Jumat, 20 November 2015

Kebiasaan Orang Korea yang Sering Muncul di Drama Korea


Kebiasaan Orang Korea yang Sering Muncul di Drama Korea
 Tiap orang pastinya punya kebiasaan dalam hidupnya baik itu kebiasaan positif maupun negatif. Kebiasaan juga bisa dipengaruhi oleh keadaan lingkungan dan biasanya terjadi dalam sekumpulan masyarakat dengan keadaan lingkungan seperti kondisi demografis dan budaya yang sama. Kita orang Indonesia punya kebiasaan mulai dari yang positif seperti salam mencium tangan pada orang yang lebih tua, sampai yang negatif seperti buang sampah sembarangan. Nah warga Korea Selatan juga punya kebiasaan positif dan negatif yang sering ditampilkan di drama televisi maupun film. Nah chingu berikut kebiasaan orang Korea
yang sering muncul di drama atau film. 

 Kebiasaan mabuk
 Orang Korea hobi banget minum. Dikit-dikit minum. Mulai dari karena putus cinta sampe ditagih uang kos larinya ke minum. Mungkin maksudnya buat ngilangin stress kali ya. Tapi mereka minum soju atau bir bukan hanya untuk mabuk, tapi karena suhu di sana emang dingin banget ketika di musim dingin. Jangan percaya deh kalo mereka bilangnya musim panas karena panasnya disana menurut kita yang tinggal di Indonesia ukurannya masih dingin. Nah kebiasaan mabuk ini kadang justru malah bisa mengungkapkan isi hati yang tertahan, karena di banyak drama diceritakan para pemerannya bisa ngomong blak-blakan bahkan walaupun dia orang yang pendiam, ketika dia sedang mabuk.

Kebiasaan makan mi langsung dari panci
 Buat kita orang Indonesia mungkin ini agak aneh ya. Banyak drama atau film Korea yang waktu ada adegan makan pasti ada dimana mereka langsung makan dari panci, terutama ramyun/ mie. Nggak cuma di rumah-rumah aja, tapi restoran juga nyediain panci. Kayaknya itu emang salah satu tata cara makan disana deh. Seperti cara makan kita yang langsung pake tangan. Makannya gak pake jaim lagi selalu ada bunyi ‘slurps’ nya gitu. Bahkan tutup pancinya pun dipake buat nadahin mie nya biar kuahnya gak kemana-mana. Hhhm efisien juga ya, bisa ngirit cucian piring dan menjaga kebersihan juga hahaha.

Kebiasaan pegang telinga habis pegang panci panas
Nah kalo ini sih mungkin berkaitan sama kebiasaan yang tadi. Jadi kalo mereka gak sengaja pengang panci panas pasti langsung refleks tangannya pegangin kuping, katanya sih telinga itu merupakan organ tubuh yang paling stabil suhunya. Hhmm ad ada aja ya chingu. Kalo di negara kita mungkin semaam kalo ketemu lebah suka ngomong pait pait pait gitu. Padahal apa pengaruhnya coba hahaha. 

Kebiasaan ngomong aigoo~
Kata aigoo sering banget diucapin di drama Korea mulai dari para pelajar sampai para ahjumma. Aigoo adalah kata untuk mengekspresikan rasa kaget, marah atau kagum. Jadi definisi aigoo itu banyak tergantung konteks percakapannya. Kalo di negara kita aigoo itu mungkin semacam ‘ya ampun’ atau menghela nafas gitu karena gak tau mesti ngomong apa lagi.

Kebiasaan gosok gigi 
Di banyak drama pasti diceritakan para tokohnya rajin banget sikat gigi, mulai dari habis sarapan, sambil ngomong, sambl nyanyi, untung gak sambil makan hehehe. Di drama Pinocchio bahkan Choi In Ha selalu sikat gigi pas lagi badmood. Dan kalo lagi kesel sama Dal Po, sikat gigilah yang jadi sasaran, sikat giginya Dal Po digosok-gosokin ke toilet hahaha kebayang kan kalo sampe dipake lagi buat sikat gigi. 

Kebiasaan makan sampe mulutnya penuh
Orang Korea kalo makan pasti sampe penuh banget dimulutnya parahnya lagi sambil ngobrol sampe muncrat-muncrat dah isi mulutnya. Entah karna wujud bersyukur dan menikmati makanan atau emang laper atau doyan, pasti di tiap drama ada aja orang yang cara makannya begini. Kadang kalo lagi makan tiba-tiba dia pengen marah ya sambil makan juga marahnya, sambil marah sambil nyemprotin orangnya hahaha.

Kebiasaan mukul kepala
Mukul kepala adalah hal yang lumrah di korea. Banyak adegan para ibu atau ayah yang lagi marahin anaknya pasti sasarannya nimpukin kepala si anak.  Katanya sih kalo ortu disana dengen gebuk kepala anaknya biar pinter siapa tau kepalanya rada-rada geser dua senti gitu. Biar apa sih yang ada si anak stres kali digituin.

