Senin, 09 November 2015

Perbedaan SM. YG, dan JYP sebagai BIG 3 Entertainment Company di Korea


Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki industri hiburan yang kuat di Asia. Tak hanya berjaya di negara sendiri, dunia hiburan Korea juga digemari di beberapa negara di belahan dunia, termasuk Indonesia, dan yang paling banyak digemari adalah industri musik. Penyanyi Korea konsepnya juga beragam mulai dari penyanyi solo, duo, dan yang paling banyak wara wiri yaitu boyband dan girlband.


Para artis ini tentu saja berada di bawah naungan sebuah agensi. Di Korea banyak banget agensi-agensi musik yang menawarkan berbagai konsep yang unik dan berbeda satu sama lain, dan diantara banyaknya agensi ada tiga agensi raksasa
yang dikenal sebagai BIG 3 company, yaitu SM, YG dan JYP. Apa sih perbedaan dari tiga agensi tersebut? Apa juga kelebihan dan kekurangannya? Setelah searching sana sini gue berhasil menyusun infonya dibawah ini ;)

SM Entertainment
SM Entertainmnet merupakan agensi yang tertua dengan jumlah artis terbanyak. Dipimpin oleh Lee Sooman, agensi ini berdiri sejak tanggal 14 Februari 1989. Artis2 sukses dibawah naungan mereka adalah H.O.T, S.E.S, Shinhwa, BoA, DBSK, Super Junior, SNSD, SHINee, F(x), dan EXO. Dari kalangan akting, kita bisa lihat nama Go Ara, Kim Minjong, Kim Haneul dan Lee Yeonhee menjadi nama2 terkenal yang ada didalam SMTOWN.


Kelebihan :
Sebagai sebuah agensi tertua dan terbesar, tentunya uang gak jadi masalah buat SM. Kekuatan pertama yang SM miliki adalah uang. Dengan uang, mereka bisa melakukan yang terbaik buat artis artis mereka, mulai dari pembuatan music video, kerja sama dengan banyak koreografer terkenal, bisa diliat dari koreografi tiap grup yang punya ciri khas dan kerumitan tersendiri jika dibandingkan grup dari agensi lain, dan pastinya biaya promosi gede-gedean buat setiap artis mereka.

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki SM adalah lengkapnya fasilitas buat para artis. Dibandingkan dengan YG dan JYP, SM memiliki ruang latihan yang lebih besar, dan pelajaran yang mungkin gak diajarin di agensi lain. Mungkin memang gak pernah di beritakan sebelumnya, tapi bisa kita lihat dengan jelas kalau SM memiliki grup dengan banyak member, seperti Super Junior, SNSD, dan EXO. Secara otomatis ruangan latihan yang mereka butuhkan juga udah pasti lebih besar dan banyak, meskipun yang paling sering tersorot kamera adalah dance room yang didindingnya dipenuhi awan-awan. Ketika interview berlangsung juga kita bisa melihat bagaimana kemampuan artis-artis SM dalam hal berbicara, mungkin mereka juga diajarin public speaking atau gimana cara ngejawab pertanyaan pas interview. 

SM juga dikenal sebagai produsen banyak idol dengan wajah rupawan. SM selalu ingin artisnya tampil memukau diatas panggung, dalam hal penampilan terutama. Gue belom pernah liat ada artis SM dengan wajah ‘standar’, pokoknya SM ini pabriknya cowok ganteng dan cewek ganteng deh, meskipun bukan rahasia lagi mereka harus menempuh jalan oplas buat bisa tampil cantik.

Selain itu juga jarang atau bahkan mungkin gak ada artis SM yang gagal di pasaran. Para trainee biasanya melalui masa pelatihan yang gak sebentar, otomatis mereka debut pas udah bener-bener siap dan gak bakal mengecewakan Mereka selalu eksis entah itu di chart music atau di acara variety/ reality show.

Kekurangan :
Menurut gue para penyanyi SM paling jago dalam hal lipsync. Bukan hal baru lagi kalau beberapa artis SM sering melakukan lipsync waktu tampil live, gak cuma 1 atau 2 member, tapi seluruh tim, bahkan EXO melakukan debut stage nya dengan lipsync. Padahal kita semua tahu kalau baik mereka memiliki kemampuan bernyanyi yang baik. 

SM juga terkenal hobi bikin grup dengan banyak member, seperti Super Junior yang debut dengan 13 member, SNSD dengan 9 member, dan EXO dengan 12 member. Jumlah yang menakjubkan buat sebuah grup yang hanya menyanyikan lagu dengan durasi  3-4 menit. Banyak member yang pada akhirnya tidak mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan vokal yang mereka miliki dan memiliki sedikit saja line dalam setiap lagu. Dan gue masih gak paham dengan gimana SM memanage artis-artis mereka dengan banyaknya skandal keluarnya banyak member grup dengan masalah hukum yang bikin capek. Gue juga masih kesel sendiri dengan gimana SM memperlakukan f(x) dan malah ngedebutin Red Velvet alih alih ngasih nama fandom buat f(x). SM juga jarang atau mungkin belum pernah ngasih kesempatan para artis mereka buat mengeksplor kemampuan untuk menulis lagu mereka sendiri. Sehingga artis-artis SM cenderung sebagai artis bentukan yang manut aja sama apa yang bos mereka mau.

Selama ini SM juga dikenal hobi bikin boxes video buat artis-artis mereka. Mungkin kesannya jadi kurang kreatif bahkan netter Indonesia punya istilah sendiri buat boxes video yaitu kotak Indom*ie. Tapi belakangan SM udah mulai berani bikin konsep baru buat MV para artisnya dan gak melulu di kotak Indom*ie.

YG Entertainment
YG Entertainment  merupakan agensi terbesar ke-2 yang didirikan Yang Hyunsuk pada 24 Februari 1996 ini memang memiliki basis Hip Hop yang kuat. Sang pendiri, Yang Hyunsuk sendiri merupakan salah satu member dari Hip Hop grup terkenal Seo Taiji & Kids. Artis2 dibawah naungan YG sendiri adalah Jinusean, 1TYM, Big Bang, 2NE1, Epic High, PSY, Lee Hi, AKMU, Winner dan iKON.


Kelebihan :
YG dikenal sebagai agensi yang bebas, mulai dari kebebasan dalam menulis lirik, kebebasan bagaimana menyanyikan lagu, dan kebebasan saat diatas panggung. Kebebasan! Itulah kekuatan pertama yang dimilik oleh YG. Artis mereka hampir seluruhnya adalah Singer-Song Writer. Mereka membuat, manulis, dan memproduksi lagu-lagu mereka sendiri, seperti Big Bang, PSY, dan Epic High. Jadi kemampuan mereka juga jadi semakin diketahui publik, bukan hanya dalam hal bernyanyi, tapi juga menciptakan lagu. Jadi wajar kalo gue bilang artis –artis YG bukan hanya mampu sebagai idol tapi juga musisi.

Kreativitas adalah kekuatan kedua YG. Bukan Cuma waktu menciptakan lagu, YG juga mendukung artis-artis mereka untuk berkreasi dibidang lain bukan hanya musik, terutama fashion. Semua orang tau kalau G-Dragon selalu terpilih menjadi fashionista dikalangan idol. CL juga selalu masuk dalam artis yang fashionable. Gak cuma di kehidupan sehari-hari, saat dipanggungpun artis-artis YG diberikan kesempatan untuk menentukan bahkan membuat kostum dan aksesoris yang akan mereka pakai, termasuk saat debut stage sekalipun, sesuatu yang gak bakal kita temuin di SM ataupun JYP.Artis-artis YG juga dikenal dekat satu sama lain. Sebutan YG Family memang cocok untuk mewakili hubungan di antara mereka.

YG juga gak begitu mentingin penampilan para artis mereka, dan itu hal yang positif buat gue. Selama para artis/ trainee memiliki talent yang worth it buat ditampilkan. Bisa kita lihat bagaimana YG mendebutkan Daesung dan Minzy, mereka memang lemah di sisi penampilan tapi suara dan kemampuan ngedance mereka udah gak perlu diragukan lagi. Artis-artis YG juga dikenal memiliki keunikan dibanding artis-artis dari agensi lain, entah dari hal vokal, konsep atau penampilan, mereka anti mainstream banget deh. 

Kekurangan :
Kekurangan YG yang paling utama menurut gue adalah YG hobi banget ngetroll para fans. Tukan php banget. Mundur dan ditunda, dua kata paling ngeselin yang sering kita jumpai di YG. Hampir setiap saat, jadwal comeback atau debut yang dijanjikan YG selalu ditunda atau mundur entah sampai kapan. Contohnya ya girl group yang udah dijanjiin bakal debut sejak 2014 lalu dan hellooo sekarang apa kabarnya mereka? Bahkan beberapa membernya juga pada keluar duluan, seperti Yuna Kim yang akhirnya debut sama girl group The Ark. Lee Hi juga gak jelas kapan bakal comeback lagi. Mungkin YG sekarang lagi anteng sama Winner dan iKon kali yak.

JYP Entertainment
Sebagai agensi termuda (maknae) dari 'Big Three', popularitas JYP juga tak kalah dibandingkan dengan SM dan YG. Didirikan oleh Park Jinyoung pada 25 April 1997, JYP menjadi salah satu agensi dengan tingkat kesuksesan artisnya sangat tinggi. Bisa dilihat rata-rata kesuksesan artis JYP selalu didapat ditahun2 pertama mereka. Sebut saja g.o.d, Rain, Wonder Girls, 2AM, 2PM, Miss A, dan Got7. Miss A dan Got7 bahkan berhasil menjadi juara dengan debut song mereka. Dan yang paling baru adalah girl group TWICE yang berhasil menyita perhatian sejak mereka debut.


Kelebihan :
Kesempurnaan. Kalau SM mengutamakan Penampilan, YG mengutamakan kebebasan, maka JYP selalu melakukan semuanya dengan sebuah target kesempurnaan. Tak perlu diragukan lagi, untuk performance diatas panggung, artis-artis JYP memang selalu menampilkan performance yang all out. Bahkan banyak diantaranya yang harus mengorbankan tubuh mereka sakit dan terluka hanya untuk kesempurnaan diatas panggung. Jarang banget artis-artis JYP lipsync di atas panggung, mereka selalu tampil sempurna. Sebut saja 2PM, yang selalu menampilkan akrobatik menawan diatas panggung, jatuh dan terluka merupakan rutinitas yang harus mereka lalui setiap saat. Miss A juga yang harus merelakan kaki mereka terluka saat promosi Bad Girl Good Girl karena koreografi yang mengharuskan mereka untuk tidur dilantai. 

Kesempurnaan performance juga harus didukung dengan kesempurnaan fisik, diet dan pembentukan tubuh adalah hal wajib dan juga sudah menjadi kebiasaan artis JYP setiap mereka akan melakukan comeback.
Seorang guru, kakak, dan juga bos yang selalu ada untuk mereka. Seperti yang kita tau, Lee Sooman gak terjun langsung dalam melatih artis-artis SM, Yang Hyunsuk hanya melakukan tes dan sekedar beberapa kali berkunjung dan memberikan saran. Berbeda dengan JYP yang selalu hadir, mengajari, membantu, juga memarahi seluruh artisnya tanpa terkecuali. Sosok seorang bos, sunbae, guru dan juga kakak yang diperankan oleh Park Jinyoung, membuat JYP lebih seperti sebuah sekolah dan rumah dibandingkan dengan agensi. Dengan terjun langsungnya JYP juga membantu dirinya sendiri untuk menyesuaikan lagu dan koreografi yang akan dibuatnya untuk artis tersebut, sehingga lagu2 nya selalu sesuai dengan kekuatan masing-masing anggota grup.

Kekurangan :
Kekurangan yang semua orang sudah tahu. Artis2 JYP terlalu ketergantungan pada lagu-lagi ciptaan JYP. Memang benar bahwa 99% lagu-lagu artis JYP yang sukses merupakan ciptaan dari JYP sendiri. Meskipun komposer berbakat di JYP cukup banyak, tapi JYP sendiri jarang sekali mengizikan artis-artisnya menggunakan lagu mereka sendiri atau lagu dari komposer lain untuk menjadi title song mereka.

Kurangnya promosi. Sebagai maknae dari The Big 3, JYP memiliki manajemen yang juga lebih kecil, sehingga ada saatnya dimana beberapa promosi yang dilakukan JYP untuk artis mereka sering terlambat bahkan tidak ada sama sekali. Sebagai contoh saja, member Wonder Girls yang melakukan debut akting tahun lalu, ada yang tahu? 80% dari mereka yang bukan Wonderfuls pasti tidak tahu, karena nyaris tidak ada promosi sama sekali terhadap drama yang dibintangi kedua member Wonder Girls itu. Contoh lain adalah saat Jun.K melakukan Musical di Korea dan di Jepang, 70% promosi selalu dilakukan oleh Jun.K sendiri, bahkan terkadang dilakukan oleh reporter2 berita, JYP selalu terlambat saat melakukan promosi tersebut.

Kecilnya persentasi sukses untuk artis solo. Ada yang tahu siapa itu Lim Jeonghee? Atau Joo? Mereka adalah artis solo dari JYP, debut dengan lagu yang tergolong biasa, dengan promosi yang minim, sehingga setelah dikenal, nama mereka dilupakan. Wooyoung 2PM dan Jo Kwon 2AM juga menjadi salah satu kegagalan soloist JYP, entah disebabkan oleh lagu, ataupun kurangnya promosi, tapi soloist JYP yang berhasil meraih kesuksesan seperti grup-grup di JYP sampai saat ini masih belum ada.

Thanks for reading and have a nice day! artikel digubah sebagian dari  http://playkpopmusic.blogspot.co.id/2014/10/kelebihan-dan-kelemahan-yang-dimiliki.html

42 komentar:

  1. Kalau menurutku, pas bagian kekurangan jyp yg "terlalu bergantungan sama lagu-lagu ciptaan jyp" itu harus dihapus deh. Soalnya sekarang mereka ga terlalu bergantung sama lagu-lagu ciptaannya jyp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke nanti aku koreksi kalo sempet ya😁 thanks masukannya!

      Hapus
    2. Kalau nggak salah lagu 2 PM please call my name itu ciptaan taecyeon..yup...jadi artis JyP udah mulai bisa pake lirik dan aransemennya sendiri

      Hapus
  2. Menurut aku bagusan YG diantara 3 agensi diatas

    BalasHapus
  3. SM Ent.. Orang yg teliti dan sadar pasti tau

    BalasHapus
  4. aku sih YG! selain genre u juga hip hop... aku suka kebebasan yang diberikan YG

    BalasHapus
  5. Malah kenyataannya sekarang jyp yg banyak lypsinc..
    Contohnya twice.. kalau mereka gak lypsinc, kedengaran banget suara mereka jelek.. modal tampang doank...
    merasa sebanding dengan SNSD. Padahal jauh.....banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Actually , mereka gapernah ya mrasa sebanding ama snsd ku nya ae yg nyamain mreka cuma berdasarkan anggita , how bitchy you are? , ada saatnya twice bakal bisa ngestabilin suara mereka , kaya sehun exo yang suaranya dibilang ancur aja skarang bisa , knapa twice nggak? , jadi ga usah nilai dari sekarang kalau gatau kedepannya

      Hapus
    2. Kok snsd sama gfriend aja kalah,, soalnya kan di gfriend ada yuju

      Hapus
    3. Ehh sadat lipsync lu blng????? Dasar bodoh coba elu loncat lari mutet ambil nyanyi? Bisa palingan suara lu kayak kodok -_- bodoh amat tuh otax

      Hapus
    4. Yup. Emang banyak banget twice lipsync berkali2. Malah jarang banget nemuin di youtube mr remived dr perform twice. Soalnya mereka menang tampang sm popularitas aja tp aslinya nggak bisa nyanyi.

      Hapus
  6. Setau gw ni ya, twice emng lypsinc . Tpi cuma twice doang . Member gb dan bb lain di jyp gag ada yg lypsinc, kalopun bb dan gb slain twice lypsinc suaranya ttap bgus, ya walaupun kenyataannya twice emng gag bgus . Dan twice itu msih jauh sma sunbaenya (snsd) . Gw jga blum prnh liat artikel atau video atau apapun itu yg blng klo twice MERASA SEBANDING DENGAN SNSD . Cuma terkadang ada netizen atau fans yg MEMBANDINGKAN TWICE dengan SNSD. Dan ntah kenapa, jyp itu gag promosiin idol yg emng berkualitas misalnya DAY6, malah promosiin artis yg "menang tampang" like twice . Sorry ini sih menurut gw, soalx di video2 yg tnpa lypsinc nya twice, mayoritas member emng suaranya gag bgus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan gue bingung ama jyp ,, kok malah nolak yuju padahal dia suaranya emas,, hadeh yuju skrg di gfriend

      Hapus
  7. ayolah... yg paling jago live performance jg d SM . bhkan dr Mr Removed aja artis SM loh yg nomer satu. dan artis yg hmpir g pernah lypsinc jg dr SM. geeeezzzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. YG juga baik kok mbak dalam live performance, yabg pasti YG sama SM ent itu udah melegenda nama bb/gb nya pun udah melangit. Mereka gak bisa dibandingin kareba udah ada kelebihan masing" so.... Yang paling ketaran itu JYP jadi SM sama YG udah pasti gak tertandingi

      Hapus
    2. YG juga baik kok mbak dalam live performance, yang pasti YG sama SM ent itu udah melegenda nama bb/gb nya pun udah melangit. Mereka gak bisa dibandingin kareba udah ada kelebihan masing" so.... Yang paling ketaran itu JYP, jadi SM sama YG udah pasti gak tertandingi mereka memiliki ciri khas masing" dalam menghadapi dunia hiburan dan memanjakan fans

      Hapus
    3. Sment gak pernah lipsing? Haha salah mbak sment sangat sering lipsing bahkan keseluruhan dri artis asuhan mereka itu selalu lipsing sampai orang korea pun udh paham dan sering mengkritik para artis sment ini, yg gak lipsing cuma shine dan tvxq yang lain mah lipsing, sment itu menang di visual dan koreografi aja, kalo suara enggak deh kayaknya cuma bbrapa yg punya suara bagus. Ini bukan bully yaa mbak, le soman aja sampe mengakui kalo artis dia itu cuma menari dan lipsing dan dia bangga -aneh banget sih - ada satu agensi yg yg gak se terkenal 3 agensi dan artisnya berbakat yaitu cube ent artisnya sih gak lipsing bahkan dijuluki gabisa lipsing keren. Jago akting jago variety dan mc dan solid bukan sekedar teman kerja aja. Well dari 3 sih YG terbagus big bang gak pernah lipsing keren sih. Kalo sment bahkan pas debut aja exo lipsing hahah aneh kan mbak? Tapi tetep aja terkenal bahkan salah satu stasiun tv menbocorkan bahwa exo selalu tampil lipsing dan salah satu acara tv mengatakan kalo exo gak pantas di sebut boyband karena lipsing twrus, gak hanya exo sih snsd pun begitu orang korea sih paham dan udah menjadi rahasia umum kalo artis sment lipsing

      Hapus
    4. kalo kata kata nya kyk gitu ya bully dan sama aja ngejelekin sm dan ngebandingin agensi agensi itu.gimana sih. pokoknya semua agensi tadi emang keren2 karena gua ga bisa buat agensi segede itu. ya nggak.

      Hapus
    5. Ppfffttt nga usah munafik deh, semua agensi artisnya pasti pernah lipsing, bahkan bigbang pun pernah
      Lipsing *tapi hal itu karena mereka punya alasan.😏😏😏 dan sungguh kemunafikan yg hqq jika ada yg bilang exo selalu lipsing, pliss netkor nga sebodoh itu, setiap artis pasti pernah lipsing tapi bukan berarti mereka selalu lipsing, loe bilang snsd lipsing ya gue akuin mereka pernah lipsing tapi tidak selalu lipsing dimana tiap tampil pasti lipsing, dan fyi semua anggota snsd bisa menyanyi tetapi ada tingkatannya oh iya fyi jg SM dikenal sebagai Agensi sebagai penghasil vokal terbaik di industri kpop. 😏😏 udah di tahu kok mba diatas gue ini salah satu antis SM, atau antis exo. Oh iya fyi sekali lagi sooyoung yg bahkan bukan salah satu vokalis unggulan di snsd pun, jika dia berada di group rookie generasi sekarang maka dia bisa jadi main vocal. Jadi ya nga usah MUNA tiap agensi artisnya pasti pernah lipsing tapi nga dari debut sampai sekarang lipsing terus😏😏😏

      Hapus
    6. Dan oh iya untuk si mba Hasnidar Syamsiah fyi setahu gue JYP juga pernah mengatakan "bakat wajib dimiliki oleh seniman tetapi popularitas lebih penting dimiliki untuk seorang idol" kurang lebih seperti itu, dan loe tahu apa artinya, menurut gue maksud jyp itu nga papa idolnya nga punya bakat atau kurang berbakat yang penting populer itu udah cukup 😏😏😏

      Hapus
  8. Semuanya bagus kok,menurut aku.Diantara yg lain sy plng suka sama sistemnya JYP.Meskipun kurang di promosinya sih.(Jd ingat sama Day6)

    Kalau soal twice emang yah suara mereka gak bagus.Tp setiap orang pasti berkembanglah.Yg jd masalah ini yah netizen nya aja yg kebanyakan nyinyir dan lebaynya.Ngebandingin si itu dan anu yg jelas jelas beda jauh tingkatannya kan gak baik juga.

    Tp apalah,yg penting skrng kita dukung idol masing masing saja.Lebih baik dan berfaedah drpd war kanan kiri nggak jelas.Hwaiting!!!

    BalasHapus
  9. jadi bagusan YG apa Sm??

    BalasHapus
  10. JYP maknae,, semuanya suka

    BalasHapus
  11. semuanya suka, di SM ada EXO, di YG ada black pink, di JYP ada Got7, twice.. tapi ttp babeh jiwaipi..

    BalasHapus
  12. Entah kenapa suka semua sama bb gb ataupun artis JYP awalnya JB main di dream high 2 kirain dia aktor dan ternyata idol nah jadinya ketagihan sama semua member dan lagunya GOT7 terus berlanjut ke Twice, semenjak suzy solo debut jadi stalk tentang Miss A, semenjak tau Taecyeon main lets fight ghost jadi kenal 2pm, trus pas lagi musim2nya IOI ak sukaa sama somi & sejeong kkk dan ternyata somi iti trainee nya JYP, trus aku stalk trainee2nya JYPE dan entah kenapa suka sama lee chae ryeong dan natty, semenjak GOT7 cover lagu you were beautiful jadi kenal DAY6.. Gilakk sukak bgt sama YoungK, semuanya talent bgt tapi syg mereka kurang promosi kali yaa soalnya debutnya sama2 2014 kyk GOT7.. Trus pas stalk2 tentang youngk ternyata dia pernah nyanyi bareng Baek A Yeon dan dgn kemampuan stalker yang sampe ke akar2nya akhirnya aku suka bgt sma suara Park Jimin dan Baek Yerin.. Sayang aja wg dah bubar, dulu taunya cuma lagunya doang kyk nobody sama tell me tapi gak tau siapa yg nyanyiπŸ˜‚ Trus trus waktu lihat idol school ternyata natty keluar dari jype sayang bgt kan argh.. Gak natty aja sih kalau gasalah ada 3... πŸ˜‚πŸ˜‚ ini ntah kenapa kok ak suka semua sama mereka entah kebetulan atau gimana gataulah ah πŸ˜‚πŸ˜‚ hehee sebenarnya gak di jype aja sih aku jugak suka bp, rv, sistar, exo, gf.. Padahal yaa aku iitu pernah bilang gak akan suka sama bb atau gb korea, cuma suka aktor aktrisnya nya doang dan ak jilat ludah sendiri -__ ini semua berawal dari JB hahaa.. menurut aku sih SM YG itu baguss bagus bagus banget, tapi ak lebih tertarik sama JYP karna kekeluargaannya jugk kental bgt kalau dilihat2😁.. Oh ya aku agak sedih aja lihat komen2 yg bilang artis JYP gak talent bgt cuma gara2 twice sering lipsync hmm... Aku akui mereka gak terlalu menonjol dalam hal vokal tpi dari LOA era sampai Signal era mereka semakin berkembang.. Dan aku bangga banget jadi once. Jadi tolong bgt hargai proses dan perjuangan mereka bahkan ada yg butuh 10thun untuk debut.. Gak suka boleh tapi sewajarnya .. Hehee hidup itu indah tanpa adanya war πŸ˜„ hehe jadi curhat kan. Wkwk btw buat adminnya thanks bgt udh share tapi kalau boleh agak sedikit di revisi karna anak2 JYP skrng udh banget yg nulis lagu mereka sendiri kaya day6 dan got7.. Hehe trimakasih πŸ˜‰πŸ˜‰ #JYPStan here

    BalasHapus
  13. Bangga dg YGπŸ˜πŸ’–πŸ’–πŸ’–πŸ’–πŸ’–

    BalasHapus
  14. SM FAMILLY JJANG! ❤❤❤❤❤������

    BalasHapus
  15. yg always forever

    BalasHapus
  16. Sm sih menurutku yang paling bagus. no offense mereka dilatih keras untuk bisa menyanyi, nari dll (liat aja pelatih vokalnya aja blak2an kalo ngomong) mereka juga dilatih untuk memiliki sikap sopan santun, manners, dan memperlakukan semua orang dengan baik (jarang artis sm kena skandal kan?), dan mereka itu JARANG LIPSYNC mulai dari exo, snsd, redvelvet, apalagi legend TVXQ yang ga pernah sekali pun lipsync. banyak yang bilang exo lipsync padahal engga saya udah liat MR removed nya dan semuanya itu asli suara mereka sendiri ketika nyanyi di panggung pun kelihatan suara nafas dan rada2 engap nya (karna nyanyi sambil nari), sama dengan red velvet MR removed nya pun bagus. Artis Sm emang ngejalanin pelatihan vokal yang keras, baekhyun pernah nangis gara gara dia dimarahin pelatih vokal sm ga bisa mencapai nada tinggi, yeri red velvet sempet mau muntah gara gara kebanyakan latihan nyanyi lagu rookie yang susah banget, well itu baru yang ketauan aja belum yang ga ketahuan dan yg gak kita tahu.

    Trainer sm (BoA dan Yunho) juga dikenal tegas dan keras ngelatih hoobae nya mereka. Artis Sm pun bisa dibilang semuanya profesional!
    1) Exo manggung musik tiba2 mati tetep ngelanjutin
    2) Red velvet manggung di cuaca dingin pas tahun baru pake ROK PENDEK (mbc gayo daejun 2016)
    3) Yunho membawakan lagu baru dia Drop di SMNTOWN 2017 di seoul dan celananya robek parah tetapi tetep ngelanjutin sampe akhir
    4) mic seulgi mati waktu nyanyi lagi rookie (pas comeback) tapi dia tetep nyanyi meskipun ga kedengeran suaranya

    Dan masih banyak lagi saya lupa

    Kelemahan artis sm mungkin ga begitu jago ngerap (masih bagusan yg) dan artis sm sering kecapekan (pingsan, jatoh, sakit) gara gara sm terlalu memforsir tapi kalo menurut saya diantara jyp dan yg tetep aja dari segi vokal (bukan rap), penampilan, dance, manners, public speaking dan keprofesionalitas SM nomor 1.
    belum lagi dalam melakukan promosi setiap album, barang2, photocard, makanan di sum cafe, sm itu ga pernah setengah setengah. Lagu yang diciptakan sm pun bagus (easy listening, mudah diingat, dan memiliki nada yang bagus, ga terlalu berisik dengan menunjukan setiap warna vokal yang berbeda)

    gak tau apa pendapat kalian
    tapi menurut saya dari semua segi sm entertainment tetap yang terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap.sukaan sm

      Hapus
    2. Sm kebanyakan lipsyinc.. Apalagi exo.. Muka doang yg bagus.. Suara ga seindah mukanya.. Wkwkwkwk

      Hapus
  17. In fact JYP udah pernah nge-reject Choi Yuna alias YUJU GFRIEND. Padahal suaranya bagus bgt, eh malah nerima Sana :v JYP joke tho.

    TWICE juga yang menurut gue banyak lipsync, coba kalo gak lipsync suaranya ancur, yang bagus menurut gue cuma Nayeon sama Jihyo.

    Saya pribadi lebih suka YG sama SM sih.

    BalasHapus
  18. Apapun komentar kalian aku tetap pilih sm sbab aku paling suka ma yunho

    BalasHapus
  19. menurut gw dari ketiga agensi tersebut memiliki keunikan masing2, cuma agak kurang setuju sama pendapat yang menyatakan bahwa
    1. SME sering lipsync, menurut gw justru artis2 SM adl artis2 yang jarang sekali lipsync, dan kemampuan mereka menurut gw diatas rata2 banget, dan stabil di atas panggung, silahkan cek di youtube Mr. Removed dr para idol. walaupun tidak bs dipungkiri menyanyi sambil menari hampil mustahil dilakukan dengan baik
    2. JYPE jarang lipsync, menurut gw dari ketiga agensi tersebut, JYPE yang sering melakukan lipsync, bisa dilihat juga di youtube. Kemampuan vocal mereka dibanging SME dan YGE menurut gw jg lbh rendah.

    Selain hal tersebut gw sepakat banget, mungkin perlu banyak tambahan lagi untuk isi artikelnya.. ^_^

    BalasHapus
  20. bagian SM...
    1. yang aku perhatiin artis SM lipsync cuma pas minggu pertama comeback dan debut, selebihnya mereka live. bahkan sekarang aja artis SM udah sering kok tampil live tanpa lipsync di minggu pertama. Red velvet bahkan terkenal dengan grup yang masih bisa bernyanyi dengan stabil walaupun punya koreografi yang rumit dan energik. waktu acara yg di pyeongchang itu pas DO gak ada dan diganti sama chen suaranya jelas berubah jadi suara chen bukan DO. dari sekian banyak artikel yang beredar, kualitas vokal artis SM memang sangat baik.

    2. SM bukannya gak ngijinin artisnya nulis atau bikin lagu, mereka bebas nulis lagu kok. tapi balik lagi, SM punya komposer lagu sampai 2000 komposer. jadi, walaupun artisnya mau nulis lagu, mereka tetap harus bersaing sama komposer-komposer lainnya juga. karena emang SM agensi besar banget, jadi harus objektif dalam milih lagu.

    BalasHapus