Sabtu, 21 November 2015

Review Film The Exorcist (1973) : Film Horror Klasik yang Wajib Kamu Tonton

Film ini diangkat dari novel dengan judul sama karya William Peter Blatty tahun 1971. The Exorcist bisa disebut sebagai salah satu film horror tersukses yang pernah dibuat, baik dari segi komersial maupun kritik. The Exorcist menjadi film horror pertama yang berhasil masuk di nominasi Academy Awards kategori film terbaik dan memenangkan 2 kategori. Ide dari penulisan buku The Exorcist sendiri terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi tahun 1949, di mana subjek utama seorang gadis berusia 12 tahun yang kerasukan makhluk halus dan ditangani oleh 2 orang pendeta.


Cerita berawal dari pastor Merrin (Max von Sydow) yang melakukan penggalian artefak kuno di daerah Nineveh, Irak. Penggambaran latar juga ditampilkan dengan langit senja dan suara adzan menggema. Dalam penggalian tersebut, ia berhasil menemukan patung-patung kuno iblis Pazuzu dari mitologi Babilonia, wujud dari iblis yang sebelumnya pernah ia kalahkan. Sementara itu, di Georgetown, seorang aktris terkenal bernama Chris MacNeil (Ellen Burstyn) harus menghadapi kenyataan bahwa putri semata wayangnya, Regan (Linda Blair) mengalami kejadian-kejadian aneh yang gakbisa dijelaskan nalar.
Dokter awalnya mendiagnosis bahwa Regan mengalami neurological disorder. Tapi kemudian ibunya menyangkal hal tersebut, karena Regan lebih menunjukkan bahwa psikologinya yang terganggu, salah satunya adalah dengan berkata-kata kotor dan kepribadiannya juga berubah. Regan juga pernah mengatakan bahwa ranjangnya sering bergetar sendiri. Yang lebih mengejutkan, sutradara sekaligus teman Chris, Burke Dennings (Jack MacGowran) tewas setelah masuk ke kamar tempat Regan berada. Hal tersebut kemudian menarik perhatian seorang letnan detektif Kinderman (Lee J. Cobb) untuk menyelidiki kematian Burke yang tidak wajar tersebut. Atas berbagai saran, Chris pun meminta bantuan pastor Damien (Jason Miller) untuk membantu menyembuhkan Regan dengan cara supranatural.
Gue nonton film ini karena penasaran dengan banyak review yang katanya film ini adalah film horror klasik paling seram sepanjang masa. Gue sendiri baru satu kali nonton  film horror jaman dulu yaitu The Omen dan itu sukses bikin gu takut ke kamar mandi. Mungkin film-film horror masa kini yang mengangkat tema pengusiran setan juga terinspirasi dari film ini, secara rilisnya aja udah lama, jaman nyokap gue masih bayi hehe. Dan gue sedikit banyak setuju dengan review blogger lain kalo film ini tuh emang serem, mulai dari make up Regan pas kerasukan, mixing soundnya, sampe efek kepala muter 180 derajat dan waktu Regan nurunin tangga dengan badan dan kepala terbalik, padahal film ini dibikinnya jaman dulu banget, yang mungkin teknologi filming nya juga belum secanggih sekarang. Dan harus gue bilang kalo urusan sound effect film horror tetep The Omen juaranya. Dan kalian bakal tau darimana ide keseraman Insidious dan film-film horror masa kini berasal.



Cuman yang bikin gue agak bingung itu kaitan antara prolog yang di Irak sama kerasukan Regan itu apa? Pengenalan karakternya juga agak lambat menurut gue, sampe bikin ngantuk karena muter-muter antara Chris, regan dan Damien di awal cerita.  Gue sempet bingung ini film ceritanya mau dibawa kemana pas menit-menit awal. Baru pas tengah sampe akhir film aja ceritanya mulai berjalan mulus. Nah yang bikin penasaran itu setan yang ngerasukin Regan tuh bener mamanya pendeta Damien bukan sih? Hantunya juga gak terang-terangan muncul, tapi lebih menghantui kita secara psikologis gitu. Gue takjub banget sama peralatan kedokteran jaman dulu yang ribet banget ya kayaknya,  adegan CT scan aja udah bikin serem. Dan satu hal yang agak di luar bahasan nih, gue suka banget sama baju-baju yang dipake Chris dan Sharon di film ini hehe. 
Overall film ini bagus dan recommended buat kalian yang pengen nyicipin horror rasa original.  Rate from me 8,5/10

7 komentar:

  1. Itu cerita terakhir x gimana ya? Kmren nnton nggk ampe abis

    BalasHapus
  2. Itu cerita terakhir x gimana ya? Kmren nnton nggk ampe abis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Regan akhirnya bisa lepas dari hantunya dan mereke pindah dr rumah itu. Tapi dua pastornya meninggal pas kejadian exorcism, yg satu mati dibunuh yg satu mengorbankan diri gitu sama setannya

      Hapus
  3. Iya bner sampe skrg gak ngerti mksd yg di Irak itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada film yang menceritakan kejadian sewaktu father merrrin di irak, judulnya the exorcist: the beginning (2004)

      Hapus
  4. kalau mau tau cerita kejadian yang di irak, nonton film the exoercist: the beginning (2004)

    BalasHapus