Kebiasaan sopan sama pembeli atau pelanggan
Para pedagang Korea kerap ditampilkan sebagai pedagang yang ramah di drama atau film. Mereka bakal ngucapin hal-hal baik bahkan ngedoain pembeli walaupun yang dibelinya gak seberapa. Mereka bakal doain panjang banget mulai dari bilang hati-hati dijalan, semoga harimu menyenangkan dan lai-lain. Coba semua mbak-mbak SPG dan para pedagang di Indonesia begitu kan enak ya. 

Kebiasaan langsung cabut batre HP kalo ditelpon sama orang yang ngeselin
 Para pemain drama sering banget diceritakan kalo ditelpon sama pacarnya waktu lagi marahan pasti langsung main copot batre, gak pake direject atau dimatiin dulu. Duuh sayang banget kan hpnya ntar cepet rusak, soalnya gue rapi banget kalo urusan hp atau gadget. 

Kebiasaan mecahin telor rebus pake kepala

Gak jelas banget maksudnya apa, adegan ini sering banget muncul pas para pemain lagi adegan makan telor rebus,apalagi di sauna. Di parody The Heirs nya Winner, Nam Eun Sang dan Yang Tan malah mesra-mesraan di sauna dengan saling jedotin kepala mereka pake telor. Duh yang ada sakit kali bukan malah tambah mesra.
Kebiasaan kalo lagi sedih pergi ke atap dan merenungi nasib
Nah ini cocok dicoba buat kalian yang suka galau, tapi jangan pake lonat ya hehe. mungkin karna pemandangan dari atas gedungnya bagus jadi bisa ngilangin stres/? Di Korea juga diceritakan banyak gedung-gedung pencakar langit gitu yang bisa jadi tempat untuk melepas galau.

Kebiasaan bikin Love Sign
Orang Korea punya kebiasaan membuat love sign dengan cara membentuk tangan mereka seperti bentuk hati ke arah kepala atau hanya mempertemukan dua tangan. Biasanya tanda ini digunakan buat ngungkapin rasa sayang atau rasa terimakasih sama orang lain, bisa ke orang tua, teman, dan pastinya ke pasangan chingu.

Kebiasaan menjamu tamu dengan alkohol
Orang Korea Selatan sering menyuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada teman atau tamunya. Minuman beralkohol merupakan hal yang biasa di Korea Selatan, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Adan sebagai tamu, sebaiknya tamu itu menerima dulu minuman itu baru kemudian diletakkan lagi dan kemudian minta minuman ringan, dan buat yang lebih muda minumnya gak boleh menghadap langsung sama yang lebih tua, tapi harus dengan posisi badan menyamping chingu.

Kebiasaan marah marah
Orang Korea Selatan bertemperamen tinggi dan kasar terutama dengan orang yang menjadi bawahannya, mereka sering bicara dengan nada tinggi, diselingi makian dan kadang tangan memegang bahkanmendorong kepala dimana hal tersebut dianggap hal biasa. Banyak banget drama yang menampilkan adegan seperti itu, khusunya di kalangan orang berduit kepada bawahan atau target bullying mereka. Mereka suka menegur atau membentak, kadang memaki bawahannya langsung saat itu juga bila melakukan kesalahan sekecil apapun kadang belum tau salahnya apa sudah main bentak dulu. Tapi orang Korea gak menyimpan dendam di hati, persoalan berhenti pas setelah mereka marah. Nah kadang buat menebus rasa bersalah setelah marah-marah, mereka suka ngajakin bawahannya itu buat minum-minum atau makan bareng. Jangan ditiru ya chingu.
Katanya, sebagian masyarakat Korea Selatan mempunyai pandangan bahwa bila kita minum bersama sampai mabuk maka tidak ada rahasia lagi diantara mereka dan mereka akan saling percaya dan bersahabat Untuk menghilangkan stress dan penat.

Budaya Operasi Plastik 
Di Korea Selatan, katanya 75% warganya telah melakukan operasi plastik. Mereka demen banget sama bentuk wajah yang kecil dan ramping, dagu lancip, hidung mancung dan mata besar. Bentuk wajah kotak katanya adalah bentuk wajah yang paling dibenci di Korea. Banyak orang tua yang menghadiahkan operasi plastik buat anaknya di ulang tahun yang ke 17, atau usia yang dianggap cukup buat ngejalanin oplas. Duh padahal menurutku bentuk wajah mereka malah jadi mirip-mirip karena oplas dan gak ada istimewanya satu sama lain.Padahal mereka udah punya kulit yang bagus dan badan yang kebanyakan sih kurus-kurus. Sayang banget ya chingu.

Kebiasaan bunuh diri
Warga Korea selatan dinobatkan sebagai warga paling stress di Dunia. 81% dari penduduk korea mengalami stress setiap harinya makanya banyak banget warga korea yang  bunuh diri karena kehidupan yang keras. Di drama sendiri, banyak pelaku bunuh diri dengan beragam pemicu mulai dari diputusin pacar, punya wajah yang jelek, nilai ulangan jeblok, di PHK, dan macem-macem deh alasannya. Jangan ditiru ya chingu.

Nah sekian info mengenai kebiasaan orang Korea yang sering muncul di drama Korea. Hal-hal yang baik ada baiknya kita tiru tapi hal-hal negatifnya jangan ditiru ya chingu. Jadilan penonton dan fans yang bijak ya :)
Thanks for reading and have a nice day!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar