Senin, 09 November 2015

Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drama Korea



Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drama Korea
Korea Selatan selain dikenal sebagai negara dengan banyak boyband dan girlband yang mendunia, juga dikenal sebagai negara produsen drama-drama berkualitas yang gak cuma eksis di Korea tapi juga beberapa negara di belahan dunia, termasuk Indonesia. Kalian para pecinta drakor tentunya udah gak asing dengan berbagai kuliner khas Korea yang sering mampang di banyak drama. Gue sendiri agak curious kenapa makanan-makanan itu sering banget seliweran di drama Korea dan pengen nyobain juga. Nah guys setelah searching kesana kemari gue berhasil menghimpun infonya di bawah ini ;)

1. Kimchi
Buat para drama fever pastinya udah akrab dengan makanan bernama kimchi. Ditambah banyak resto Korea bermunculan sekarang siapa sih yang nggak tahu tentang kimchi, hidangan sayuran yang difermentasikan yang selalu ada di meja makan orang Korea? Kimchi ada berbagai jenis, diantaranya kimchi mentimun, kimchi lobak, yang paling terkenal, kimchi sawi putih. Bahan-bahan campuran kimchi adalah bawang putih, jahe, daun bawang, garam, cuka, cabai, dan lada. Kombinasi ini memberikan rasa khusus sebagai citarasa khas Korea.


Di serial drama Boys Before Flower, Goo Jun Pyo pernah mengunjungi rumah Geum Jan Di yang ternyata sedang membuat kimchi bersama-sama keluarganya. Dan Jun Pyo pun jadi ikutan bantuin bikin kimchi. Kalo gue liat mereka bikin Kimchi itu dalam jumlah yang banyak. Mungkin buat disimpen jangka panjang, karena tiap gue nonton drakor pas adegan makan-makan, kimchi itu nyaris selalu ada. Kalo buat orang Sunda mungkin mirip mirip lalapan gitu, dan kurang lengkap rasanya kalo makan tanpa kimchi. Gue pernah sekali nyoba makan kimchi, dan gak lagi lagi gue mau makan hehehe karena rasanya kurang cocok di mulut gue. Gimana menurut kalian? 

2. Bulgogi
Bulgogi adalah hidangan utama berupa daging sapi panggang. Terbuat dari potongan daging sapi yang telah direndam dengan campuran kecap, minyak wijen, jus pir, cabai, bawang putih, bawang, daun bawang, dan anggur selama 2-4 jam. Bulgogi biasanya disajikan dengan daun selada untuk membungkus potongan daging dan dicocol saus spesial dan nasi. Entah kenapa gue selalu ngiler kalo nemu adegan lagi makan bulgogi. Karena mungkin lebih mirip lalapan gitu konsepnya dan lebih bisa diterima di mulut gue yang Sundanese banget hihi. Rasanya manis dan juicy.


Di serial drama Paradise Ranch, Lee Da Ji menyuapi bulgogi ke mantan suami nya Han Dong Joo dan adiknya Lee Da Eun saat sarapan pagi. Gue kalo lagi kangen makan bulgogi tapi gaada budget buat nongkrongin kafe Korea sih cukup masak Indo*mie bulgogi aja hahaha. Bahagia itu sederhana ;)

3. Kimbap
Kimbap adalah makanan ringan yang juga dikenal dengan sushi Korea. Cemilan populer ini merupakan gulungan nasi yang berisi sayuran, telur, daging, dan mentimun yang dilapisi rumput laut kering yang iris-iris sedang. Perbedaan sushi dengan kimbap adalah sushi berisi ikan dan dicelup kecap asin dan wasabi sedangkan kimbap berisi daging dan dicelupkan ke minyak wijen.


Di serial drama The Greatest Love, Goo Ae Jung membuat kimbap untuk keponakannya Ding Dong pas pergi piknik tapi malah digangguin sama Dokko Jin. Gue suka makan kimbap karena simpel sekali hap dan unsur gizinya juga paket komplit mulai dari karbohidrat, protein, serat,dan zat besi dari dagingnya. Kalo di Indonesia mungkin mrip mirip lemper ya hahaha, hanya saja lemper lebih simpel bahan isiannya.

4. Bibimbap
Bibimbap didefinisikan sebagai nasi campur, yaitu nasi yang diatasnya ada daging cincang, sayuran, telur, dan sambal gochujang. Ada lagi jenis bibimbap yang disebut ‘Dolsot Bibimbap’ yang disajikan di mangkuk batu panas. Sayuran yang dimasukkan adalah mentimun, wortel, lobak putih, jamur, bayam, tauge, dan rumput laut. Keseluruhan bahan tersebut dicampur bersama-sama sebelum disantap.

