Kamis, 19 November 2015

Review Film The Liar and His Lover (2013) : Cinta dalam Kebohongan

 The Liar and His Lover adalah film negeri sakura Jepang yang dirilis tahun 2013. Film ini adalah live action dari sebuah manga. Film ini mengusung genre drama dan unsur musik sebagai tema utamanya. Diceritakan Aki adalah seorang penulis lagu grup band terkenal di Jepang yaitu Crude Play.

 Crude Play dikenal beranggotakan 4 orang cowok ganteng yaitu Shun, Kaoru, Shinya, sama satu lagi siapa sih namanya/? Aki sendiri dikenal sebagai penulis lagu Crude Play tapi wajahnya gak pernah tampil di tv atau di media manapun.Setiap lagu yang ditulis oleh Aki selalu merajai tangga lagu dan mengantarkan Crude Play sebagai salah satu grup band paling sukses di Jepang.


 Awalnya Aki adalah anggota Crude Play yang merupakan band SMA biasa. Namun kemudian bakat mereka ditemukan oleh seorang produser yang pengen ngorbitin mereka jadi artis baru. Anggota lain seneng banget dan nerima tawaran itu, tapi Aki malah mutusin buat keluar dari Crude Play karena dia gak pengen musik yang dia tulis dijadiin komoditi bisnis, dan dia sendiri gak kepengen jadi artis. Aki pun resmi keluar dari Crude Play begitu mereka debut, dan posisinya digantikan oleh Shinya. Walaupun sudah keluar, Aki tetap berkontribusi menulis lagu buat Crude Play karena memang setiap lagu yang dia tulis selalu meledak di pasaran. Identitas Aki sendiri tidak pernah dipublikasikan dan para fans cuma bisa menebak-nebak seperti apa wajah sang penulis lagu berbakat dari Crude Play.

Seiring waktu berlalu Crude Play makin sukses di Jepang dan fansnya ada pun di mana-mana, tapi Aki masih kekeuh mau jalanin hidup seperti orang biasa. Suatu hari Aki bertemu dengan Riko, seorang anak dari toko sayur di lingkungan tempat tinggal Aki. Di pertemuan pertama itu, mereka saling mengakui sudah jatuh cinta di pandangan pertama dan mereka mutusin buat jadian *duh cinta paket kilat banget ya* Aki yang gak pengen identitasnya sebagai penulis lagu Crude Play, berbohong pada Riko mengenai identitasnya. Dan lucunya, dia mengakui kalo namanya adalah Shinya, member penggantinya di Crude Play. Dia juga mengakui kalo dirinya adalah seorang NEET alias pengangguran. Tapi Riko mau nerima Aki—yang dia kenal sebagai Shinya—apa adanya dan gak tau kalo pacar kilatnya itu udah berbohong.

Hubungan mereka pun berlanjut dalam kebohongan. Aki yang trauma dengan mantan pacarnya yang seorang penyanyi bernama Mari, bahkan ngelarang Riko buat menyanyi pas tau ternyata suara Riko bagus banget dan punya band juga sama dua orang temennya. Aki trauma karena pernah diselingkungin Mari sama produsernya, dan mulai saat itu dia selalu benci sama cewek yang menyanyi. Entah karena terlalu baik, naif atau bego, Riko pun nurutin kemaunannya Aki walaupun gak bisa bener-bener lepas dari musik. Dia masih ngeband sama temen-temennya dengan sembunyi-sembunyi.


 Suatu hari Riko yang lagi ngeband di pinggiran kota sama teman-temannya, ditemukan oleh seorang produser yang tertarik sama bakat mereka. Emang dasar dunia itu sempit atau emang dasar cerita film, produser itu jugalah yang pertama menemukan Crude Play dan Mari, dan sampe sekarang masih terikat kontrak dengan mereka. Riko dan teman-temannya pun ditawari kontrak yang tentunya udah dimimpiin banget sama mereka. Riko pun menerima tawaran itu walaupun belum tau gimana caranya ngasih tau Aki yang gak bolehin dia menyanyi.


Mereka pun debut dengan nama panggung MUSH n Co. Nama Mush sendiri terinspirasi dari katta mushroom karena model rambut Riko yang mirip jamur. Kebohongan Aki pun meledak bagai bom waktu. Riko pun sadar dia udah dibohongin sama pacarnya. Riko mersa kecewa udah dibohongin, walaupun di sisi lain dia gak nyangka kalo idolanya ternyata adalah pacarnya *maap agak ribet emang* Dan lagi-lagi Riko yang kelewat angel pun mau maafin Aki yang udah bohongin dia habis-habisan. Emang cocok banget antara judul film sama ceritanya hahaha.

Awalnya Aki masih gak setuju kalo Riko debut sebagai penyanyi, tapi akhirnya dia ngijinin bahkan pengen jadi produser MUSH n Co. Tapi dia udah keduluan sama Shinya. Konflik mulai bermunculan ketika foto Aki dan Riko tersebar dan mengancam kesuksesan debut Riko. Di sisi lain Mari juga hadir sebagai orang ketiga. Aki dan Riko pun putus.

Gimana lanjutan ceritanya? Akankah Aki mengungkap identitasnya sebagai member rahasia Crude Play? Terus gimana kelanjutan hubungan Riko dan Aki? Nonton deh guys bagus banget filmnya. Gue dulu nonton film ini sama temen-temen, menurut gue asik asik aja kok filmnya tapi temen-temen gue bilang filmnya bosenin dan mereka malah tidur di tengah-tengah film. Yaelah. Ceritanya simpel sih walaupun agak norak judulnya menurut gue hehe.
Karakter tiap tokohnya kuat dan entah kenapa Takeru Sato (pemeran Aki) selalu meranin cowok culun dan itu cocok banget di dia LOL. Mukanya tuh gak masuk kategori ganteng tapi gak manis juga, muka-muka culun galau tapi mempesona gimana gitu *ceilah*Lagu-lagunya juga enak dan suara Riko juga bagus, mirip-mirip suaranya YUI. 


Sinematografinya aluuuuussss banget dah bikin betah nontonnya. Gue agak ngerasa weird dengan endingnya yang ngegantung tapi gak langsung gue matiin karena credit song nya lumayan enak. Eh gak taunya ada ending di balik ending hahaha. Jadi buat kalian yang baru mau nonton, pas nyampe credit songnya jangan dulu dimatiin filmnya karena bakalan nyeseeelll hahaha.

Overall filmnya bagus, alurnya juga ringan, dan gue gak ngerti kenapa temen-temen gue bilang filmnya jelek padahal kalo kata gue keren kok filmnya. Ada yang ngerasa salah satu member Crude Play Kaoru-san mirip Jo Twins nya Boyfriend gak? Mirip banget ya gue sampe browsing nama pemainnya buat mastiin kalo kalo itu Kwangmin atau Youngmin hahaha. Rate from me 8/10



Thanks for reading and have a nice day!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar