Selasa, 01 Desember 2015

Review Film Korea The Silenced (2015) : Misteri Hilangnya Para Gadis

Industri perfilman Korea kembali diramaikan dengan genre film horror nih chingu, salah satunya yang rilis di tahun ini adalah The Silenced yang dibintangi oleh Park Bo Young. Di sini Bo Young unnie berperan sebagai anak SMA lugu yang penyakitan. Tipikal peran cewek lugu yang lemah lagi-lagi disandang Park Bo Young, entah karena emang paling cocok dapet peran kayak begitu/?


Film yang berlatarkan tahun 1938 ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Joo-Ran (Park Bo Young) yang baru saja pindah ke sekolah baru yaitu sekolah Gyeongseong. Gyeongseong adalah sekolah asrama putri yang letaknya jauuuh dari kota, sampe harus mendaki gunung dan melewati lembah. Joo Ran dipindahkan ke sekolah itu untuk memulihkan kesehatannya.



Joo-Ran mendapat sambutan yang kurang menyenangkan dari teman-teman barunya. Anak-anak lain memandang Joo-Ran dengan tatapan sinis, hanya karena dia menempati salah satu ranjang yang sudah lama dikosongkan. Hanya Yeon-Deok (Park So Dam) yang mau mendekati Joo-Ran hingga akhirnya mereka jadi teman baik. Usut punya usut, ranjang itu dulunya ditempati oleh seorang siswa bernama Shizuko. Para siswa nggak tau pasti kemana Shizuko pergi. Ia tiba-tiba saja menghilang dari asrama dengan alasan dibawa pulang oleh orang tuanya.


Ada sebuah peraturan unik di sekolah itu, yaitu semua siswanya diwajibkan meminum sebuah pil khusus sebelum mereka tidur. Joo-Ran sendiri mulai merasakan perubahan pada tubuhnya setelah ia meminum pil itu. Ia merasa lebih sehat, bahkan bisa melakukan lompat jauh dengan lancar sampe bisa melewati batas bak pasirnya. Kalo gue liat sih itu lebih kayak melayang ya ketimbang lompat :p

Sejak tinggal di asrama, Joo-Ran menemukan banyak keanehan, mulai dari renggangnya hubungan antar para siswa, menghilangnya siswa lain satu per satu, sampe kejadian dihantui bayangan-bayangan misterius. Joo-Ran juga merasa makin aneh dngan tubuhnya yang tiba-tiba bisa punya 'kekuatan' yang makin gak terkendali setelah dia minum pil yang gue bilang tadi. Joo-Ran bersama Yeon-pun mulai mengumpulkan petunjuk, sampe dia nemuin ternyata ada sesuatu yang coba disembunyikan oleh pihak sekolah, rahasia yang benar-benar gelap dan mengerikan. 




Film ini cukup bikin gue begidik dengan sinematografi dan pembangunan atmosfernya yang suram. Misteri yang disajikan juga cukup rapi dan lumayan bikin gue penasaran sih, apa yang sebenernya disembunyikan pihak sekolah dan apa tujuan pemberian pil khusus buat semua siswa. Tapi rasa penasaran gue makin lama makin luntur karena alurnya sendiri makin lama makin gak jelas.

Mungkin film ini tuh pengen dibikin jadi film-film eksperimen ilmiah campur horror gitu, tapi sayang kalo menurut gue sih gagal total. Misteri yang ditebar di durasi awal film rasanya jadi agak hambar begitu dia masuk ke pertengahan film. Endingnya juga grasak-grusuk banget yak. Bukannya ngeri, gue malah geli banget waktu liat Joo-Ran ngangkat dan ngelempar si kepsek terus kepseknya nyangkut di gantungan besi di bawah kipas angin. Duh sumpah ini film tuh absurd banget. Score 5/10.

4 komentar:

  1. Iya . Alur ceritanya semakin ketengah semakin gajelas . Gua juga susah buat ngerti nih film.

    BalasHapus
  2. alur ceritanya mengecewakan banget....

    BalasHapus
  3. Beneran mengecewakan, ya? Padahal aku liat di traillernya lumayan serem... nuansanya gelap, mirip Tale of the Two Sisters...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendapat org bisa beda2 sih tapi menurutku film ini tuh fail banget😕

      Hapus