Jumat, 06 November 2015

Review dan Sinopsis Film Korea Sunny / Sseo Ni (2011) : Sahabat Bukan Sekedar Pelengkap

Halo buddies! Hari ini gue mau ngereview film korea yang judulnya Sunny. Jadi gue sebenernya udah lama nonton film ini tapi masih betah aja diulang-ulang terus nontonnya soalnya ini film keren banget! Buat kalian anak anak SMA atau yang lagi ingin mengenang masa masa SMA film ini cocok banget buat kalian.


Film ini berlatar di dua waktu berbeda, yaitu saat ini dan di tahun 1980 an. Latar 1980 nyeritain masa masa SMA, dan masa kini nyeritain para pemainnya yang udah dewasa dan berkeluarga. Oke sebelum kita bahas


mari kita absen dulu para pemainnya

Shim Eun Kyung / Yoo Ho Jeong sebagai Im Na Mi


Park Jin Joo/ Hong Jin Hee sebagai Hwang Jin Hee


Kim Min Young/ Go Soo Hee sebagai Kim Jang Mi

Min Hyo Rin / Yun Jung sebagai Jung Su Ji



Kim Bo Mi / Kim Sun Kyung sebagai Ryu Bok Hee



Kang Sora / Jin Hee Kyung sebagai Ha Cheon Hwa


Nam Bo Ra / Lee Yeon Kyung sebagai Seo Geum Ok


Kim Shi Hoo / Lee Geung Young sebagai Oh Jun Ho

Cerita Sunny dimulai dari Im Na Mi, seorang ibu rumah tangga dengan morning routine nya mengurus suami dan anak perempuannya. Digambarkan Na Mi sangat kerepotan mulai dari masakin sarapan dan nyiapin keperluan anak dan suaminya, kemudian mesti beres beres rumah dan baru sempet sarapan pas semua kerjaan rumahnya udah beres. Mereka adalah keluarga pada umumnya yang bahagia dengan finansial yang baik. Singkat cerita Na Mi adalah ibu rumah tangga yang baik.

Cerita berlanjut saat Na Mi nengokin mamanya yang dirawat di rumah sakit. Pas jalan mau pulang Na Mi lewat satu koridor kamar pasien yang nama pasiennya gak asing buat dia. Karena penasaran, dia nyelonong aja masuk ke kamar itu, dan duar! Ada bom meledak! Hahaha nggak deng maap~~ Ternyata pasien di kamar itu adalah Ha Cheon Hwa, temen masa SMA nya dulu. Na Mi senang bukan kepalang karena bisa ketemu temen yang udah lama gak ketemu, tapi sekaligus sedih karena ternyata Cheon Hwa menderita kanker stadium akhir dan umurnya gak bakalan lama lagi L Mereka banyak ngobrol dan Cheon Hwa minta sesuatu sama Na Mi, dia pengen ketemu sama Sunny sebelum meninggal. Siapakah Sunny? Nah dari sini ceritanya mulai flashback ke tahun 1980an pas mereka masih SMA.

Diceritakan Na Mi saat itu adalah murid pindahan dari daerah Beolgyeo ke SMA Seoul. Di hari pertamanya sekolah dia mulai ketemu temen-temen baru yang emang udah pada nge-geng sebelumnya, mereka adalah Ha Cheon Hwa, sang leader yang galak galak manja, Ki Jang Mi, si gendut yang terobsesi sama double eye-lid, Hwang Jin Hee, anak profesor sastra Korea tapi omongannya sebelas duabelas sama preman pasar, Seo Geum Ok, anak kutu buku yang punya ‘kekuatan besar’, Ryu Bok Hee, si centil yang pengen banget jadi Miss Korea masa depan, dan Jung Su Ji, si wajah cantik yang diam dan misterius. Na Mi sendiri adalah seorang gadis pintar di sekolah lamanya, dia juga jago ngegambar, sifatnya agak canggung dan malu malu meong gitu.
Singkat cerita mereka mulai akrab dan sering main sama sama. Cuma Su Ji yang masih rada rada jutek sama Na Mi. Mereka akhirnya mutusin buat nerima Na Mi sebagai anggota ke tujuh lalu menamakan diri mereka Sunny. Geng Sunny ini punya rival namanya geng So Nyuh Si Dae (SNSD?) dari sekolah sebelah. Sumpah gesrek banget dah adegan pas Sunny dan So Nyuh Si Dae ini berantem.


Kembali lagi ke masa kini, Na Mi pun berusaha buat nemuin seluruh anggota Sunny demi Cheon Hwa yang lagi sekarat. Na Mi berhasil ketemu dengan Jang Mi, si gendut yang sekarang berprofesi sebagai agen asuransi dengan prestasi jongkok. Mereka pun memulai petualangan buat nyari anggota Sunny yang lain. Lalu apakah Na Mi berhasil meneukan teman-temannya? Apakah mereka bakal bersatu lagi seperti dulu? Apakah Cheon Hwa akan sembuh dari sakitnya? Tonton deh! Ini salah satu film paling ngeselin buat gue. Kenapa? Karena ceritanya tuh gak ilang ilang dari kepala gue dan walaupun gue ulang ulang terus nontonnya emosinya tuh gak ilang dan selalu bisa bikin gue tersenyum pas nyampe ke endingnya.


Alur bolak baliknya juga enak dan mengalir, gak bikin bosen nontonnya. Dan yang bikin gue terkesan itu pemain pas muda sama pas tuanya mirip mirip banget, aura aura tahun 80an nya juga pas dan pasti bikin baper kalian anak anak 80an hahaha. Dan satu lagi yang bikin gemes adalah ceritanya yang berakhir happy ending. Ada satu yang menyentuh banget kata katanya Cheon Hwa pas mereka ngumpul di depan rumah Su Ji setelah Su Ji kecelakaan, mereka janji gak bakal ngelepasin atau ninggalin temen apapun keadaannya.


buat yang masih penasaran bisa nonton dulu trailernya;)


Banyak pelajaran yang bisa kalian ambil disini, mulai dari persahabatan, pencarian jati diri, motivasi hidup, keluarga, dan ada cintanya juga sih walaupun porsinya tuh dikiiiit banget. Komedinya juga pas. Satu yang paling ngena buat gue sebagai cewek yang nantinya bakal jadi ibu rumah tangga, jangan melepas mimpi mimpi kalian walaupun kalian udah menikah. Na Mi sendiri baru menyadari hal itu setelah bertemu dengan teman-temannya. Dulu dia adalah seorang yang memiliki banyak mimpi, begitu bersemangat dan optimis. Tapi setelah menikah Na Mi pun mengubur semua mimpinya dan fokus hanya kepada keluarga, semua terasa baik sampe pas dia nemuin anaknya yang ternyata jadi korban bullying. Semua anggota Sunny juga sangat optimistis dan punya mimpi besar pas mereka SMA, tapi kehidupan mereka sekarang ternyata gak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Selamat menonton ya! Atau udah nonton? What do you think? Leave a comment so we can discuss about this movie. Rate 8.5/10


6 komentar:

  1. Paling suka kata-kata cheon hwa , 'hidup ini terlalu singkat untuk hidup tanpa harapan'
    Film ini all time fave deh

    BalasHapus
  2. yap banyak quote bagus juga di film ini :)

    BalasHapus
  3. gue tau film ini dari temen" deket gue . mereka suka bilang katanya gue mirip kelakuan sama model rambut gue mirip sama cheon hwa -_- . gue bingung krn gue gak tau dia siapa wkwk . ehh mereka setelin film ini disaat itu jg . pas gue nonton filmnya , gue kesentuh gitu sama alur ceritanya . memotivasi gue lahh untuk lebih bisa menata hidup . yg bikin istimewa , dikampus gue punya temen" deket dan gak tau kenapa gue ngerasa gesture mereka jg mirip sama sunny . dan kebetulan gue cewe paling tua diantara mereka , jdnya gimanaaa gitu kalo nonton film ini . apalagi waktu bareng temen" gue wkwk

    BalasHapus
  4. awal tau film ini gara" temen gue suka bilang kelakuan gue mirip cheon hwa . gue bingung krn gue gak tau dia siapa . pada saat itu jg temen" gue nyetel film ini buat gue . pas gue nonton gue tersentuh sama alur ceritanya . yg bikin terasa lebih istimewa , kebetulan gue dikampus punya temen" deket , gue paling tua diantara mereka dan gak tau knp gue ngerasa gesture sama kelakuan mereka mirip sama sunny wkwk . jadinya waktu nonton film ini bareng mereka rasanya kaya gimanaa gitu . ngakak bareng , nangis bareng jg wkwk . bagus bgt pokonya film ini . banyak pesan moral tentang bagaimana menata hidup sebagai wanita utk masa depannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaaasssss ini film emang sesuatu banget. Gak neko2 tapi pas dan dapet maknanya.

      Wanita itu harus strong, ga peduli udh jadi ibu2 rempong dgn segala beban hidupnya. Btw thanks for stopping by and leave a comment! Salam kenal ya😁

      Hapus
  5. haloooooo, saya Elisa. saya mahasiswi semester 3, Jurusan Jurnalistik, Prodi Ilmu Komunikasi dari STISIP WIDURI,Jakarta Selatan. saya sedang menulis artikel tentang review film, dan saya ingin mengutip tulisan kamu. Terimakasih

    BalasHapus