Oiya, bibimbap juga pake sambal yang namanya gochujang atau pasta cabai. Nah, sambal ini nih yang bikin warnan bibimbap jadi merah dan rasanya sangat pedas. Bibimbap bisa di simpan di kulkas, soalnya makanan ini bisa dimakan saat panas ataupun dingin. Tapi biasanya bibimbap dihidangkan disebuah mangkuk batu yang udah dipanaskan yang biasa disebut Dolsot Bibimbap (mangkuk panas Bibimbap). Dan panas dari dolsot inilah yang bikin telur mentah yang dicampur jadi matang.
Dalam serial drama Full House Han Ji Eun membuat bibimbap dalam mangkuk besar pas Lee Young Jae  tidak makan malam dirumah. Entah kenapa gue liat penyajiannya di mangkok gede gitu rasanya agak agak gimana gitu hehe, tambah lagi pas diaduk-aduk gitu kayak gue kalo mau bikinin makanannya si dora *kucing gue* Gue suka sih makan bibimbap tapi makannya gak di campur aduk kayak Ji Eun yang bikin. Kalo di Indonesia sih makanan yang lauknya seabrek-abrek dan dicampur-campur gini mungkin mirip sama nasi padang, yang juga makanan populer di negara kita ;)

5. Naengmyeon
Naengmyeon atau mie dingin merupakan hidangan favorit  pas musim panas karena rasanya yang sangat menyegarkan. Naengmyeon sendiri adalah hidangan berupa mie yang terbuat dari gandum yang disajikan dengan potongan pir, lobak, mentimun, telur rebus, dan es batu lalu di siram kuah daging. Naengmyeon biasanya juga disajikan dengan mustard hangat dan cuka. Ada dua jenis naengmyeon, yaitu mul-naeng myeon yang disajikan dengan mie dan sup dingin sedangkan bibim-naengmyeon lebih mirip salad yang disajikan dengan sambal pedas.

Dalam serial Playful Kiss, Oh Ha Ni mempunyai ayah yang pandai membuat naengmyeon dan membuka kedai naengmyeon. Di serial Jang Geeum juga diceriakan kalo sang raja sangat menyukai makanan mie dingin buatan Jang Geum saat sedang berada dalam perjalanan.
Gue sih kurang cocok dengan rasa mi nangmyeon ini, karena mie ayam udah cukup buat gue hahaha. Emang kalo urusan makanan gue gak bakal bisa jauh jauh dari makanan Indonesia. Bahkan makanan sepopuler pizza pun gue mah gak bisa makan entah sok sok gak cocok apa emang kampungan 

6. Jjajangmyeon
Jjajangmyeon atau yang biasa juga disebut chajangmyeon merupakan salah satu hidangan mie khas Korea yang terbuat dari mie yang dicampur dengan saus kedelai hitam kental, sayuran, potongan daging sapi atau babi, dan terkadang seafood. Tak jauh berbeda dengan mie ayam yang ada di Indonesia. Mie yang digunakan untuk membuat jjajangmyeon adalah mie yang besar-besar dan terbuat dari tepung terigu. Sementara sausnya terbuat dari pasta kedelai hitam yang dimasak bersama irisan bawang bombay, daging giling atau potongan seafood, dan bahan-bahan lain. Biasanya, air kaldu juga ditambahkan untuk mengurangi rasa asin dari pasta kedelai, dan maizena atau pati kentang juga ditambahkan supaya kuah lebih kental. Umumnya, cara penyajiannya jjajangmyeon selalu disajikan dengan danmuji atau acar lobak dengan saus kedelai diletakkan panas-panas di atas mi, dan kadang-kadang ditambah potongan mentimun. Sebelum memakannya jajangmyeon perlu diaduk hingga rata. Warnanya yang kehitaman selalu bikin gue ngiler.

Di serial Producers Seung Chan sering dipesenin macem macem makanan sama seniornya kalo lagi sibuk di ruang editing. Dan salah satu yang paling sering dipesan adalah jjajangmyeon. Dan lagi-lagu gue ngebandingin ini sama mie ayam di Indonesia. Sama-sama enak kok ;)

7. Ramyeon
Ramyeon atau ramen adalah salah satu mie instan versi Korea. Penyajiannya sangat mirip dengan Kamu masak mie instan biasanya. Meskipun begitu mie instan di Korea Selatan pada umumnya memiliki rasa pedas yang khas, dengan kuah yang terlihat lebih kental dan mie yang terlihat lebih besar, dan kenyal.
Kebanyak masyarakat di Korea Selatan mengonsumsi mie instan buatan produk dalam negeri, merk yang paling terkenal di Korea Selatan adalah Shin Ramyeon yang juga populer di Cina dan Amerika Serikat dan juga populer di Indomaret hahaha. Gue sering ke Indomaret cuma buat beli Shin Ramyeon. Di drama BBF, Jun Pyo suka banget makan ramyeon yang dimasakin Jan Di, dan makannya itu harus pake panci masak dan tutup pancinya juga. Kalo gue makannya harus cantik dong gak pake panci kecuali kalo gak ada siap-siapa ;)

8. Japchae/ Chapcae
Chapchae adalah makanan khas korea yang terbuat dari mie tepung ubi yang ditumis dengan beraneka macam jenis sayuran biasanya wortel, bayam atau jamur yang diiris panjang tipis-tipis dan diberi kecap dan gula. Chapchae juga biasa diberikan garnish irisan cabe dan wijen sehingga membuat Chapchae lebih terlihat enak di pandang juga enak di makan.

Kalo di negara kita mungkin mirip bihun goreng ya. Sama sama dicampur sayuran tapi tenang, kalian bisa tetep percaya sama bihun goreng karena dia tidak dtaburi wijen melainkan bawang goreng *yang suka nonton spongebob pasti ngerti*

9. Tteok/ Tteokbokki
Tteok terbuat atau kue beras terbuat dari tepung beras ketan yang dimasak dengan cara dikukus,direbus dan digoreng. Selain tepung beras ketan atau biasa disebut Sweet rice. Beberapa jenis Tteok bisa juga dibuat dengan tepung beras biasa. Kue Beras merupakan makanan yang identik dengan perayaan, seperti pesta pernikahan dan ulang tahun. Salah satu yang terkenal adalah Tteokbokki atau kue beras pedas.
 Tteok (kue beras manis)
Tteokbokki (kue beras pedas)

Di serial High School Love On diceritakan Woo Hyun dan neneknya jualan tteokbokki yang selalu ramai pelanggan. Emang enak banget si tteokbokki ini. Kalo di Indonesia mungkin mirip mirip sama makanan yang lagi ngheitz abis sebandung raya yaitu seblak. Kenapa gue bilang mirip? Karena pengolahannya mirip, bertekstur lembek dan basah dan rasanya sama sama pedas. Yang bedain cuma bumbunya aja.

10.Miyokguk
Orang korea biasa menyantap Miyeokguk atau sup rumput laut saat berulang tahun. Sup rumput laut juga dijadikan hidangan pasca-melahirkan karena manfaat kesehatannya yang menakjubkan, dan juga dapat menenangkan perut.

Tradisi wanita yang habis melahirkan dan makan rumput laut sudah ada sejak Dinasti Goryeo ketika orang mengamati paus yang makan rumput laut setelah melahirkan. Alasan mengapa menyantap sup rumput laut saat berulang tahun adalah untuk mengingat kerja keras ibu dalam melahirkan dan membesarkan anak-anaknya.

Di Korea bagian selatan, orang membuat sup rumput bersama dengan makanan laut lut lainnya seperti tiram, kerang, landak laut, abalone, dan lainnya dan bukannya daging sapi. Namun untuk alternatif, dapat pula menggunakan daging ayam jika tidak mengkonsumsi daging merah.
Gue liat sup rumput laut ini kok keinget sama sayur bening bayam ya hehehe.Soal rasa gue belom bisa gambarin karena gue belom pernah coba. Buat kalian yang pernah coba gimana sih rasanya menurut kalian?

Penyajian kuliner khas Korea di banyak drama cukup cerdas ya menurut gue. Mereka tanggap dengan respon penonton drakor yang semakin digandrungin dan menjadikannya media promosi yang tepat buat mengenalkan budaya dan kuliner Korea, yang akhirnya menarik minat wisatawan buat pergi ke Korea. Daebak. Selain itu imej Korea juga terangkat dan orang-orang pasti penasaran ada apa sih dengan makanan Korea? Bisa kita liat banyak banget makanan dan resto Korea bermunculan di negara kita.

Demiakian lah bahasa aneka makanan khas Korea yang sering muncul di drama Korea dan terlihat mengunggah selera. Kalian ga perlu jauh jauh terbang ke Korea kalo pengen nyicipin karena sekarang sudah banyak resto/kafe bertema Korea di negara kita. Boleh sih suka sama budaya dan makanan dari negara tetangga tapi tetep harus cinta makanan Indonesia ya. Karena makanan khas negara kita juga gak kalah keren, dan ada satu makanan yang bikin gue bersyukur banget dilahirkan sebagai orang Indonesia, yaitu sate padang hehe. Thankiss for reading ya chingudeul. Have a nice day!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar