang pastinya cantik dong yah. Ebi pun naksir berat pada Angel dan mulai melancarkan aksinya buat ngedeketin Angel. Ebi dibantu sama dua temennya yang gak kalah absurd yaitu Wawan (Pandji Pragiwaksono) yang belagak paling tau segala hal, dan Viktor (Babe Cabita) yang parno banget sama hantu dan setan.

pic. from Google
Perjalanan Ebi sebagai jomblo ngenes yang siap membidik target baru pun dimulai. Perjalanannya udah pasti gak mulus-mulus aja, karena di sana ada Joe (Chandra Liow), abang-abangannya Angel yang udah saling kenal sejak mereka masih kecil. Udah bisa ditebak dong maunya si abang ini apa? Yap, jadilah Joe dan Ebi bersaing buat ngedapetin hati Angel. Gimana lanjutan ceritanya? Siapakah yang bakal memenangkan hati Angel? Tonton deh guys. Gue jamin filmnya lucu. Serius, lucu!
Gue agak kecewa dengan film Raditya Dika sebelumnya yang judulnya Marmut Merah Jambu. Karena entah kenapa lawakannya tuh garing dan ceritanya agak dipaksain. Tapi kalo di film ini, Raditya Dika sebagai pemeran utama sekaligus sutradara berhasil bikin gue ketawa, ditambah tingkah Wawan dan Viktor yang konyol banget, dan gue gemes sendiri liat kelakuan Joe yang super annoying dan ngeselin. Gue gak berharap lebih sama akting para pemain terlebih karakter Ebi, gak tau emang mukanya selalu datar atau gimana, tapi di situlah letak lucunya. Ebi selalu berekspresi datar di setiap situasi. Dan Angel, sayangnya agak kaku di sini. Justru Joe lah yang berhasil merebut perhatian gue dengan segala tingkah ajaibnya buat nyingkirin Ebi.

pic.from Google
Film ini digarap dengan cukup aman, gak begitu wow tapi gak mengecewakan juga. Kita bakal dikasih bonus beberapa view Bali yang cakep banget. Pas banget buat hari-hari musim liburan kayak sekarang. Kok gue jadi baper ya, baper pengen liburan juga gitu maksudnya :’) Overall filmya keren dan recommended buat mengisi waktu liburan kalian. Score 8/10.

1 komentar:

  1. Keren nih rating dari filmnya :o Sinopsisnya juga keren sip lah

    BalasHapus