Senin, 30 November 2015

10 Fakta Mengejutkan Tentang Operasi Plastik di Korea

10 Fakta Mengejutkan Tentang Operasi Plastik di Korea


Bicara mengenai Korea pastinya kita bakal langsung teringat para selebritis dan idol Korea yang rata-rata berparas rupawan dan nyaris tanpa cela. Bukan rahasia lagi kalau di Korea sana, operasi plastik bukan lagi hal yang tabu buat dilakukan. Bukan hanya para selebritis yang melakukan operasi plastik demi menunjang penampilan, tapi juga masyarakat umum. Alasannya beragam, mulai dari kurang percaya diri dengan penampilan aslinya, atau karena terdorong oleh tren. Tren nya juga gak kalah unik, mulai dari operasi lesung pipit sampai operasi pemotongan tulang rahang. Berikut 10 fakta yang mungkin belum kamu tahu mengenai operasi plastik di Korea.


Operasi Plastik Di Korea Sudah Menjadi Hal yang Lumrah
 
Dibandingkan negara-negara lainnya, Korea memiliki keinginan yang paling tinggi untuk mencapai penampilan yang ideal. Diperkirakan bahwa setidaknya 1 di antara 5 wanita di Seoul pernah melakukan operasi plastik, baik itu operasi kecil ataupun besar. Operasi plastik juga bukan lagi hal yang tabu buat dibicarakan. Dibandingkan membicarakan dimana tempat membeli tas branded yang terjangkau, gadis-gadis Korea lebih kepo dengan topik dimana tempat operasi plastik yang bagus.
Sebuah statistik mengatakan bahwa 76% wanita korea dengan rentang umur 20-30 tahun sudah pernah melakukan operasi plastik, fakta ini juga menunjukkan bahwa gadis-gadis berumur 12-16 tahun juga sudah pernah melakukan operasi plastik. Wah wah benar-benar udah kayak mau beli gorengan aja ya chingu.

Tidak Terbatas Hanya di Korea Selatan
Mungkin kita lebih mengenal bahwa Korea Selatan lah yang sudah umum dengan fenomena operasi plastik, tapi jangan salah chingu, tren operasi plastik tidak hanya terbatas di Korea Selatan. Di Korea Utara, operasi plastik juga telah semakin umum. Mereka mungkin tidak mempunyai operasi plastik yang kompleks seperti operasi Rahang (Cutting Jaw Surgery)  seperti di Korea Selatan, tapi operasi-operasi kecil lainnya semacam operasi kelopak mata atau operasi alis dan bibir. Tren alis di Korea juga memiliki ciri khas, mereka menyukai bentuk alis yang lurus, karena dianggap dapat memberikan efek kesan lebih muda pada wajah. Coba deh perhatiin para member girlband atau aktris Korea, rata-rata mereka memiliki alis yang lurus kan?

Model Wajah yang Paling Diminati Sebagai Referensi Operasi Plastik
 
Di banyak klinik operasi plastik, model dan artis, Kim Tae-Hee adalah salah satu wajah yang paling banyak dijadikan referensi atau diminta saat operasi plastik. Bahkan ada berbagai produk operasi yang menunjukkan Kim Tae-Hee sebagai contohnya. Ada juga aktris Song Hye Kyo yang paling sering dijadikan contoh para pasien operasi plastik. Fakta tersebut didapatkan setelah sebuah acara televisi ‘Other Questions’ melakukan survey terhadap para wanita di Korea, Jepang, dan China mengenai prosedur operasi plastik. Dari hasil survey tersebut diketahui bahwa wajah dari aktris Song Hye Kyo merupakan wajah yang paling banyak diinginkan kemudian ditiru oleh para wanita Korea. Dibelakang Song Hye Kyo ada nama aktris Lee Min Jung dan Han Ga In sebagai selebriti wanita yang wajahnya paling ingin ditiru melalui operasi plastik.

"The Basics" 

Dalam operasi plastik Korea ada sebuah istilah yang dikenal dengan "The Basics" atau "Operasi Dasar". Istilah operasi plastik ini mengacu ke operasi plastik untuk menciptakan kelopak mata ganda (double eyelid) dan operasi hidung agar lebih panjang serta pipih.
Alasan mengapa operasi ini dikenal dengan nama "The Basics" adalah karena ini adalah operasi paling banyak dilakukan saat operasi plastik. Uniknya, semua orang di Korea menginginkan penampilan yang sama: Kulit yang cerah, hidung mungil, mata besar dengan kelopak mata ganda, dan muka kecil dengan rahang dan dagu yang membentuk huruf 'V'. Kalau diperhatikan wajah-wajah orang Korea saat ini mirip-mirip ya chingu. Cantik-cantik sih tapi kalau malah jadi pasaran kan sayang juga.

Miss Korea 2012 dan 2013
Salah satu penyebab mengapa operasi plastik di Korea menjadi sangat terkenal adalah karena insiden Miss Korea tepatnya Miss Korea 2012 yang terbukti telah menjalani operasi plastik. Banyak kritik mengatkaan itu adalah sebuah tindakan curang, namun Miss Korea 2012 sendiri - Kim Yu-Mi - juga mengakui bahwa "Saya tidak pernah mengatakan saya dilahirkan cantik." Ia tetap memegang gelarnya sebagai Miss Korea 2012.
Fakta lain yang mengejutkan datang dari Miss Korea 2013, netizens mengkritik penampilan para finalis karena kemiripan wajah mereka satu sama lain.Tidak ditemukan perbedaan atau keunikan dari tiap wajah finalis saat itu. Rata-rata memiliki bentuk wajah yang mungil, mata besar, dan bibir yang kecil, yang membedakan hanya model rambutnya saja. Netizen menilai bahwa para finalis rata-rata sudah menjalani operasi plasyik pada wajahnya.

Operasi Plastik di Korea Lebih Murah
Dengan menjadi popularnya operasi plastik dan berbagai klinik dapat ditemukan dengan mudah maka tidak heran jika operasi plastik di Korea sangatlah murah. Kalau kita ingin melakukan operasi plastik di US, dibutuhkan setidaknya dana sebesar 10.000 US Dollar atau sekitar 110 Juta Rupiah. Di Korea kita dapat menebus wajah cantik hanya dengan 2.000-3.000 US Dollar atau sekitar 22 Juta-33 Juta Rupiah. Selain itu lokasinya juga lebih dekat ketimbang harus pergi ke US. Wah mulai berminat nih chingu?
Seorang dokter di Korea dapat secara resmi berganti bidang ke bidang operasi plastik. Inilah alasan mengapa dokter-dokter Korea disebut sangat ahli dan memiliki alasan ke teknologi-teknologi terbaru pada bidangnya.

Tidak Terbatas Hanya di Kalangan Wanita
Operasi plastik mungkin sangatlah identik dengan wanita, namun itu tidak berarti operasi plastik hanya dilakukan oleh para wanita. Di Korea, operasi plastik yang semakin umum dan populer, kini bahkan juga menarik minat para pria, dan dapat ditemukan klinik operasi plastik khusus untuk pria.
Jika para wanita menjadikan Kim Tae-Hee sebagai salah satu referensi mereka, para pria menjadikan Jang Dong Gun sebagai referensi utama mereka. Karena umumnya orang Korea memiliki mata yang sipit, para pria Korea biasanya melakukan operasi untuk membuat mata mereka lebih besar dan terkesan lebih hidup.

Fakta Gelap Di Balik Operasi Plastik Korea
Operasi plastik Korea memang telah menghasilkan banyak sekali wanita cantik, tapi itu semua harus melalui proses yang memiliki resiko tersendiri. Seperti semua operasi, operasi plastik juga memiliki resiko yang mungkin ditimbulkan, mulai dari kecacatan permanen bahkan kelumpuhan. Tidak semua operasi plastik di Korea selalu berhasil, terkadang kegagalan dapat terjadi.
Namun sudah sifat alami manusia khususnya wanita untuk selalu memiliki penampilan yang lebih baik atau lebih cantik dan seperti istilah yang sering kita dengar "No Pain, No Beauty" atau "Tidak Sakit, Tidak Cantik” bahkan “Beauty is Pain” yaitu “Kecantikan adalah Rasa Sakit”. Hal tersebut pastinya kembali lagi ke diri masing-masing ya chingu, karena cara setiap orang untuk mengukur kecantikan pastinya beda-beda ^.^

Operasi Plastik Sebagai Hadiah Kelulusan
Semua orang semakin cantik dan cantik dan beberapa keluarga tidak menginginkan anak mereka 'tersisa' dan menjadi si jelek. Inilah yang menjadi alasan mengapa tidaklah sedikit orang tua di Korea menyuruh anak mereka untuk melakukan operasi plastik. Bahkan operasi plastik juga sering dijadikan hadiah kelulusan seorang anak perempuan.
Mungkin di Korea sudah sangat jarang terdengar "anak Anda memiliki muka seperti Anda," jika ya maka si orang tua mungkin akan menjawab: "Ya, kecuali hidung, kelopak mata, rahang dan alisnya, itu mirip artis Kim Tae-Hee."

Lebih Terlihat Alami
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, operasi plastik ini semakin populer baik untuk para wanita kari maupun gadis-gadis SMA. Mereka berani menjalani operasi ini karena adanya jaminan bahwa semakin awal seseorang melakukan operasi plastik maka seiring pertumbuhan, penampilan atau hasil operasinya akan menjadi lebih terlihat alami.
Alasan lain mengapa mereka melakukan operasi plastik adalah karena kepercayaan umum di Korea bahwa wanita cantik akan memiliki kehidupan yang lebih baik. Mereka meyakini bahwa dengan tampil cantik akan membantu wanita itumendapatkan suami, mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dan orang-orang sekitar akan memperlakukan mereka denganlebih baik.

Dua Hingga Tiga Kali Lebih Murah
Dengan menjadi popularnya operasi plastik dan berbagai klinik dapat ditemukan dengan mudah maka tidak heran jika operasi plastik di Korea sangatlah murah. Kalau kita ingin melakukan operasi plastik di US, dibutuhkan setidaknya dana sebesar 10.000 US Dollar atau sekitar 110 Juta Rupiah. Di Korea kita dapat menebus wajah cantik hanya dengan 2.000-3.000 US Dollar atau sekitar 22 Juta-33 Juta Rupiah. Selain itu lokasinya juga lebih dekat ketimbang harus pergi ke US. Wah mulai berminat nih chingu?
Seorang dokter di Korea dapat secara resmi berganti bidang ke bidang operasi plastik. Inilah alasan mengapa dokter-dokter Korea disebut sangat ahli dan memiliki alasan ke teknologi-teknologi terbaru pada bidangnya.

Memang jika melihat semua fakta di atas kita dapat melihat Korea sangat dekat dengan operasi plastik, tapi bukan berarti semua wanita cantik atau pria tampan di Korea merupakan hasil operasi plastik. Banyak artis dan idol yang dikenal memiliki wajah yang cantik atau tampan alami, dan yang paling banyak dipercaya memiliki wajah natural adalah Bae Suzy dan Song Hye Kyo.
Sekian 10 Fakta Mengejutkan Tentang Operasi Plastik di Korea. Thanks for reading and have a nice day!


digubah sebagian dari http://www.tahupedia.com/content/show/317/10-Fakta-Mengenai-Operasi-Plastik-Korea

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar